Tuesday, 25 August 2015

Ide Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

By Danang Novianto | At 20:18 | Label : | 0 Comments
Ide Usaha Sampingan dari Rumah

Ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan, salah satu caranya adalah dengan memulai usaha sampingan. Menjalankan usaha sampingan tidak harus membutuhkan modal besar, dengan kata lain modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun tetap bisa, asal ada niat dan kemauan untuk memulainya.

Meski perlu diakui pula, bahwa tidak semua jenis usaha sampingan bisa dikerjakan tanpa modal, namun hanya beberapa saja seperti contohnya adalah usaha sampingan online dengan menjual jasa atau sejenisnya.

Niat atau tekad sebenarnya juga belum cukup untuk bisa memulai bisnis sampingan, karena tetap saja masih dibutuhkan sebuah ide usaha. Memulai usaha sampingan tanpa sebuah ide matang ibarat pasukan yang menyerang tanpa sebuah taktik.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk terjun memulai usaha sampingan ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu macam-macam atau jenis usaha sampingan yang ada beserta kelebihan dan kekurangannya agar tidak ada penyesalan nantinya.

1. Membuat dan Menjual eBook


Inilah salah satu jenis usaha sampingan yang paling menguntungkan, alasan kenapa saya mengatakan demikian tak lain dan tak bukan adalah karena model usaha seperti ini dapat berjalan dengan sistem, sebuah usaha yang tidak mengandalkan orang untuk membuatnya tetap berjalan.

Namun tentu saja tidak semudah kelihatannya, karena jika Anda mengharapkan eBook Anda jual bisa menjadi viral dan laris di pasaran, maka dibutuhkan sesuatu yang unik dan menarik dari eBook tersebut.

Efek viral disini lebih kepada omongan dari mulut ke mulut, misalnya jika isi eBook benar-benar bagus, maka sudah pasti akan ada banyak blogger atau penulis yang akan mereview eBook tersebut secara cuma-cuma.

2. Membuat Online Shop


Tingginya jumlah pengguna internet di indonesia, harusnya bisa menjadi peluang usaha. Ya, membuat online shop adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari pengguna internet.

Konsepnya adalah kita membuat online shop, lalu mempekerjakan 2 orang, 1 orang sebagai pengisi konten dan 1 orang sebagai customer service. Tidak perlu khawatir jika Anda belum mahir untuk buat toko online sendiri, karena di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Cara Membuat Toko Online.

Maksud dari konten disini adalah produk atau barang yang kita jual di online shop tersebut. Untuk mendapatkan produk caranya mudah saja, Anda bisa bekerja sama dengan suplier (pensuplai barang).

3. Membuka Usaha Kuliner


Membuka usaha kuliner yang tidak membutuhkan restoran atau tempat makan, sebuah usaha kuliner dengan skala kecil, jadi masih termasuk dalam usaha rumahan atau sederhananya masih bisa dibuat dan dijual di rumah.

Peluang usaha kuliner yang saya rekomendasikan adalah makanan untuk sarapan, karena jika dilihat dari segi permintaan cukup banyak, mengingat banyaknya ibu rumah tangga yang juga merangkap sebagai wanita karir.

Jadi untuk Anda yang memiliki hobi masak dan ingin memulai usaha sampingan bisa mempertimbangkan jenis usaha sampingan ini karena pada dasarnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan bisa dengan cepat balik modal.

4. Menawarkan Jasa di Internet


Tidak dibutuhkan bakat untuk menjadi seorang yang profesional, karena pada dasarnya semua kemampuan bisa dipelajari asal ada kemauan untuk mempelajarinya.

Jika Anda sudah memiliki skill atau kemampuan, maka cobalah untuk membuka usaha sampingan online dengan menjual skill yang sudah Anda kuasai tersebut melalui media sosial atau menjualnya melalui website / blog.

Ada beragam jenis jasa yang bisa kita jual di internet, bahkan hampir semua jenis jasa bisa dijual di internet dan yang paling populer dan memiliki banyak peminat adalah jasa penerjemah atau translator.

Seorang penerjemah biasanya akan mematok harga per kata, jadi semakin banyak kata yang diterjemahkan, maka akan semakin besar pula bayaran yang akan didapat oleh si penerjemah.

5. Menjalankan Bisnis Dropship


Saya yakin sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah dropship bukan ? ya, dropship atau dropshipping merupakan satu dari sekian banyak model bisnis online yang bisa dikerjakan tanpa modal.

Memulai bisnis dropship memang bukan perkara yang mudah dimana kita dituntut untuk jeli dalam memilih suplier dan tentunya juga harus mahir dalam mempromosikan produk, karena sangat mungkin kita bisa dianggap penipu jika barang yang dikirim suplier tidak sesuai dengan foto.

Tidak perlu khawatir dengan semua itu, karena apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis dropship sudah saya jelaskan secara mendetail pada artikel sebelumnya dengan judul Tips Memulai Bisnis Dropship.

6. Jual Beli Barang Bekas


Jual Beli barang bekas (BB) merupakan salah satu jenis bisnis yang bisa cepat balik modal. Karena jika dilihat dari modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar (tergantung dari jenis barang).

Secara sederhana, konsep dari bisnis jual beli barang bekas adalah dengan membeli barang bekas dengan harga semurah-murahnya lalu menjualnya dengan harga yang mahal atau memiliki selisih yang lebih tinggi dibanding saat kita membeli.

Membuka usaha semacam ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, kelebihannya adalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas, cepat balik modal dan untung terbilang besar, sementara kekurangannya adalah sulitnya untuk memasarkan barang bekas.

Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada banyak situs di internet yang menyediakan fasilitas untuk para pedagang online. Seperti contohnya adalah Tokopedia dan OLX.co.id. Selengkapnya silahkan Anda baca : Daftar Situs Jual Beli di Indonesia.

Saya harap kelima ide usaha sampingan yang saya bagikan diatas bisa menjadi pencerahan bagi rekan-rekan karyawan, mahasiswa atau ibu rumah tangga sekalipun yang ingin memulai usaha sampingan dari rumah.

Sunday, 16 August 2015

Tips Memulai Bisnis Dropship Agar Menjadi Dropshipper Sukses

By Danang Novianto | At 17:53 | Label : | 0 Comments
Model Bisnis Dropship

Drop Shipping atau sering kita dengar Dropship adalah model bisnis online yang hanya bermodalkan toko online untuk berjualan. Seorang dropshipper (sebutan untuk pelaku bisnis dropship) tidak memiliki stok barang, jadi mereka hanya bekerja dengan cara menjual barang / produk milik orang lain atau biasa disebut dengan istilah Supplier.

Itulah pengertian singkat tentang bisnis dropship atau ada juga yang menyebutnya bisnis affiliate marketing. Sampai sini saya harap Anda sudah paham apa itu dropship yang merupakan salah satu model bisnis online yang bisa dikerjakan nyaris tanpa modal karena seorang drosphipper tidak perlu menyetok barang di gudang sendiri.

Meskipun dropship terbilang sebagai bisnis yang bisa dikerjakan siapa saja karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang sangat kecil, namun demikian, bisnis dropship bukanlah sebuah bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah, dalam artian banyak tantangan yang mungkin akan Anda hadapi, seperti molornya jadwal pengiriman sampai komplain karena produk tidak sesuai dengan foto.

Tidak perlu khawatir, karena itu semua bisa diatasi dengan beberapa tips memulai bisnis dropship yang akan saya bagikan di artikel ini, harapan saya tentu saja agar Anda khususnya para dropshipper pemula bisa menjadi dropshipper yang sukses.

1. Lakukan Produk Penetrasi


Dalam memulai bisnis online dropship seringkali kita terlena untuk menjual berbagai barang sekaligus padahal hal tersebut hanya akan membuat kita tidak fokus. Maka saran saya cobalah untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu, tingkatkan branding pada produk tersebut agar orang semakin yakin dengan Anda.

2. Pikirkan Tentang Branding


Untuk lebih menyakinkan pembeli, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti misalnya membuat toko online. Ya, sebuah toko online akan meingkatkan kepercayaan pembeli karena mereka akan mengaggap bahwa Anda adalah penjual profesional yang sudah memiliki nama besar (brand) jadi seolah mengesankan bahwa Anda tak main-main dalam berjualan.

3. Gunakan Strategi Cross Selling


Sudah pernah mendengar strategi ini sebelumnya ? singkatnya, cross selling adalah teknik untuk menjual dua barang dalam satu waktu. Saya contohkan ada seorang dropshipper yang menjual baju dan jika dia jeli maka dia bisa menerapkan strategi cross selling dengan cara menawarkan jaket, sweater atau barang lain yang masih terkait dengan produk utama.

4. Berikan Pelayanan Konsumen Yang Cepat


Pelayanan konsumen yang cepat merupakan kunci sukes untuk memenangkan persaingan pada usaha. Bukan hanya cepat namun juga harus prima, intinya harus mampu memberikan pelayanan yang benar-benar bisa memuaskan pelanggan. Jika Anda sudah tidak mampu menghandle masukan atau keluhan dari pelanggan, maka menyewa Customer Service adalah jalan keluarnya.

5. Minimalkan Resiko Rugi Waktu Dengan Toko Online


Menuliskan deskripsi yang lengkap pada produk yang Anda jual pada toko online akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulan dan ini artinya Anda akan menghemat banyak waktu yang mungkin akan terbuang yang sebelumnya Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang berulang. Toko online juga mampu meningkatkab kredibilitas Anda sebagai seorang dropshipper.

Tertarik belajar membuat toko online untuk keperluan dropship, pelajari selengkapnya di artikel ini Cara Membuat Toko Online.

6. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller


Banyak yang masih berpikir bahwa reseller = dropshipper. Keduanya memang serupa namun tak sama, seorang reseller memiiki peran lebih besar daripada dropshipper. Reseller memiliki stok barang di gudang namun tidak dengan dropshipper. Reseller memiliki kendali quality control secara penuh dimana hal tesebut nyaris tidak bisa dilakukan oleh dropshipper.

7. Sampaikan ke Supplier Tentang Hak Anda Sebagai Dropshipper


Dalam bisnis dropship, kita sebagai dropshipper memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh si Supplier, misalnya hak untuk mencantumkan nama brand kita pada nama pengirim dan ada juga hak untuk meminta personal garansi. Seorang supplier profesional, saya yakin akan paham dengan hak yang harus mereka berikan kepada seorang dropshipper.

8. Temukan Supplier Yang Tepat


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengiriman produk cacat atau produk yang tidak sesuai dengan pesanan, maka sebaiknya Anda benar-benar memilih supplier yang terpercaya, supplier yang sudah memiliki nama dan memiliki reputasi baik, karena disini nama Anda menjadi taruhan saat barang yang dipesan tidak bisa dipenuhi dengan baik.

Untuk membantu Anda dalam memilih supplier yang tepat, maka saya berikan daftar toko online yang menerima reseller / dropshipper pada tabel dibawah ini.

Nama OwnerNama SitusProduk
Widya Asrulwww.kerudungnaiila.com Kerudung, pasmina, kerudung instan, dll
Nur Djamilahwww.jualbajubatikpekalongan.com Hem batik, blus batik, daster batik, dll
Muliyani Olvahwww.grosirfashionkoreamurah.com Baju jepang, baju korea, baju china, dll
Meriza Krisnawww.pusatbikinkaosjaket.com Kaos kwalitas distro, jaket, dll
Paulinewww.fascinobutik.com Tas, organizer, accories, dll
Sunardiwww.tasmodis.com Tas gunung, tas wanita, dll
Agus Budiwww.sepatucibaduyut.web.idSepatu pria, sepatu wanita, tas, dll

9. Test Supplier Dengan Menjadi User


User disini maksudnya adalah pembeli. Jadi jika Anda ingin mendapatkan supplier yang tepat, maka lakukan test kecil-kecil terlebih dahulu dengan menjadi pembeli, hal ini untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih benar-benar layak untuk dijadikan partner. Test seperti ini juga bisa membantu Anda untuk mencari tahu kualitas produk yang dijual oleh Supplier.

10. Hindari Mental Mudah Pasrah


Kebanyakan (tidak semua) dropshipper memiliki mental yang mudah sekali pasrah, mental yang intinya jika barang terjual maka dia bersyukur dan jika barang tidak terjual ya sudah pasrah. Padahal mental seperti itu akan membuat mereka susah berkembang, karena sebagai seorang pebisnis atau dalam hal ini adalah dropshipper harus memiliki sebuah target pencapaian.

Itulah tips singkat yang bisa saya simpulkan selama menjadi dropshipper agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses berbisnis, mungkin ada rekan-rekan sekalian yang ingin menambahkan tips memulai bisnis dropship ? sangat ditunggu masukkannya.

Monday, 10 August 2015

7 Situs Online E-Commerce Indonesia Dengan Konsep Marketplace

By Danang Novianto | At 02:15 | Label : | 0 Comments
Dulu sewaktu saya masih aktif menjalankan bisnis affiliate marketing, situs online e-commerce merupakan tempat yang nyaris tiap hari saya kunjungi, untuk memasang iklan baru atau hanya sekedar mengecek pesan masuk dari customer.

Dari situ lah, sedikit banyak saya mulai mengenal beragam situs online e-commerce yang ada di Indonesia, dengan konsep marketplace-nya masing-masing.

Tiap situs marketplace online memiliki style / gayanya sendiri, meskipun pada dasarnya tujuan mereka sama yaitu untuk menyediakan tempat transaksi jual beli yang nyaman bagi penjual maupun pembeli.

Melalui artikel ini, saya ingin berbagi kepada Anda, tentang apa yang saya ketahui mengenai berbagai macam situs online e-commerce yang ada di Indonesia.

1. Tokopedia


Tokopedia

Dari sekian banyak situs marketplace yang pernah saya coba, tidak salah rasanya jika saya menempatkan Tokopedia pada urutan pertama sebagai situs marketplace terbaik di Indonesia (versi saya).

Ada 2 alasan yang mendasari pernyataan saya diatas, alasan pertama adalah karena mudahnya proses pemasangan iklan, seperti yang kita semua ketahui, pada situs marketplace Tokopedia, kita mempunyai kendali penuh atas toko atau lapak yang kita dirikan. Jadi sewaktu memasang iklan, maka iklan tersebut akan langsung muncul saat itu juga.

Alasan kedua adalah jumlah pengunjung yang sangat banyak. Tercatat pada bulan Juli 2015 ada lebih dari 10 juta orang yang mengunjungi situs e-commerce terbesar di indonesia ini.

Traffic Tokopedia

Tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung Tokopedia akan terus naik, mengingat semakin banyaknya masyarakat yang mulai memilih untuk 'belanja modern' melalui situs online e-commerce dengan segala kemudahan dan keamanannya dibandingkan dengan 'belanja tradisional' yang terbilang ribet.

Jika Anda tertarik untuk mencoba berjualan di Tokopedia, silahkan baca panduannya Cara Jualan Dengan Online Shop Gratis Tokopedia.

2. Elevenia


Elevenia

Elevenia adalah situs e-commerce yang dikembangkan oleh dua perusahaan telekomnuikasi PT XL Axiata dan SK Planet ltd. Jadi jangan heran jika Anda sering melihat iklan Elevenia di TV, karena memang dari segi dana sangat kuat sekali lantaran didanai oleh perusahan besar.

Situs e-commerce Elevenia tidak jauh berbeda dengan Tokopedia, dimana seller atau penjual akan diberikan semacam store atau toko untuk membuka lapak yang bisa ia gunakan untuk menjual barang dagangannya.

Seller Elevenia

Yang unik dari Elevenia adalah pembagian jenis seller. Secara garis besar ada tiga jenis seller yang ada di Elevenia :

  • Individual Seller : Penjual yang tidak terdaftar sebagai perusahaan
  • Business Seller : Penjual pemegang ijin usaha
  • Global Seller : Penjual dari luar Indonesia

Saya tidak tahu pasti apakah ada perbedaan layanan yang diberikan antar ketiga jenis seller, namun yang pasti, ketiga apapun jenis seller yang Anda pilih, biaya pendaftarannya adalah sama, yaitu sama-sama gratis.

3. OLX Indonesia


OLX Indonesia

OLX adalah salah satu situs e-commerce dengan konsep marketplace terbesar bukan hanya di Indonesia namun juga se-Asia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya cabang yang didirikan oleh OLX di berbagai negara.

Setidaknya OLX sudah membuka cabang di lebih dari 106 negara dan situs e-commerce OLX Indonesia merupakan yang paling sukses karena merupakan hasil gabungan dari dua situs e-commerce raksasa yang namanya sudah tidka asing lagi, yaitu Tokobagus dan Berniaga.

Situs jual beli online OLX.co.id memiliki setidaknya 10 Kategori dan ada puluhan sub-kategori pada tiap kategorinya, dengan kata lain, ada berbagai macam jenis barang atau produk yang bisa Anda dapatkan di OLX, mulai dari Properti (tanah, apartemen, rumah) sampai Keperluan Pribadi seperti perhiasaan, aksesoris, dll.

Pasang iklan online di OLX tidaklah semudah memasang iklan di situs marketplace kebanyakan, karena disini tidak mengenal istilah Online Store pribadi, jadi semua barang akan terkumpul dalam masing-masing Kategori.

Inilah yang menjadi alasan mengapa iklan yang tampil di OLX terlihat benar-benar seperti iklan (tidak iklan asal-asalan), karena memang jika kita ingin memasang iklan di OLX akan ada tahapan review terlebih dahulu sebelum iklan yang Anda pasang terpublikasikan.

4. BukaLapak


BukaLapak

Konsep situs e-commerce BukaLapak tidak jauh berbeda dengan Tokopedia. Bedanya, di BukaLapak ada semacam dompet virtual yang diberi nama Bukadompet yang merupakan salah satu dari 5 metode pembayaran yang diberikan oleh situs marketplace Buka Lapak.

Sistem pada situs BukaLapak, bisa dibilang sangat menguntungkan dua belah pihak, baik dari pihak Pembeli maupun Pelapak, karena posisi Buka Lapak disini semacam rekber atau pihak ketiga yang memastikan bahwa transaksi antara pelapak dan pembeli berjalan dengan lancar.

Dan yang saya suka dari BukaLapak adalah adanya fitur Reputasi. Sesuai namanya, fitur ini akan menghitung berapa banyak feedback positif / negatif yang diberikan oleh pelanggan Anda. Semakin banyak feedback positif maka reputasi kita akan semakin baik dengan begitu buyer atau calon pelanggan akan semakin yakin untuk membeli barang / produk yang kita jual.

5. Qoo10 Indonesia


Qoo10 Indonesia

Namanya mungkin tidak setenar, keempat situs online e-commerce yang sudah saya sebutkan diatas, namun jangan salah, meski demikian, Qoo10 termasuk salah satu online marketplace dengan pertumbuhan paling cepat dunia.

Situs Qoo10 Indonesia sebenarnya lebih dari situs untuk jual beli online, karena di situs ini kita juga akan diajakarkan bagaimana cara menjadi penjual sukses melalui berbagai halaman yang sudah disediakan oleh pihak Qoo10 seperti misalnya :

  • Success Stories : Berisi kisah para penjual sukses berkat situs Qoo10
  • Tips Menjual : Panduan untuk para penjual pemula agar bisa sukses

Sekedar informasi saja, bahwa Qoo10 Indonesia bermitra dengan Yahoo! Indonesia jadi hampir bisa dipastikan bahwa kualitas dari situs marketplace Qoo10 tidak main-main.

6. Blanja


Blanja

Blanja adalah situs online marketplace hasil join venture antara Telkom Indonesia dan eBay yang saat ini memiliki lebih dari 1 juta produk yang dijual oleh lebih dari 1.000 penjual.

Dari data tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa potensi menjadi penjual di Blanja masih terbuka lebar, karena dari sisi persaingan terbilang smasih 'sedikit'.

Blanja juga memiliki sistem pembayarannya sendiri yang mereka beri nama TCash (Telkomsel Cash) sistemnya adalah dengan melakukan deposit terlebih dahulu, bisa melalui kartu kredit atau kartu debit, setelah saldo masuk, selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk membayar Merchant.

Keuntungan dari menggunakan TCash adalah adanya diskon spesial yang hanya akan diberikan untuk mereka yang melakukan pembayaran melalui metode TCash.

7. Zalora Indonesia


Zalora Indonesia

Zalora merupakan situs toko online fashion yang juga menyediakan marketplace untuk penjual yang ingin memasarkan produk fashion mereka.

Di Zalora Anda hanya akan menemukan produk fashion saja, seperti baju, celana, tas, jam tangan, aksesoris. Karena memang fokus dari Zalora adalah menjadi situs e-commerce fashion terbesar.

Jika Anda berfikir bahwa Zalora memiliki nama yang hampir sama dengan Lazada hal tersebut wajar saja, karena memang keduanya berada pada satu perusahaan yang sama yaitu Rocket Internet.

Jadi untuk cabangnya juga hampir sama dengan Lazada, dimana situs e-commerce Zalora juga bisa kita temui di ketujuh negara, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei.

Ketujuh situs online e-commerce diatas pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi silahkan Anda coba dan bandingkan sendiri antara situs marketplace diatas agar bisa merasakan sendiri mana situs online e-commerce terbaik di Indonesia (versi Anda).

Monday, 3 August 2015

Contoh Bisnis Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

By Danang Novianto | At 09:15 | Label : | 0 Comments

Bisnis Rumahan merupakan jawaban untuk para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa harus mengganggu kewajiban mereka dalam mengurus keperluan rumah tangga.

Ada puluhan bahkan ratusan contoh bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga, namun tentunya di artikel ini saya tidak akan membahas semuanya, melainkan hanya akan saya berikan 7 contoh bisnis rumahan yang menurut saya terbaik untuk para ibu.

Jika Anda penasaran tentang apa saja contoh bisnis rumahan yang saya maksudkan diatas, langsung saja silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Bisnis Pulsa Elektrik


Bisnis pulsa mungkin bukanlah bisnis baru, sudah banyak orang yang terjun ke dalam bisnis pulsa, selain karena mudah pengoperasiannya, alasan lain juga karena modal yang diperlukan terbilang kecil.

Dengan modal kecil antara 100 - 200 ribu saja Anda sudah bisa memulai bisnis berjualan pulsa elektrik.

Namun, jika Anda hanya mengandalkan pembeli dari sekitaran tempat tinggal Anda, maka bisa dipastikan penghasilan yang akan Anda dapatkan tidak akan sesuai harapan.

Solusinya adalah dengan menjual pulsa melalui sistem online, jadi nanti pelanggan Anda tak hanya terbtaas dari sekitar tempat tinggal Anda saja, melainkan sampai seluruh Indoensia.

2. Bisnis Laundry


Bisnis laundry yang saya maksud disini masih dalam skala rumahan, bukan skala perusahaan, jadi modal yang dibtuhkan tidak terlalu besar.

Untuk menjalankan bisnis laundry skala rumahan yang Anda perlukan hanyalah 1 tenaga kerja dan alat keperluan laundry seperti mesin cuci, setrika, dll.

Setelah semua alat tersedia, tugas Anda selanjutnya adalah mempromosikan bisnis laundry yang Anda jalankan kepada warga sekita tempat tinggal Anda.

Jadi sistem dari bisnis laundry rumahan adalah antar jemput, Anda mengambil pesanan dari pelanggan lalu mengembalikannya ke pelanggan.

3. Bisnis Es Mambo


Bukan Es Mambo biasa, namun es mambo sehat dengan komposisi air matang, jadi ada nilai lebih dari es mambo yang Anda jual.

Sistem penjualannya bisa dengan cara titip ke warung-warung, jadi Anda bekerja sama dengan pemilik warung tersebut untuk menjual es mambo buatan Anda.

Semakin banyak warung yang Anda titipi, maka akan semakin besar pula peluang es mambo terjual. Namun, tantangan sebenarnya adalah merayu si pemilik warung agar mau Anda titipi es.

Menjalankan Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan membuat es mambo, sedikit banyak Anda akan membantu membuka lapangan kerja baru.

4. Bisnis Kue


Masih seputar bisnis kuliner, namun kali ini saya membahas peluang usaha makanan yang sudah pasti diminati oleh hampir seluruh kalangan baik itu anak kecil, remaja, maupun orang dewasa.

Ya, menjalankan #bisniskuliner kue bisa menjadi pilihan terbaik untuk ibu rumah tangga yang mayoritas pasti memiliki hobi memasak.

Kue yang Anda buat harus benar-benar mencerminkan kue handmade, hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan unik dan menarik.

Usaha sampingan kue kering ini bisa juga Anda promosikan melalui media sosial seperti Facebook / Twitter. Caranya cukup posting foto kue yang sudah Anda buat.

5. Bisnis Warung Kopi


Tidak ada salahnya untuk mencoba contoh bisnis rumahan dengan membuka warung kopi. Disamping bisa dikerjakan modal kecil juga tidak terlalu menguras tenaga.

Agar warung kopi yang Anda dirikan bisa bersaing, maka berikan nilai lebih, misalnya dengan memberikan free WiFi atau bisa juga dengan memberikan harga diskon setiap akhir pekan.

Izin usaha juga harus Anda pikirkan sejak awal, agar tidak ada yang mempersulit saat usaha yang  Anda jalankan sudah berkembang dan bertambah besar.

6. Bisnis Produk Herbal


Kini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini membuat permintaan terhadap produk herbal (alami) semakin banyak dari hari ke hari.

Produk herbal yang saya maksudkan disini tidak hanya sebatas obat-obatan saja, namun juga termasuk sampo herbal dan sabun herbal.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalam bisnis ini, maka pastikan bahwa produk yang Anda buat benar-benar steril dan aman untuk dikonsumsi.

7. Bisnis Online


Contoh bisnis rumahan yang terakhir adalah bisnis online. Semua tentu sudah tahu betul apa itu bisnis online bukan ? yap sederhaanya bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui perantara alat elektronik dan koneksi internet

Saya tidak akan menjelaskan banyak tentang contoh peluang bisnis online karena di artikel sebelumnya sudah saya bahas secara tuntas dan sangat mendetail. Artikel yang saya maksud bisnis Anda  baca disini Tips Sukses Cara Belajar Bisnis Online setidaknya ada 5 ide bisnis yang saya bagikan di artikel tersebut beserta panduan memulainnya untuk pemula.


Itu saja penjelasan singkat dari saya, tentang berbagai macam contoh bisnis rumahan untuk para ibu rumah tangga yang hampir kesemuanya bisa dikerjakan dengan modal kecil bahkan beberapa diantaranya bisa dikerjakan tanpa modal.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger