Monday, 27 July 2015

Kerja Dari Rumah Dengan Sistem Part Time Yang Betul

By Danang Novianto | At 17:03 | Label : | 0 Comments
Kerja Dari Rumah

Kerja dari rumah kini bukan lagi sesuatu yang asing, bahkan bisa dibilang sudah jamak kita temukan, khususnya di kota-kota besar.

Anda pun sebenarnya juga bisa memulai usaha / bisnis, hanya dengan bekerja dari rumah.

Ada banyak contoh pekerjaan yang bisa kita kerjakan dari rumah. Melalui artikel inilah saya akan berbagi kepada Anda apa saja contoh usaha sampingan atau lebih dikenal dengan kerja part time.

Namun, sebelumnya saya akan menjelaskan pada Anda bagaimana cara kerja dari rumah yang betul.

Perlu dicatat pula bahwa, hampir semua usaha rumahan atau pekerjaan yang dilakukan dari rumah, mayoritas bisa dikerjakan secara part time (paruh waktu) dan hampir tanpa modal. Jadi sangat cocok untuk Ibu Rumah Tangga, PNS atau bahkan Pelajar sekalipun.

Baik, mari kita pelajari bagaimana langkah-langkah agar kita bisa kerja part time dari rumah.

1. Pilih Jenis Pekerjaan


Seperti yang saya katakan di awal, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. Saya contohkan, misalnya untuk ibu rumah tangga, dimana Anda bisa memulai dengan menjalankan usaha pembuatan roti, lalu untuk sistem promosinya bisa menggunakan internet atau lebih tepatnya melalui media sosial.

Sebagai referensi, berikut adalah contoh pekerjaan lain yang bisa Anda kerjakan dari rumah :


Kesemua pekerjaan diatas bisa dikerjakan secara online, intinya disini adalah memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan pasion dan yang sesuai dengan kehalian Anda.

2. Lakukan Studi Kelayakan Bisnis


Ada cara paling mudah, bahkan bisa dibilang yang paling murah untuk melakukan studi kelayakan bisnis yaitu dengan menanyakan tiga pertanyaan berikut ini :

  • Apa ada orang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan ?
  • Berapa keuntungan minimal yang mungkin Anda dapatkan ?
  • Berapa jumlah kompetitor yang akan Anda hadapi ?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan diatas mengindikasikan sinyal atau indikator positif, maka bisa saya katakan bahwa bisnis yang Anda pilih tersebut layak untuk dijalankan.

3. Cari Target Market


Meski konteks kita disini adalah bekerja dari rumah, namun bukan berarti pangsa pasar Anda terbatas untuk masyarakat setempat, karena sebenarnya Anda bisa melebarkannya dengan cara bisnis online, jadi target market Anda bisa lebih luas, bahkan bisa sampai pasar luar negeri.

Cara untuk melakukan market research atau mencari target pasar pada bisnis bisa dengan menggunakan beberapa alat yang disediakan oleh Google.

Alat yang saya maksud tersebut diantaranya adalah :

  • Google Keyword Planner : untuk mencari tau berapa banyak jumlah peminat suatu produk
  • Google Trends : untuk mencari tau apa yang sedang menjadi tren di banyak dunia (termasuk indonesia)

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menggunakan kedua alat diatas. Untuk lebih jelasnya bagaiamana cara menggunakan kedua alat tersebut bisa Anda pelajari disini Cara Menggunakan Google Keyword Planner.

4. Persiapkan Identitas Bisnis Anda


Dalam bisnis apapun, termasuk Anda yang menjalankan bisnis rumahan, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan identitas bisnis, fungsinya adalah sebagai pembeda dan sekaligus menjadi ciri khas pada bisnis Anda.

Identitas bisnis mencakup beberapa hal, seperti :

  • Nama Perusahaan
  • Logo
  • Motto

Dan lain sebaginya, semakin unik dan bermakna identias bisnis Anda, maka orang akan semakin yakin untuk menggunakan produk yang Anda jual atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

5. Pikirkan Strategi Promosi Bisnis


Strategi promosi bisnis yang sangat efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan media sosial, seperti facebook misalnya (baca: cara promosi di facebook).

Alasan saya kenapa memilih cara promosi produk secara online menggunakan media sosial adalah karena beberapa faktor :

  • Biaya
  • Tenaga
  • Jangkauan

Soal biaya tentu Anda tau bahwa promosi di Facebook atau media sosial lain, tidak dipungut biaya, sementara soal tenaga jelas lebih mudah karena hanya perlu klak klik, dan soal jangkauan tidak bisa diragukan lagi, karena media sosial ini sifatnya global.

Alternatif metode strategi promosi bisnis lain yang tak kalah efektif adalah dengan toko online. Selain terlihat lebih profesional, peluang untuk mendapatkan pelanggan akan terbuka lebih lebar, jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari Cara Membuat Toko Online.

6. Lakukan Manajemen Bisnis Yang bagus


Manajemen disini meliputi berbagai hal, baik menyangkut soal keuangan, kinerja dan disiplin waktu.

Perlu dicatat bahwa, meskipun kerja dari rumah dengan sistem part time dan hanya sekelas rumahan, namun bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam menjalankannya, karena tanpa manajemen yang baik, maka bisa dipastikan bisnis yang Anda jalankan akan susah untuk bertahan.

Buatlah pula master plan bisnis yang nantinya akan sangat membantu Anda dalam melewati masalah-masalah yang akan Anda hadapi selama menjalankan bisnis.

Kesimpulan


Jika disimpulkan, maka konsep dari kerja di rumah sebenarnya sangat sederhana yaitu diawali dengan memilih jenis bisnis >> mencari target market >> mempersiapkan identitas bisnis >> melakukan promosi dan diakhir dengan melakukan manajemen yang baik.

Dalam menjalankan bisnis rumahan atau kerja dari rumah, bukan berarti hasil yang didapat lebih kecil dari gaji karyawan perusahaaan, bahkan jika mau Anda bisa melebihinya ratusan kali, karena prinsipnya adalah jika kita merasa kurang dengan pemasukan dari 1 bisnis yang dijalankan, maka kita menambahkan 1 binis baru untuk dikerjakan.

Monday, 20 July 2015

7 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Online

By Danang Novianto | At 17:53 | Label : | 0 Comments
Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Online

Ada berbagai hal yang harus benar-benar Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis online, jika tak ingin bisnis online yang Anda jalankan kandas di tengah jalan.

Menjalankan bisnis online sejatinya tidak jauh berbeda dengan prosedur menjalankan bisnis offline, karena keduanya sama-sama membutuhkan perencanaan yang matang sebelum kita mengambil keputusan untuk terjun didalamnya.

Namun, yang membedakan keduanya adalah dari segi modal, bisnis online kebanyakan membutuhkan modal yang jauh lebih kecil ketimbang bisnis offline. Selain itu ada pula perbedaan lain seperti hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai bisnis, yang nanti akan saya jelaskan secara detail dibawah.

Setidaknya ada 7 hal yang perlu dipersiapkan oleh pebisnis online sebelum memutusukan untuk terjun ke dalam bisnis online, ketujuh hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Temukan Ide Bisnis


Seperti kata pepatah "ide itu mahal harganya" pernyataan tersebut memang benar adanya, karena tidak akan ada kata memulai tanpa didahului dengan ide.

Ide bisa dengan mudah didapat darimana saja, termasuk dari hobi Anda. Misal Anda hobi desain grafis, kenapa tidak mencoba membuka jasa design web atau untuk ibu-ibu yang hobi memasak, bisa mencoba membuat blog tentang resep masakan, lalu memonetize blog terebut.

Intinya, dalam menentukan ide bisnis, pastikan bahwa Anda benar-benar menguasainya, karena pengusaha / pebisnis sukses adalah mereka yang menjalankan bisnis sesuai dengan apa yang mereka sukai dan kuasai.

2. Siapkan Modal Bisnis


Sama seperti ide bisnis, modal juga bisa didapat bukan hanya dari diri sendiri / keluarga, tapi bisa juga kita dapatkan dari orang lain atau biasa disebut dengan investor.

Dengan menerapkan sistem bagi hasil, maka Anda bisa dengan mudah mencari suntikan modal, namun dengan catatan bahwa Anda bisa benar-benar menyakinkan para investor untuk menanamkan modal di bisnis online yang Anda jalankan.

Jika pada akhirnya Anda kesulitan mencari modal, maka bisa dimulai dengan hal kecil terlebih dahulu, karena sesuatu yang besar selalu dimulai dari yang kecil.

3. Persaingan Kompetisi Bisnis


Ketahui kompetisi bisnis Anda. Semakin berat kompetisi pada bisnis yang Anda jalankan, maka semakin besar pula modal dan tenaga yang harus Anda keluarkan.

Dengan menggunakan Google AdWords Keyword Planner, kita bisa mengetahui besar kecilnya kompetisi bisnis online yang dijalankan, caranya cukup mudah, kita hanya perlu memasukkan kata kunci produk yang kita jual, lalu akan muncul data lengkap mengenai kata kunci tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menggunakan Keyword Planner bisa Anda baca tutorialnya disini Cara Riset Keyword Dengan Google Adwords Keyword Planner.

4. Pikirkan Visi dan Misi Bisnis


Sebelum memulai bisnis, ada baiknya Anda memikirkan visi dan misi bisnis terlebih dahulu, karena hal ini akan sangat membantu para pebisnis agar tetap fokus pada tujuan.

Sudah berulang kali saya mendengar kasus kegagalan yang dikarenakan ketidak fokusan dalam berbisnis, mencoba usaha lain dan melupakan tujuan awal.

Disinilah peran visi dan misi yang akan membantu organisasi tersebut untuk bisa selalu fokus pada tujuan.

5. Perhatikan Hal Teknik Bisnis


Hal-hal tekniks dalam menjalankan bisnis online sebaiknya juga harus kita pahami. Sebagai contoh Anda seorang pebisnis online shop, maka ada baiknya disamping memahami cara bejualan online yang benar Anda juga harus paham cara membuat toko online atau hal yang berkaitan dengan teknis.

Meski tidak wajib bagi Anda untuk mengetahui semua itu, namun ada baiknya Anda menguasai dasarnya saja, tidak harus mendetail. Hal ini bermanfaat mengurangi biaya servis yang biasa digunakan untuk menyewa jasa orang.

6. Rencana Pemasaran Bisnis


Pemasaran bisnis online bisa dilakukan di banyak tempat, ada yang gratis adapula yang berbayar. Untuk yang gratis saya rasa Anda sudah tau, yap salah satunya adalah melalui media sosial.

Agar terlihat lebih profesional Anda bisa membuat website. Website tersebut dibuat khusus untuk bisnis Anda dan membantu pembeli agar bisa lebih dekat dan mengenal bisnis yang Anda jalankan.

Tertarik untuk membuat website sendiri tanpa bantuan jasa pembuat website ? silahkan baca panduannya disini Cara Membuat Website.

7. Fokuskan Kualitas Bukan Harga


Ada satu kekeliruan yang sering dilupakan oleh seorang pebisnis / pengusaha, yaitu mereka lebih fokus untuk memikirkan bagimana cara menjual barang dengan harga semurah-murahnya ketimbang memikirkan bagaimana cara meningkatkan kualitas produk yang dijual.

Saya katakan keliru karena dalam berbisnis, kita mengenal istilah loyalitas. Contoh sederhanya jika kia memasang harga murah namun kualitas buruk, mungkin kita bisa mendapatkan banyak pembeli, namun itu hanya terjadi 1x saja, karena sebagian pasti tidak akan puas dengan produk / layanan yang diberikan, hal ini tidak akan menciptakan repeat buying atau tidak akan ada loyalitas dari pengunjung.

Berbeda halnya jika Anda memiliki produk dengan kualitas bagus, meski harga relatif lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan loyalitas pembeli, hal ini memungkinkan untuk terjadi pembelian ulang bahkan tidak menutup kemungkinan bisnis Anda dipromosikan secara gratis, mulut ke mulut.

Baca Juga : Daftar Tempat Kerja Part Time Online ketahui dimana tempat kerja online yang terbaik untuk Anda.

Seperti yang kita tau, dimana "memulai" bukanlah sesuatu yang mudah, jadi perlu diakui bahwa memulai bisnis online juga bukan hal yang mudah karena membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, saya yakin semua itu akan manis pada waktunya, memulai bisnis online dan menerima hasilnya nanti atau bermalas-malasan sekarang dan siap terima akibatnya nanti.

Sunday, 12 July 2015

Cara Belanja Online yang Aman dari Penipuan

By Danang Novianto | At 14:00 | Label : | 0 Comments
Berbelanja online kini bukan lagi hal yang istimewa, pasalnya hampir semua orang bisa melakukannya, karena yang diperlukan hanya kartu debit, smartphone dan koneksi internet, dengan begitu Anda bisa bebas belanja online di toko online manapun yang ada di indonesia.

Dibalik kemudahan belanja online, terdapat berbagai macam celah yang sering dimanfaatkan oleh para penipu untuk melakukan penipuan online.

Minimnya keamanan dalam belanja online serta lemahnya hukum bagi para pelaku kejahatan online membuat para penipu semakin genjar melakukan aksinya untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Namun, tak perlu khawatir, karena tentu ada solusi untuk mengatasinya dan berikut saya bagikan 8 cara aman belanja online, agar kita bisa terhindar dari kejahatan penipuan online.

1. Perhatikan Kualitas Toko Online


toko online berkualitas

Kualitas disini bisa dilihat dari kedisiplinan penjual (pemilik toko online) dalam mengupdate harga barang yang ada. Jika harga barang yang ditawarkan saat chatting berbeda dengan yang Anda lihat di toko online, maka Anda perlu waspada.

Penggunaan SSL (https) secara tidak langsung juga menandakan bahwa website toko online tersebt aman dan terpercaya, karena data yang masuk akan di enkripsi.

Cara lain untuk mengetahui kualitas dari toko online adalah dengan membaca testimoni dari para pelanggan toko online tersebut. Intinya usahakan untuk jual beli online di situs toko online terpercaya di Indonesia seperti blibli, elevenia, lazada.

2. Cek Kredibilitas Penjual


media sosial


Hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan mengetahui track-record dari penjual maka kita bisa melihat apakah penjual ini terpercaya atau seorang penipu.

Anda bisa menggunakan bantuan sosial media untuk melihat aktifitas si penjual, tanyakan semua media sosial yang dimiliki pembeli lalu mulailah untuk mengecek satu per satu profil akun media sosial penjual.

Semakin banyak akun media sosial yang dimiliki penjual dan testimoni positif dari para pembelinya, maka semakin menyakinkan pula penjual tersebut.

3. Gunakan Komputer & Koneksi Pribadi


komputer pribadi di rumah

Usahakan untuk tidak menggunakan komputer umum, karena kita tak pernah tahu apakah komputer tersebut terdapat keylogger, jadi pastikan untuk menggunakan komputer pribadi.

Satu lagi, sebisa mungkin hindari menggunakan koneksi dari WiFi untuk mengirimkan informasi penting, karena jika koneksi WiFi tersebut tidak di enskripsi, maka akan sangat memudahkan penjahat untuk melihat setiap transaksi yang Anda lakukan termasuk melihat password yang Anda ketikkan.

4. Waspadai Email Penipuan


contoh email penipuan

Jika Anda mendapati kiriman email berisi link yang isinya meminta Anda untuk membukannya, maka saran saya jangan diklik dulu, coba cek terlebih dahulu di virus total, hal ini untuk memastikan bahwa link tersebut benar-benar aman dan bebas dari virus.

Email yang berisi promo dengan iming-iming harga yang terlalu murah juga sebaiknya Anda waspadai, karena logikanya tidak ada penjual yang sudi untuk merugi.

5. Pastikan Barang Sudah Dicek Penjual


Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pengiriman produk yang cacat, maka mintalah kepada penjual untuk mengecek barang terlebih dahulu dan memastikan kualitas produk tersebut, karena tak sedikit para penjual yang hanya bertindak sebagai dropshiper (perantara).

Jika perlu, Anda bisa juga mengetes penjual dengan cara menanyakan pertanyaan tentang produk yang Anda pesan. Dari sini Anda bisa melihat apakah penjual benar-benar paham tentang produk ia jual atau tidak.

6. Cek Rekening Penjual di Google


rekening penjual terpercaya

Google bisa sangat membantu Anda untuk menghindari terjadinya penipuan online. Caranya dengan menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi tentang rekening penjual.

Jika di Google tidak ada hasil (kosong), maka penjual tersebut bisa dinyatakan sebagai penjual yang bersih dan 99% saya nyatakan penjual tersebut aman, terpercaya dan nyaris tak mungkin menipu Anda, namun jika saat Anda memasukkan rekening penjual di Google dan hasilnya berisi catatan hitam si penjual, maka sebaiknya cari penjual lain.

7. Asuransikan Barang yang Dipesan


Proses jual beli online tidak hanya berhenti sampai ada kesepakatan antara penjual dan pembeli, namun juga sampai pada kesepakatan untuk memilih kurir yang mengantar barang tersebut.

Saat ini ada 3 layanan pengiriman (kurir) barang yang sangat populer di Indonesia, yaitu JNE, TIKI dan POS. Ketiganya memiliki layanan asuransi, artinya jika terjadi kerusakan dengan barang saat pengiriman, Anda tidak perlu cemas, karena perusahaan akan menggantinya.

8. Simpan Bukti Pembayaran


bukti pembayaran internet banking

Jika Anda belanja online dengan transaksi melalui online banking, maka sebisa mungkin lakukan print out bukti pembayaran tersebut.

Bukan apa-apa, karena dengan adanya bukti transfer tersebut dapat membantu Anda jika terjadi aksi penipuan oleh penjual.

Untuk para penjual silahkan pelajari artikel Cara Jualan Online di Internet. Artikel tersebut cocok untuk pemula yang ingin Belajar Bisnis Online secara mandiri. Namun, sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki toko online, jika belum sebaiknya baca dulu Cara Membuat Toko Online.

Kedelapan tips aman belanja online diatas bisa Anda jadikan sebagai acuan saat akan melakuakn transaksi online untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Jika diambil kesimpulan, maka cara belanja online yang aman ialah dengan melakukan pengecek.an secara mendalam tentang produk, penjual dan situs toko online yang digunakan oleh penjual.

Monday, 6 July 2015

6 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Sudah Terbukti

By Danang Novianto | At 16:28 | Label : | 0 Comments
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Artikel cara mendapatkan uang dari Facebook ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadi sudah pasti terjamin dan terbukti. Sebenanya hanya sebagai catatan pribadi agar tidak lupa dikemudian hari, jadi tak ada maksud menggurui disini.

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih media sosial Facebook dibanding media sosial lain, alasannya hanya satu, karena dari sekian banyak media sosial yang ada, Facebook lah yang memang didesain untuk para pebisnis online.

Tidak, disini saya tidak akan membahas fitur-fitur facebook. karena akan melenceng dari tema kita yaitu mencari duit dari facebook.

Di artikel ini setidaknya saya akan membahas 6 model bisnis online yang sudah pernah saya jalankan melalui Facebook namun sayangnya tidak semua bisnis tersebut menghasilkan hasil yang maksimal atau sesuai yang saya inginkan.

Jadi mungkin singkat saja agar Anda tidak bosan dan saya tidak capek menulis, berikut macam-macam bisnis online yang pernah saya jalankan di Facebook beserta penjelasan singkat tentang keuntngan / profit yang mungkin Anda dapatkan.

1. Bisnis Jasa Like di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Like Facebook

Salah satu cara mendapatkan uang dari facebook yang paling menghasilkan bagi saya adalah bisnis jasa like, namun sekaligus juga merupakan bisnis yang cukup menguras waktu dan tenaga.

Sesuai namanya, model bisnis ini adalah menawarkan jasa like facebook kepada para pengguna facebook yang ingin menambah jumlah like pada fanpage yang mereka buat tanpa harus capek-capek promosi kesana-kemari.

Ya, secara tidak langsung saya bekerja dengan cara menggantikan peran mereka dalam hal 'promosi'. Meski ada rekan kerja yang membantu, namun tetap saja saya juga harus turun untuk sekedar mengecek maupun membantu jalannya kegiatan promosi.

Untuk Anda yang berminat mencoba bisnis jasa like di facebook, saran saya silahkan Anda pelajari trik atau cara menambah like facebook, karena tanpa mempelajari dasarnya kita akan kesulitan ketika melayani fanpage dari client yang notabenya mempunyai berbagai jenis niche atau topik yang tidak sama satu dengan lain.

2. Bisnis Dropship di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Dropship

Anda juga bisa dapat uang dari facebook dengan menjalakan bisnis dropship, bahkan yang saya lihat model bisnis dropship kian hari kian banyak saja yang menjadi dropshipper.

Bukan hanya fanpage saja yang digunakan untuk mempromosikan produk dropship, namun juga akun facebook pribadi tak jarang juga dijadikan sebagai media untuk promosi, yang lebih ekstrim adalah dengan titip lapak di dinding facebook orang lain.

Saya pribadi menganggap cara promosi seperti itu (titip di dinding facebook orang lain) kurang pantas dilakukan dan bisa dikatakan tidak efektif, karena tidak tertarget dan peluang konversi juga kecil karena lebih mengarah ke arah spam dibanding promosi.

Jadi bagaimana cara promosi yang efektif dan efisien dan merugikan orang lain ? semua sudah saya bahas secara lengkap dan bisa Anda baca secara gratis disini cara menggunakan Facebook untuk promosi bisnis.

3. Bisnis Ebook di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Ebook

Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari facebook adalah dengan membuat Ebook. Tidak perlu jago menulis untuk memulai bisnis Ebook ini, karena yang Anda perlukan hanyalah pandai dalam bercerita.

Ya, karena pada dasarnya dalam marketing jauh lebih penting cara penyampaian Anda dibanding isi dari produk tersebut.

Mudahnya seperti ini, seseorang yang mempunyai produk bagus belum tentu bisa mendapatkan penjualan yang bagus pula jika ia tidak mampu menyampaikannya dengan baik, namun sebaliknya untuk mereka pandai persentasi mengenai produk yang ia jual, seburuk apapun kualitas produk tersebut tetap akan diminati.

Untuk mepromosikan produk eBook Anda bisa dengan dua cara yaitu melalui direct promotion atau bisa juga dengan membuat giveaway.

Direct promotion saya rasa sudah cukup jelas yaitu dengan menawarkan produk langsung kepada target market Anda. Sementara untuk cara kedua atau giveaway adalah yang sangat saya rekomendasikan, sesuai namanya yaitu giveaway atau pemberian gratis namun tentunya gratis disini tidak cuma-cuma, melainkan ada syarat dimana mereka wajib me-like / share status Anda.

4. Bisnis Fanpage di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Bisnis Fanpage

Bisnis fanpage facebook tidak sama dengan jasa like yang sudah saya jelaskan diatas. Bisnis Fanpage facebok yang saya maksud disini maksudnya adalah dengan membuat fanpage lalu mejual setiap postnya.

'Menjual post ? apa maksudnya ?' menjual post pada fanpage tidak jauh berbeda dengan model tweet promotion yang ada di twitter, dimana si pemiliki fanpage akan menawarkan kepada advertiser yang bersedia produknya dipromosikan melalui post / status fanpage facebook.

Tak jarang justru si advertiser inilah yang datang sendiri. Namun tentunya hal ini hanya bisa terjadi jika Anda memiliki Fanpage dengan jumlah like yang banyak dan tentunya memiliki fans yang aktif berkomentar / like. Untuk cara pembuatan fanpage facebook bisa Anda pelajari melalui artikel Cara Membuat Facebook Fanpage.

Saya berikan sedikit bocoran harga promosi di fanpage besar dengan kisaran like berjumlah 1 juta keatas, biayanya adalah :

  • 50 - 100 ribu, untuk produk yang seniche dengan fanpage tersebut
  • > 100 ribu, untuk produk yang tidak seniche

Anda tentu bisa bayangkan berapa keuntungan yang mereka dapatkan jika sehari melayani 2 - 3 pesanan.

5. Bisnis Game di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Game Facebook

Taukah Anda bahwa bermain game di facebook ternyata bisa menghasilkan uang ? ya, ini benar adanya bukan money game atau sejenisnya tapi uang asli yang bisa Anda belanjakan dimanapun di seluruh indoensia.

Namun tentu prosesnya tidak sesederhana itu, dimana triknya adalah dengan membuat 1 akun facebook (jika belum bisa buat facebook silahkan baca cara membuat akun facebook) yang kita khususkan untuk bermain game facebook, ingat hanya mainkan game facebook yang populer saja seperti :

  • Candy Crush Saga
  • Dragon City
  • FarmVille 2

Disini saya asumsikan Anda sudah memiliki setidaknya 1 akun facebook dengan 1 game facebook yang sudah memiliki level tinggi, selanjutnya cari fanpage yang berkaitan dengan game yang Anda mainkan.

Cara Mendapatkan Uang dari Game Facebook 2

Orang-orang itulah yang menjadi target market Anda, untuk cara promosinya bisa dengan memasang screenshot saat bermain game atau intinya yang menunjukan bahwa akun facebook Anda layak untuk dibeli.

6. Bisnis Iklan di Facebook


Cara Mendapatkan Uang dari Iklan Facebook

Cara terakhir untuk mendapatkan dari facebook yang juga sebagai cara paling ampuh mendatangkan jutaan rupiah ke rekening kita adalah dengan menggunakan iklan dari Facebook atau sering disebut Facebook Ads.

Namun perlu diketahui bahwa dari berbagai cara mendapatkan uang dari facebook yang sudah saya jelaskan diatas, bisnis Facebook Ads inilah yang satu-satunya wajib mengeluarkan biaya (harus mengeluarkan modal), bahkan bukan hanya biaya namun juga butuh kartu kredit atau VCC (virtual credit card).

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari Facebook Ads, seperti misalnya :

  • Promosi Blog
  • Promosi Produk sendiri
  • Promosi Produk orang lain (affiliate marketing)

Atau cara lain adalah menggunakan facebook ads dengan jasa like, menggunakan fb ads untuk mepromosikan ebook buatan Anda dan lain sebagainya.

Cara mendapatkan uang dari Facebook tidaklah susah, namun juga tidak sesederhana yang kita pikirkan, karena butuh waktu, usaha dan kerja keras untuk mendapatkan loyalitas client, jika kita memulai bisnis facebook tersebut dari awal.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger