Sunday, 25 October 2015

7 Pekerjaan Paruh Waktu Yang Cocok Untuk Mahasiswa

By Danang Novianto | At 15:09 | Label : | 0 Comments
Pekerjaan Paruh Waktu Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kerja paruh waktu atau mungkin lebih akrab kita dengar dengan istilah kerja part time, memang bukanlah sesuatu yang baru atau dengan kata lain sudah banyak orang khususnya para mahasiswa yang bekerja secara part time / paruh waktu.

Sedikit penjelasan tentang kerja paruh waktu, sesuai namanya pengertian kerja paruh waktu adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di waktu senggang atau dalam hal ini adalah pekerjaan yang memiliki jam kerja pendek (kurang dari 8 jam per hari).

Meski jumlah atau jenis pekerjaan paruh waktu sangat banyak, namun perlu diakui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan kemauan, kemampuan dan tentu nya penghasilan, tidak bisa dibilang mudah.

Contohnya seorang mahasiswa yang ahli di bidang teknik informatika, namun memiliki kemauan untuk bekerja secara part time sebagai photographer, ya tentu saja hasilnya kurang maksimal, karena tidak sesuai dengan kemampuan.

Untuk itulah, di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan 10 jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa menjadi ide bisnis untuk mahasiswa dalam memilih pekerjaan paruh waktu yang cocok dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Artikel ini sengaja saya khusus kan untuk teman-teman mahasiswa, karena seperti yang kita ketahui bahwa pekerjaan part time atau kerja paruh waktu notabene membutuhkan kemampuan dan waktu luang, kedua hal tersebut tentu nya telah dimiliki oleh para mahasiswa.

1. Menjadi Penulis Lepas


Pekerjaan paruh waktu sebagai penulis lepas umumnya bisa dikerjakan siapa saja asal memiliki kemampuan dalam hal mengetik, namun sangat direkomendasikan untuk para mahasiswa dari jurusan sastra, karena hasilnya tentu akan jauh lebih maksimal.

Pekerjaan seorang penulis lepas tidak hanya sebatas menyalin catatan dari kertas ke komputer, perkembangan internet membuatnya menjadi lebih beragam, misalnya kini orang bisa memesan jasa penulis lepas melalui internet, namun tentu saja mereka tidak meminta Anda untuk menyalin catatan, namun akan meminta Anda untuk membuat sebuah artikel.

Inilah yang membedakan jasa penulis lepas offline dan jasa penulis lepas online. Jika dilihat dari tingkat kesulitan, jelas membuat artikel jauh lebih sulit dibanding menyalin catatan, jadi jika ditanya mana penghasilan yang jauh lebih besar, tentu saja jawaban nya adalah penulis lepas online.

Namun perlu dicatat pula bahwa kerja paruh waktu online sebagai penulis lepas memiliki tanggung jawab yang besar, jadi pastikan untuk menerima pesanan hanya dari topik artikel yang benar-benar Anda kuasai.

2. Menawarkan Jasa Desain


Sudah bisa ditebak, bahwa pekerjaan ini sangat lah direkomendasikan untuk rekan-rekan mahasiswa yang berada di jurusan desain grafis. Namun sekali lagi saya jelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan pula pekerjaan ini untuk dikerjakan oleh masyarakat umum.

Konsep bisnis jasa desain ini sangat sederhana, Anda membuat desain lalu menjual nya atau alternatif kedua adalah Anda menawarkan jasa desain terlebih dahulu kepada target market Anda dan jika deal maka barulah dikerjakan.

Sederhana nya, Anda bisa buat desain dulu lalu menjual nya atau menawarkan jasa desain dulu baru membuatnya.

  • Promosi >> Deal >> Buat >> Dapat Uang
  • Buat >> Promosi >> Deal >> Dapat Uang

Pada poin 1, Anda bisa me mulainya dengan cara menawarkan jasa desain kepada para wirausaha yang memiliki namun tidak memiliki brand yang kuat atau bisa juga menawarkan nya melalui situs-situs di internet, media sosial salah satu nya.

Untuk poin 2, bisa dibilang sebagai alternatif jika kita sulit mendapatkan klien, jadi kita bisa membuat terlebih dahulu desain dan barulah kita promosikan kepada orang-orang yang tertarik, kabar baiknya ada situs marketplace yang akan menjembatani Anda dengan para calon pembeli.

Situs-situs online marketplace yang bisa membantu untuk menjual hasil desain Anda diantaranya adalah :


Keduanya memiliki konsep yang sama, inti nya kita upload karya desain disana, lalu pasang harga, jika ada yang membeli maka dana akan masuk ke wallet dan dari wallet tersebut nanti nya bisa kita transfer ke akun PayPal kita.

3. Membuat Aplikasi dan Game


Perkembangan smartphone yang begitu pesat membuat prospek dari bisnis membuat aplikasi dan game untuk perangkat berbasis Android menjadi sangat menjanjikan, karena saat ini tercatat ada lebih dari 1 miliar jiwa, artinya 1/7 penduduk dunia telah menggunakan android.

Jumlah pengguna android tersebut tentu nya akan terus bertambah. Jadi, pasar dari aplikasi dan game untuk android bisa dibilang memiliki prospek cemerlang dan ini menjadi peluang bisnis prospektif untuk mahasiswa jurusan Sistem Informasi.

Namun sayangnya untuk terjun ke dalam bisnis ini tidaklah semudah yang dibayangkan, karena jika ingin menjadi developer aplikasi game misalnya, maka setidaknya Anda harus paham pemrograman Android. Dan tentu nya Anda juga harus mahir dalam desain & marketing.

Jadi, bagi Anda yang serius menjalankan bisnis aplikasi dan game ini, setidaknya harus memiliki rekan kerja, minimal 3 orang. 1 dibagian pemrograman, 1 membuat desain dan 1 lagi dibagian marketing.

Tidak mudah memang dan tentunya membutuhkan modal yang besar, namun jika aplikasi yang dibuat oleh tim Anda bisa meledak dipasaran, maka semua itu akan terbayar.

4. Maintenance Web Perusahaan Besar


Perusahaan besar khususnya perusahaan yang bergerak di bidang IT, pastilah memiliki situs yang harus dijaga keprofesionalan nya, karena masyarakat modern menganggap situs merupakan cerminan dari perusahaan.

Artinya, jika situs tersebut down atau katakanlah memiliki tampilan yang 'maaf' terlalu standar, maka orang akan beranggapan bahwa perusahaan tersebut masih belum bisa dikatakan sebagai perusahaan IT yang berhasil, karena dilihat dari luar saja terlihat kurang meyakinkan.

Disini lah peran Anda para mahasiswa dari jurusan ilmu komputer / teknik informatika untuk membantu dalam meredesain dan memaintenance situs resmi mereka agar lebih profesional dan jauh dari kesan standar.

Yang menarik dari pekerjaan maintenance web ini adalah pekerjaannya bisa diremote atau kerja paruh waktu yang bisa dikerjakan di rumah, jadi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, tidak berlebihan rasanya bila jasa ini dikatakan sebagai salah satu pekerjaan paruh waktu terbaik bagi mahasiswa.

5. Menjadi Reporter Berita


Sekarang ini banyak media televisi yang membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin menjadi reporter berita, bahkan tak sedikit diantaranya yang berani memberikan hadiah hingga ratusan ribu untuk setiap laporan berita yang kita kirimkan.

Berbeda dengan 2 pekerjaan freelance online diatas yang bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja, untuk pekerjaan paruh waktu ini tidak bisa dikerjakan 'semaunya' karena dalam pekerjaan ini sangat membutuhkan kecepatan, jadi harus tanggap dalam berbagai kejadian.

Bagi mahasiswa jurusan jurnalistik tentu kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, ini bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan part time, mengingat nominal imbalan yang diberikan terbilang besar.

Dari hal tersebut Anda juga akan belajar berbagai hal tentang dunia jurnalistik, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman Anda di bidang jurnalistik yang tentunya akan membantu Anda dalam mendapatkan karir yang Anda inginkan.

6. Menjadi Penerjemah Bahasa


Kerja paruh waktu untuk mahasiswa rekomendasi saya selanjutnya adalah menjadi penerjemah. Pekerjaan ini tentu saja hanya cocok dilakukan untuk para mahasiswa dari jurusan sastra inggris, sastra jepang, sastra korea, sastra perancis, sastra mandarin atau sastra jerman.

Sebelum menawarkan jasa ini kepada orang lain, pastikan bahwa Anda sudah membuat sebuah portofolio, karena sangat penting untuk meyakinkan calon pelanggan dan sekaligus menunjukkan bahwa Anda adalah seorang penerjemah yang mahir dan patut dibayar mahal.

Atau alternatif lain jika Anda merasa kesulitan mendapatkan calon pelanggan, maka cobalah untuk melamar ke perusahaan asing, Anda bisa menawarkan jasa translator disana, bahkan jika beruntung bisa dijadikan sebagai karyawan tetap.

Menjadi translator dibutuhkan konsentrasi tinggi, jadi jangan sampai hanya karena mengejar uang, namun melupakan kualitas. Karena sejatinya dalam dunia translator, kualitas itu mahal harganya.

7. Menjadi CS di Web Swasta


Untuk yang kuliah di jurusan ilmu komunikasi, ada baiknya melatih kemampuan dengan menjadi Customer Service (CS) sebuah situs web, karena selain mendapatkan pengalaman, Anda juga akan mendapatkan uang.

Situs web yang membutuhkan CS umumnya adalah yang bergerak di bidang layanan dan jasa, misalnya yang paling populer adalah situs penyedia layanan Domain dan Hosting, dimana notabene mereka dituntut untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan 24 jam.

Namun tentu saja Anda tidak harus bekerja selama itu, karena pasti ada shiftnya, disinilah Anda bisa memilih mau kerja di jam berapa, tinggal sesuaikan dengan kapan waktu luang Anda.

Alasan kenapa kerja part time dari rumah dengan menjadi sebagai customer service web sangat saya rekomendasikan untuk Anda para mahasiswa adalah karena pekerjaan ini sangat fleksibel, artinya Anda tidak harus selalu memantau pesan masuk, bisa disambi dengan pekerjaan ringan lainnya, misal facebook.an / twitter.an, jadi sewaktu ada notifikasi pesan masuk bisa lebih mudah untuk menjangkau dan membalas pesan tersebut.

Untuk mahasiswa yang ingin kerja paruh waktu sabtu minggu cobalah lowongan kerja part time online karena waktu dan tempat kerja part time online tersebut bisa Anda sesuaikan.

Itulah ketujuh pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk mahasiswa karena pada dasarnya pekerjaan yang saya sebutkan diatas membutuhkan kemampuan yang secara naluri telah dikuasai oleh para mahasiswa di bidang / jurusannya masing-masing.

Sunday, 18 October 2015

Bingung Mau Usaha Apa ? Pelajari 8 Tips Memulai Usaha Baru

By Danang Novianto | At 23:39 | Label : | 0 Comments
Tips Memulai Usaha Baru

Memulai usaha bisa dibilang sebagai salah satu langkah yang paling tepat untuk mendatangkan lebih banyak uang ke kantong Anda. Seperti yang kita tahu bahwa penghasilan rata-rata seorang pengusaha bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta per bulan.

Itulah alasan utama mengapa sebaiknya Anda memulai usaha dan menjadi wirausaha dari sekaang. Namun yang jadi masalah adalah seringkali kita dibuat bingung dengan pertanyaan-pertanyaan klasik, seperti "mau usaha apa", "bagaimana cara mempromosikannya", apakah usaha tersebut bisa sukses" dan ribuan pertanyaan lain.

Pertanyaan seperti itu wajar saja jika terlintas dibenak Anda, khususnya bagi yang baru pertama memulai usaha.

Itu kabar buruknya dan kabar baiknya adalah Anda tidak perlu khawatir dengan permasalah diatas, karena di artikel ini akan saya kupas bagaimana tips untuk memulai usaha baru agar bisa sukses, sekaligus menjawab pertanyaa dari Anda yang mungkin masih bingung mau usaha apa.

1. Ide


Tidak bisa dipungkiri bahwa ide itu mahal harganya, karena tanpa adanya ide bisnis, maka nyaris tak mungkin bagi Anda untuk bisa memulai usaha baru. Jadi langkah awal adalah menemukan ide bisnis yang tepat.

Ide bisnis bisa kita temukan dari apa yang ada di sekitar kita, lihat saja disekeliling Anda, apa yang masyarakat butuhkan, cari permasalahannya, lalu berikan solusinya.

Cara lain menemukan ide bisnis adalah dengan cara melihat hobi Anda, misalnya bagi ibu rumah tangga yang hobi masak, dari hobi tersebut bisa digunakan sebagai bekal untuk memulai Usaha Kuliner.

Sebagai referensi tamabahan dalam menemukan ide bisnis apa yang tepat untuk Anda, saran saya silahkan baca 6 Ide Usaha Sampingan.

2. Relasi


Relasi atau networking memiliki peran penting dalam usaha yang nantinya akan Anda jalankan, baik dari segi modal (pendanaan) maupun dari strategi (pemasaran).

Relasi juga bisa disebut sebagai investor dan sekaligus sebagai partner atau rekan kerja yang siap untuk membantu Anda dengan menyumbangkan ide-idenya briliannya.

Jadi, semakin besar relasi yang Anda miliki maka semakin besar pula peluang usaha tersebut untuk mencapai kesuksesan, karena akan ada banyak pihak yang terlibat disana.

3. Survei


Melakukan survei untuk mencari target market juga tak kalah pentingnya dari mencari ide usaha, karena pada proses survei inilah nantinya kita akan mendapatkan berbagai macam data, mulai dari :

  • Tingkat Persaingan
  • Target Penjualan
  • Lokasi Penjualan

Intinya survei atau pengamatan akan membantu Anda dalam mendapatkan informasi penting dalam hal perencanaan usaha yang nantinya akan dijalankan.

4. Pegawai


Diawal memulai usaha mungkin Anda masih bisa menghandle semua pekerjaan secara mandiri atau hanya dengan melibatkan anggota keluarga, namun seiring ertambah besarnya usaha yang dijalankan, maka mau tak mau Anda harus menambah pegawai.

Memperkerjakan seseorang memang bukan persoalan mudah, ada berbagai hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih calon pegawai, misalnya bisa dilihat dari segi karakter, kredibilitas dan komitmen.

Intinya pekerja yang baik adalah mereka yang benar-benar memiliki jiwa loyal untuk bekerja kepada perusahaan atau dalam hal ini adalah loyal bekerja pada usaha yang Anda jalankan.

5. Pembukuan


Pembukuan mengenai catatan keungan sangatlah penting dilakukan, karena pengusaha haruslah pandai dalam mengatur keluar masuknya uang, tanpa adanya pembukuan, maka akan sulit bagi Anda untuk mengatur hal tersebut.

Yang terpenting dalam hal pembukuan adalah untuk memisahkan uang untuk keperluan pribadi dan uang yang digunakan untuk keperluan usaha.

Jadi, jangan sampai keduanya tercampur, karena pada beberapa kasus, hal tersebutlah yang menjadi penyebab seorang pengusaha gagal dalam mempertahankan usahanya.

6. Antisipasi


Dalam berbisnis, kegagalan adalah hal yang wajar dan bahkan sudah lumrah terjadi, untuk itulah banyak pengusaha sukses yang sudah mempersiapkan atau mengantisipasi jika sewaktu-waktu usahanya mengalami kegagalan.

Ada berbagai macam cara untuk mengantisipasi kegagalan, salah satunya adalah yang sudah saya sebutkan pada poin 5 yaitu dengan membuat pembukuan, dimana aturannya adalah membuat sistem yang tegas dan jelas.

Penentuan target pencapaian juga akan membantu usaha yang dijalankan bisa agar bisa selalu berada pada jalan yang dinginkan.

7. Pemasaran


Satu hal yang tak boleh dilewatkan dalam menjalankan usaha adalah memikirkan strategi pemasaran, dimana secara garis besar, pemasaran bisa dibedakan menjadi dua yaitu promosi online dan promosi offline.

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, sebut saja promosi online yang relatif membutuhkan biaya yang rendah sementara promosi offline sangat baik dalam hal pendekatan karena terkesan lebih personal.

Tentu saja akan jauh lebih maksimal jika Anda memanfaatkan keduanya, melalkukan prmosi secara online melalui media sosial Facebook, Blog, Online Shop maupun melalui promosi offline dengan media cetak maupun media televisi.

Bagi Anda yang membutuhkan panduan dalam melakukan pemasaran secara offline silahkan pelajari Strategi Pemasaran Yang Efektif dan Efisien.

8. Mulai


7 perencaan dalam memulai usaha diatas tidak akan bisa berjalan tanpa dimulai dengan sebuah aksi. Jadi jika semua persiapan dirasa sudah esuai, maka segeralah untuk melakukan aksi memulai usaha.

Berhenti bertanya pada diri Anda sendiri tentang 'kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha' karena faktanya adalah semakin Anda memikirkan kapan waktu yang tepat maka akan semakin pusing Anda dibuatnya, karena pada dasarnya 'tidak ada waktu yang buruk untuk memulai sebuah usaha'.

Artikel tambahan untuk membantu Anda yang masih bingung mau usaha apa, yangmana beberapa ide peluang usaha berikut ini akan sangat membantu Anda model atau jenis usaha terbaik :


Besar harapan saya tips memulai usaha yang saya sebutkan diatas bisa membantu Anda dalam menemukan apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai usaha baru, sehingga usaha yang akan Anda rencanakan bisa segera terlaksan dan mencapai kesuksesan.

Monday, 12 October 2015

Peluang Bisnis Paling Tepat Untuk Wanita Yang Bekerja

By Danang Novianto | At 15:14 | Label : | 0 Comments
peluang bisnis untuk wanita

Bagi wanita karir atau wanita yang bekerja ada kalanya mereka akan merasa bosan dengan rutinitas pekerjaan yang mereka lakukan, terlebih bagi yang sudah berkeluarga, maka mereka dituntut untuk pandai dalam membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan mengurus pekerjaan.

Dengan menjalankan bisnis sampingan di rumah, maka hal tersebut bisa di minimalisir, seperti yang kita tahu bahwa seorang pebisnis sukses rata-rata hanya bekerja 1 - 2 jam per hari, bahkan ada yang tidak bekerja sama sekali, karena mereka sudah berhasil membangun sebuah sistem yang dapat berjalan sendiri.

Untuk itulah bagi Anda wanita karir yang ingin tetap menjadi ibu rumah tangga namun juga tidak ingin kehilangan pendapatan, saran saya silahkan coba peluang bisnis di bawah ini yang sangat cocok dikerjakan oleh wanita karir.

1. Bisnis Aksesories Wanita


Bagi sebagian wanita, aksesories merupakan piranti wajib untuk dikenakan di setiap kesempatan, jadi peminat aksesories bisa dikatakan cukup tinggi khususnya di kalangan wanita.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis aksesories terbilang cukup murah, karena untuk pembelian dalam jumlah besar, tentu saja Anda akan mendapatkan potongan harga, sehingga harga yang didapat bisa 2x lebih murah dari harga eceran.

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda bisa memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk berpromosi.

2. Bisnis Kosmetik


Pengetahuan wanita akan kosmetik jelas melebihi pengetahuan yang dimiliki oleh pria, jadi atas dasar itulah bisnis kosmetik bisa dikategorikan dalam peluang bisnis untuk wanita yang paling tepat.

Disamping itu, Anda juga bisa membuktikan dan mencoba sendiri produk kosmetik yang akan Anda jual, sehingga calon pelanggan akan lebih percaya karena sudah ada bukti nyata nya.

Bisnis kosmetik untuk wanita bisa dimulai dengan cara mencari supplier, jika udah mendapat supplier yang terpercaya, langkah Anda selanjutnya adalah memikirkan bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk produk tersebut.

3. Bisnis Jasa Pendidikan


Wanita karir pastilah memiliki pendidikan yang tinggi, untuk itu Anda bisa mencoba berbisnis di bidang jasa pendidikan, misalnya dengan menjadi guru les private.

Anda bisa mulai menawarkan jasa tersebut ke masyarakat sekitar. Memberikan promo saat pertama pembukaan merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak anak didik.

Jika, bisnis tersebut sudah berkembang cukup besar, maka Anda bisa memulai untuk mendirikan lembaga bimbel (bimbingan belajar) dengan menyewa beberapa pengajar yang kompeten di bidang nya.

4. Bisnis Pakaian


Bisnis di bidang fashion juga patut Anda pertimbangkan, karena seperti yang kita ketahui bahwa fashion merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seorang wanita, jadi berapapun harga yang ditawarkan akan rela dibayar oleh mereka yang memiliki ketertarikan.

Namun sayangnya modal yang diperlukan untuk bisnis pakaian tidaklah kecil bahkan terbilang besar, dimana rata-rata untuk menjalankan bisnis fashion paling tidak membutuhkan modal di atas 100 juta, baik untuk membeli pakaian, sewa karyawan maupun sewa tempat.

Modal besar tentu akan berbanding lurus dengan penghasilan yang didapat, jika bisnis fashion tersebut cukup sukses, maka dalam waktu 1 6 bulan saja mungkin sudah bisa balik modal dan di bulan berikutnya tinggal memetik keuntungan.

5. Bisnis Kerajinan Tangan


Jika modal untuk memulai bisnis di bidang fashion terlalu besar, maka Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk memulai bisnis jasa kerajinan tangan, dimana modal yang diperlukan relatif kecil.

Diperlukan kemampuan atau keahlian untuk memulai bisnis kerajinan tangan, dimana setidaknya Anda harus mahir dalam membuat karya dari bahan-bahan mentah dan mengolah nya menjadi produk siap pakai.

Sebagai gambaran sekaligus ide usaha bagi Anda para wanita yang ingin memulai bisnis kerajinan tangan bisa mencoba membuat tas atau aksesories wanita, berikan kesan unik pada produk yang dibuat agar memiliki nilai lebih dibanding produk buatan pabrik.

6. Bisnis Wedding Organizer


Jasa perencanaan pesta perkawinan, termasuk salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan saat ini terlebih bagi Anda para wanita karir yang tentu nya memiliki jaringan yang cukup luas, jadi saya rasa tidak akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.

Seperti yang kita tahu bahwa acara pernikahan sering kali ingin diselenggarakan dengan sangat spesial, karena merupakan momen yang paling ditunggu bagi kedua pasangan, jadi disini lah peran Anda untuk membantu mereka mewujudkan keinginan tersebut.

Karena jam kerja nya yang bisa dibilang tidak terlalu padat, maka bisnis wedding organizer ini termasuk dalam bisnis wanita yang paling saya rekomendasikan, dan jika dilihat dari pendapatan sekalipun terbilang sangat besar jadi bisa dibilang sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Tips Memulai Bisnis Untuk Wanita Karir


Dalam menjalankan bisnis inti nya harus disesuaikan dengan minat, karena tidak mungkin saya menyarankan bisnis di bidang olahraga sementara Anda memiliki minat di bidang desain, jadi bagi para wanita karir yang ingin berbisnis, silahkan pilih jenis bisnis mana yang terbaik dan sesuai dengan minat Anda.

Dan hal yang paling penting untuk diperhatikan bagi para wanita karir yang hendak berbisnis adalah mengatur waktu bekerja, jadi gunakan waktu yang tepat untuk mengurus pekerjaan, misalnya di saat anak tidur (untuk wanita karir yang sudah berumah tangga).

Itulah beberapa contoh bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga atau wanita karir yang ingin memulai bisnis dnegan modal yang bisa dibilang kecil, karena mayoritas ide bisnis diatas bisa dimulai dengan modal dibawah 50 juta rupiah (pengecualian untuk bisnis fashion).

Monday, 5 October 2015

Inspirasi Bisnis Untuk Anak Muda Dari Pebisnis Sukses

By Danang Novianto | At 17:45 | Label : | 0 Comments
Inspirasi bisnis bisa didapat dari mana saja, tapi motivasi sesungguhnya hanya bisa didapat dari diri sendiri. Kalimat ringan dari Billy Boen tersebut seakan menampar orang-orang (khususnya anak muda) yang pesimis sebelum memulai bisnis lantaran tak kunjung mendapatkan ide bisnis.

Sekilas tidak ada yang salah dengan pernyataan tersebut, dimana inspirasi bisnis pada dasarnya memang bisa didapat dari mana saja, namun masalahnya adalah untuk mendapatkan inspirasi bisnis tersebut kita tidak bisa berdiam diri, melainkan harus melakukan sebuah aksi.

Browsing di internet atau mencari informasinya melalui Google merupakan aksi yang paling tepat dalam mencari inspirasi bisnis. Karena, Anda bisa mendapatkan ribuan artikel tentang inspirasi bisnis yang tentunya bersumber darimana saja, tidak harus dari para pebisnis sukses.

Tapi karena judul artikel ini adalah inspirasi bisnis dari pebisnis sukses, maka saya buat pengecualian tentang sumber inspirasi bisnis, yang mana hanya akan saya batasi berdasarkan sumber dari para pebisnis sukses.

Alasan mengapa hanya bersumber dari pebisnis sukses sebenarnya sederhana, karena pebisnis sukses pastilah memiliki skill yang mumpuni dalam berbisnis (dibidangnya) dan tentunya hal ini patut kita jadikan panutan dalam menjalankan bisnis, karena mereka sudah terbukti mampu untuk memulai dan mejalankan bisnis hingga mencapai kesuksesan.

1. Andrew Darwis


Pebisnis Sukses Andrew Darwis

Lahir di Jakarta pada 20 Juli 1979. Andrew Darwis adalah salah satu pendiri situs KasKus, kegigihannya dalam mengembangkan situs komunitas terbesar di Indonesia KasKus layak diacungi jempol dan patut dijadikan inspirasi bagi anak muda.

"Fix the problems, find the solutions!" kalimat Andrew Darwis tersebut secara tidak langsung mengajak para pebisnis untuk memiliki mental persistence dalam dirinya, mental yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah.

Ide mendirikan situs KasKus berawal dari tugas seorang dosen yang memintanya untuk membuat sebuah program dalam dari free software. Modal yang dikeluarkan Andrew saat mendirikan KasKus adalah US$ 3 yang dipakainya untuk membeli server.

Dibantu dengan kedua rekannya Ronald Stephanus dan juga Budi Dharmawan, Andrew memperkenalkan KasKus dari rumah ke rumah atau istilahnya door to door. Perjuangan tersebut tidaklah sia-sia, karena kini KasKus telah memiliki lebih dari 5 juta member.

Berkat KasKus pulalah nama Indonesia di bidang teknologi degital mulai dikenal dunia, bahkan Yahoo dan Google sempat memberikan penawaran untuk membeli KasKus dengan nilai yang terbilang fantastis yaitu US$ 50 juta, namun permintaan tersebut ditolak. “Bukannya enggan menerima tawaran tersebut, hanya saja bila melakukan kerjasama kami menginginkan ada kesamaan visi dan misi yang nantinya akan membawa KasKus ke arah yang lebih baik lagi” ujar Andrew.

2. Jeff Bezos


Pebisnis Sukses Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri situs perdagangan retail terbesar di dunia, ya benar situs yang saya maksud adalah Amazon. Perjalanan karirnya dimulai ketika ia lulus dari universitas Princeton 1986 dan mulai bekerja di Wall Street, perusahaan yang bergerak di bidang jurnalisme.

Ketiadaan katalog lengkap tentang buka dilihat oleh Jeff sebagai sebuah peluang bisnis, dari situlah Jeff mendapat inspirasi untuk mendirikan situs Amazon, situs yang awalnya hanya berisi informasi tentang berbagai produk buku, namun kini sudah berkembang pesat di berbagai bidang.

Awal mula ia menjalankan bisnis online dimulainya ketika mendirikan situs Amazon pada tahun 1994, karena terkendala tempat, Jeff akhirnya berinisiatif untuk menjadikan garasi miliknya sebagai tempat kerja.

Untuk memulai bisnis online tanpa modal, silahkan pelajari Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing di Amazon & Clickbank.

3. Mark Zuckerberg


Pebisnis Sukses Mark Zuckerberg

Ada banyak pengguna Facebook di Indonesia, tetapi hanya sedikit yang tau kisah dari pendirinya Mark Zuckerberg. Zuck, pria kelahiran 1984 di kota New York, Amerika Serikat ini awalnya hanya berniat untuk membuat situs perteman untuk mengubungkan teman-teman kampusnya yang ada di Harvard University.

Perkembangan Facebook yang dinilai oleh Zuck berkembang begitu cepat, membuatnya fokus untuk terus mengembangkannya, hal ini pulalah yang membuat ia keteteran untuk membagi waktu antara belajar dan mengembangkan proyek Facebook.

Pada puncaknya, Zuck memutuskan untuk keluar dari kampus dan lebih memilih untuk mengembangkan proyek Facebook beserta kedua rekannya. Pilihannya ternyata tepat, perkembangan Facebook semkain cepat, dimana saat itu penggunanya telah mencakup pengguna di seluruh dunia.

Kesuksesan Mark dalam mengembangkan Facebook, membuatnya mendapat gelar The Youngest ‘Self-made’ Billionaire on the Planet. Dengan total kekayaan saat ini mencapai 38.6 juta dollar amerika atau setara dengan 564 triliun rupiah.

4. Marissa Ann Mayer


Pebisnis Sukses Marissa Ann Mayer

Marissa Ann Mayer atau lebih dikenal dengan Marissa Mayer adalah CEO dari salah satu situs email terbesar di dunia, Yahoo!. Posisi tersebut didukinya pada tahun 2012, artinya Marissa telah 3 Tahun dipercaya untuk menjabat sebagai CEO Yahoo!.

Awal karir Marissa dimulai sejak lulus dari universitas Stanford, dimana ia mendapat 14 tawaran pekerjaan dan pada akhirnya memilih untuk bekerja di Google pada tahun 1999 dengan jabatan insinyur dan sekaligus menjadikannya sebagai insinyur wanita pertama.

Karirnya di Google bisa dibilang sangat sukses, karena pada tahun 2015 mayer mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Vice President of Google Product Search.

Dan awal karirnya di Yahoo! dimulai ketika tahun 2012, saat itu Marissa ditetapkan sebagai Presiden dan CEO Yahoo!. Langkah awal Marissa di Yahoo! adalah mengakuisisi Tumblr pada bulan Mei 2013 dengan nilai akuisisi sebesar $1,1 billion.

Pada bulan September 2013 atau sejak 14 bulan kepemimpian Marissa, tercatat harga saham Yahoo! naik hingga 2x lipat.

Keempat sosok pebisnis sukses diatas hendaknya bisa dijadikan sebuah inspirasi bagi anak muda untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis, karena Indonesia butuh lebih banyak pebisnis / pengusaha. Jika Anda terkendala modal, maka saran saya silahkan pelajari bisnis sampingan dengan modal kecil.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger