Sunday, 26 April 2015

Cara Menggunakan Facebook Untuk Promosi Bisnis Anda

By Danang Novianto | At 19:41 | Label : | 0 Comments
Cara Menggunakan Facebook Untuk Promosi Bisnis Anda

Mempromosikan produk bisnis di media sosial atau dalam hal ini adalah Facebook, merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan baru.

Seperti yang kita semua ketahui, jumlah pengguna Facebook saat ini telah mencapai 1 milliar jiwa di seluruh dunia.

Sementara untuk jumlah pengguna Facebook di Indonesia terbilang sangat banyak, tercatat pada akhir 2014 jumlahnya mencapai 69 juta jiwa atau 2/5 dari seluruh populasi rakyat Indonesia saat ini.

Potensi yang begitu besar tentu tidak boleh disia-siakan, bukan ? untuk itulah pada artikel ini saya akan mencoba berbagai informasi terkait cara menggunakan facebook untuk keperluan promosi bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis offline.

Singkatnya, kita akan menggunakan 6 Fitur yang ada pada Facebook untuk membantu kita dalam mempromosikan bisnis supaya cepat laku dan dikenal banyak orang.

Keenam fitur dari Facebook yang saya maksud adalah :

  1. Facebook Pages
  2. Facebook Group
  3. Facebook Graph Search
  4. Facebook Ads
  5. Facebook Insight
  6. Facebook Apps
  7. Facebook Online Store [ Update! ]

Selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara memanfaatkan keenam fitur tersebut untuk keperluan promosi bisnsi.

1. Facebook Pages


Facebook Pages

Facebook Pages atau sering juga disebut Facebook Fanpage merupakan salah satu fitur dari Facebook untuk mewadahi para pebisnis yang ingin memperkenalkan atau meningkatkan popularitas produk yang mereka jual.

Produk yang saya maksud disini bisa bermacam-macam, bisa berupa produk digital (ebook, blog, kursus online) maupun produk fisik (barang, pakaian, jasa offline).

Penjelasan tentang manfaat / fungsi Facebook Fanpage saya rasa sudah cukup jelas, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat Facebook Fanpage yang dikhususkan untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan.

  1. Log In ke akun Facebook Anda
  2. Buka halaman Facebook Create Page
  3. Silahkan Anda pilih kategori yang mewakili bisnis Anda
  4. Isi semua data yang diminta, seperti deskripsi singkat dan url Fanpage

Setelah Fanpage Facebook jadi, selanjutnya silahkan Anda pelajari Cara Membuat Fanpage Facebook yang Menarik untuk mendapatkan banyak like dan memunculkan efek viralitas, selain itu Anda juga bisa membaca trik yang saya lakukan untuk Menambah Like Fanpage Facebook Tanpa Auto Like.

2. Facebook Group


Facebook Group

Facebook Group adalah fitur untuk membuat forum diskusi di Facebook. Sebagai admin, Anda bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan group tersebut, mulai dari mengatur gambar cover, mengubah deskripsi dan Anda pun juga bisa melakukan pinned pada post yang dianggap penting.

Fitur pinned inilah yang menjadi kunci dari proomsi di Facebook Group. Untuk caranya bisa Anda simak dibawah ini.

  1. Buat group dengan nama komunitas "contoh: komunitas android"
  2. Buat post baru di Facebook Group tersebut
  3. Isi post tersebut dengan aturan, lalu sisipkan informasi terkait produk yang ingin dipromsikan
  4. Pada bagian pojok atas post, klik tombol "pinned post"

Secara otomatis post Anda akan berada di bagian teratas, jadi jika ada orang yang bergabung dengan group Anda tersebut, maka otomatis dia akan bisa langsung melihat post / status promosi Anda tersebut.

3. Facebook Graph Search


Facebook Graph Search

Apa itu facebook graph search ? Facebook Graph Search adalah fitur terbaru dari Facebook untuk membantu para penggunanya dalam mencari informasi yang mereka inginkan.

Dengan Facebook Graph Search kita bisa mencari berbagai hal seperti :

  • Post
  • Halaman
  • Acara
  • Aplikasi
  • Grup
  • Tempat

Intinya, Facebook Graph Search merupakan pengembangan dari fitur pencarian Facebook terdahulu.

Namun untuk menggunakan fitur terbaru Facebook ini, Anda harus mengakses Facebook melalui www.facebook.com dan mtouch.facebook.com, jadi untuk pengguna mbasic.facebook.com, mohon maaf tidak bisa menggunakannya.

4. Facebook Ads


Facebook Ads

Fitur yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk para pengguna Facebook, khususnya untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia Facebook Marketing.

Pasalnya, fitur Facebook Ads merupakan metode paling praktis untuk menemukan calon pelanggan baru secara cepat dan tertarget, meski perlu diakui biaya untuk mengunakan fitur ini tidaklah murah.

Meski demikian, mahalnya tarif Facebook Ads lantas tidak begitu saja menyurutkan niat para IMers (Internet Marketers) untuk menggunakannya, karena hasil yang didapat bisa dipastikan akan jauh lebih besar dibanding pengeluaran.

Konsep atau cara kerja dari Facebook Ads sangat sederhana, kita hanya perlu melakukan set pada iklan yang ingin dijalankan, selanjutnya proses promosi akan berjalan otomatis, jadi kita tinggal menunggu orderan datang.

Secara garis besar, untuk menggunakan fitur Facebook Ads, ada dua macam pembayaran yang bisa Anda gunakan, yaitu Paypal dan Credit Card atau kartu kredit.

Untuk cara penggunaanya terbilang mudah, Anda hanya perlu mengunjungi :

  1. Buka halaman Facebook Ad Creation
  2. Pilih objek atau jenis iklan yang Anda inginkan
  3. Klik 'continue' untuk melanjutkan pada proses penargetan audience dan pembayaran

Pada proses penargetkan atau pemilihan audience inilah yang menentukan apakah produk yang Anda promosikan bisa laku dan terjual keras atau tidak. Karena jika salah 'target' atau jika 'tidak tertarget' maka peluang terjadi orderan akan sangat kecil.

5. Facebook Insight


Facebook Insight

Facebook Insight adalah fitur untuk melihat statistik atau data lengkap yang berkaitan dengan Facebook Fanpage Anda. Jadi untuk melihat Insight, maka kita perl membuat Fanpage Facebook terlebih dahulu.

Fitur ini akan muncul ketika Fanpage Facebook kita sudah mencapai lebih dari 30 Like, nantinya akan ada semacam grafik yang menjelaskan secara detal tentang Fanpage Facebook tersebut.

Anda juga akan mendapatkan informasi seputar Audience Insights yang meliputi :

  • Demographic berupa Usia, Jenis Kelamin, Status Hubungan dan Pekerjaan
  • Lifestyle atau minat yang berkaitan dengan target audience Anda
  • Melihat apa yang paling digemari oleh audience

Jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan Anda kunjungi Audience Insight, lalu pilih informasi audience yang ingin Anda lihat.

6. Facebook Apps


Facebook Apps

Selain fanpage dan group ada satu lagi fitur gratis dari Facebook yang sangat bagus unuk gunakan sebagai media promosi bisnis, fitur yang saya maksud adalah Facebook Apps.

Ya, Facebook menyediakan fitur untuk para developer yang ingin membuat aplikasi online di Facebook.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa pemrograman, karena Facebook telah menyediakan panduan lengkap dalam memulai membuat aplikasi di Facebook yang bisa Anda pelajari disini Facebook Developers Docs.

Ada 4 jenis aplikasi yang bisa Anda buat di Facebook, keempat aplikasi tersebut adalah :

  • Music Apps
  • App Stories
  • Games
  • Email Apps

Lebih jelasnya silahkan Anda pelajari pada halaman Facebook Developers.

7. Facebook Online Store


Facebook Online Store

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebenarnya kita bisa membuat toko online di Facebook, jadi tidak harus dengan wordpress atau menyewa hosting yang notabenya membutuhkan biaya / modal.

Untuk membuat online store atau toko online di Facebook sangatlah mudah, karena saat ini telah tersedia banyak sekali pihak ketiga untuk membantu kita dalam membuat Facbeook Online Store.

Pihak ketiga yang saya maksud disini, beberapa diantaranya adalah :


Jika tertarik dan ingin mencoba membuat online store di Facebook, tutorialnya bisa Anda baca disini Cara Membuat Online Store di Facebook namun sebelumnya Anda sudah harus memiliki 1 akun Facebook, jika belum punya baca Cara Membuat Akun Facebook Baru.

Kesimpulannya, kita harus jeli dalam Menggunakan berbagai fitur di Facebook Untuk Promosi, agar Bisnis yang Anda jalankan mampu berkembang dengan pesat dan mendapatkan banyak pelanggan untuk mencapai pada puncuk kesuksesan.

Tuesday, 21 April 2015

Cara Menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon

By Danang Novianto | At 03:44 | Label : | 0 Comments
Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon

Artikel kali ini akan membahas seputar algoritma terbaru Google yaitu Mobilegeddon, sebelum detik-detik peluncuran algoritma Mobilegeddon pada 21 April, ada baiknya kita benar-benar memastikan bahwa blog yang kita kelola sudah termasuk dalam blog yang mobile-friendly.

Karena adanya perbedaan zona waktu, maka peluncuran algoritma terbaru Google Mobilegeddon baru akan kita rasakan pada hari Rabu, 22 April. Jadi disini kita masih punya waktu 1 hari (sejak artikel ini ditulis) untuk bersiap-siap menghadapi 'serangan' Mobilegeddon.

Pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu algoritma Mobilegeddon ? Mobilegeddon adalah penamaan algoritma terbaru milik Google.

Tujuan diluncurkannya algoritma Mobilegeddon adalah untuk 'mengubur' blog yang tidak mobile-friendly. Secara otomatis hal tersebut akan membuat ranking blog yang masuk dalam kategori mobile-friendly akan naik secara drastis.

Apa arti semua ini ? Ini artinya akan ada perubahan besar-besaran pada hasil pencarian Google, khususnya pada pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile, dimana akan didominasi oleh situs Mobile-Friendly.

Seperti yang saya katakan diatas, algoritma mobilegeddon hanya akan berdampak pada hasil pencarian Mobile, itu artinya untuk hasil pencarian Google yang dilakukan dari perangkat desktop tidak akan mengalami perubahan yang signifikan.

Meski demikian, Anda tidak boleh meremehkan traffic yang berasal dari mobile, karena Google sendiri menyakini bahwa 60% pengguna produk mereka saat ini berasal dari perangkat mobile dan jumlah tersebut diprediksi akan terus naik seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone.

Itulah sekilas mengenai pengertian algoritma Google Mobilegeddon beserta tujuan dibalik peluncurannya, selanjutnya kita akan masuk pada pembahasan utama tentang bagaimana cara menghadapi algoritma terbaru Google Mobilegeddon.

Secara garis besar ada 4 Cara yang harus Anda lakukan jika ingin selamat dari dampak yang mungkin ditimbulkan dari peluncuran algoritma terbaru Google tersebut.

Kabar baiknya, keempat cara tersebut seluruhnya menggunakan layanan atau produk dari Google, jadi seolah Google sengaja ingin memfasilitasi para webmaster yang ingin mengoptimalkan situs mereka untuk menghadapai serangan dari algoritma Mobilegeddon.

Langsung saja, keempat cara yang saya maksud tersebut adalah menggunakan tool-tool berikut ini :

  1. Google Structured Data
  2. Google Mobile-Friendly Test
  3. Google PageSpeed Insight
  4. Google Mobile Usability

Keempat tools gratis yang disediakan oleh Google diatas bisa sangat membantu kita untuk mempersiapkan blog guna menghadapi algoritma terbaru Google Mobilegeddon.

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan tools tersebut, untuk itu akan saya jelaskan secara singkat, bagaimana cara menggunakan keempat tool tersebut.

1. Google Structured Data Testing Tools


Apa itu Google Structured Data Testing Tools ? secara singkat pengertian Google Structured Data adalah tools untuk memvalidasi struktur data pada blog yang disusun berdasar schema.org.

Dengan tools ini kita bisa megecek apakah ada kesalahan pada blog kita ketika dilihat di hasil pencarian mesin pencari (Google).

Tool yang sebelumnya bernama Google Rich Snippets Tool kini sudah berganti nama sekaligus tampilan baru, semakin memudahkan para webmaster yang ingin melakukan pengecekan struktur data pada situs mereka.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan ikuti panduannya berikut ini.

  1. Buka situs resmi Google Structured Data Testing Tools

    Google Structured Data Testing Tools

    Jika halaman sudah terbuka, klik pada "Fetch URL" lalu isikan URL atau alamat blog Anda dan lanjutkan dengan mengklik tombol "Fetch & Validate".

  2. Lihat hasil validasi pada kolom Results

    Google Structured Data Testing Tools 2

    Kolom results (kolom sebelah kanan) akan menampilkan hasil dari validasi struktur data pada blog, jika muncul tanda centang, itu artinya blog sudah tervalidasi dengan baik.

Namun perlu dicatat bahwa dalam penerapan struktur data pada blog tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena pada halaman Google Quality Guidline, dijelaskan secara tegas bahwa ada larangan penggunaan rich snippet yang asal-asalan.

Avoid the following techniques:

Automatically generated content
Participating in link schemes
Creating pages with little or no original content
Cloaking
Sneaky redirects
Hidden text or links
Doorway pages
Scraped content
Participating in affiliate programs without adding sufficient value
Loading pages with irrelevant keywords
Creating pages with malicious behavior, such as phishing or installing viruses, trojans, or other badware
Abusing rich snippets markup
Sending automated queries to Google

Aturan tersebut memang sudah lama ada, tapi mungkin belum terlalu ditindak tegas,  dan bukan tidak mungkin akan ada operasi besar-besaran pada peluncuran algoritma Google Mobilegeddon mendatang.

2. Google Mobile-Friendly Test


Sesuai namanya, fungsi utama dari Mobile-Friendly Test Tool adalah untuk mengecek apakah blog / website Anda sudah termasuk ke dalam situs yang mobile-friendly di mata mesin pencari Google.

Mobile-Friendly Sekedar informasi saja, tahun 2014 lalu, tepatnya pada bulan 18 November, Google menambahkan label mobile-friendly yang diletakkan di awal meta description untuk menandai blog yang termasuk dalam kategori situs mobile-friendly.

Namun, saat dilakukan perubahan tersebut, tidak ada perubahan yang signifikan pada hasil pencarian. Dan pada peluncuran algoritma Mobilegeddon pada 21 April nantilah akan terjadi perubahan besar-besaran pada hasil pencarian mobile.

Untuk memastikan blog Anda mendapatkan label mobile-friendly pada hasil pencarian, ada dua cara yang bisa digunakan, cara pertama adalah mengeceknya langsung di Google melalui smartphone atau bisa menggunakan Google Mobile-Friendly Test.

  1. Buka halaman Mobile-Friendly Test

    Google Mobile-Friendly Test

    Masukkan alamat / url blog yang ingin Anda test lalu klik Analyze, pada contoh ini saya akan memasukkan situs lain (yang tidak mobile friendly).

  2. Lihat hasilnya apakah sudah Mobile-Friendly

    Google Mobile-Friendly Test 2

    Jika muncul pesan "Not mobile-friendly" sudah sangat jelas bahwa situs tersebut tidak masuk dalam kategori mobile-friendly dan berpotensi akan mengalami penurunan ranking.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena akan dijelaskan secara rinci oleh Google apa yang menyebabkan situs tersebut masuk ke dalam kategori "Not mobile-friendly site".

Pada contoh diatas ada 3 penyebab utama yang menyebabkan situs tersebut tidak mobile friendly.

  • Links too close together = Link yang letaknya terlalu berdekat
  • Text too small to read = Teks yang terlalu kecil sehingga susah untuk dibaca
  • Mobile viewport not set = Tidak menggunakan meta viewport pada template

Beda situs tentu akan beda masalah, jadi silahkan cek situs Anda sendiri lalu lihat apakah ada peringatan atau tidak, jika tidak maka selamat blog Anda dinyatakan mobile-friendly oleh Google.

3. Google PageSpeed Insight


Jika tools Mobile-Friendly Test lebih mengarah kepada tampilan, sementara untuk PageSpeed Insight adalah tool untuk mengecek kecepatan load blog.

Tool terbaik (menurut saya) untuk menganalisa bukan hanya kecepatan tapi juga pengalaman pengguna saat mengunjungi situs kita.

Singkatnya pada hasil pengecekan blog di PageSpeed Insight, kita akan mendapatkan hasil User Experience untuk mengetahui apakah tampilan situs kita sudah baik atau belum.

Cara penggunaan Google PageSpeed Insight sama seperti kedua tools yang saya sebutkan diatas, cukup masukkan URL situs lalu lihat hasilnya, lebih jelasnya bisa Anda simak dibawah ini.

  1. Kunjungi situs PageSpeed Insight

    Google PageSpeed Insight

    Pada kolom "Enter a webp age URL" masukkan alamat situs web / blog Anda, lalu klik pada tombol "Analyze".

  2. Gulir kebawah dan lihat skor User Experience

    Google PageSpeed Insight 2

    Karena tema kita adalah menghadapi algoritma Google Mobilegeddon, maka cukup Anda cek skor pada hasil User Experince.

Sebagai gambaran saja, untuk blog yang mendapatkan :

  • Skor < 70 = Tidak mobile-friendly
  • Skor 70 - 79 = Lumayan mobile-friendly
  • Skor 80 - 89 = Sudah mobile-friendly
  • Skor 90 - 100 = Sangat mobile-friendly

Skor diatas hanya gambaran, artinya saya mungkin bisa salah jadi untuk memastikan dan memperbaikinya silahkan lihat apa yang menyebabkan skor User Experience pada template mobile Anda mendapat skor rendah.

4. Google Mobile Usability


Tools terakhir yang akan kita gunakan untuk menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon adalah Google Mobile Usability.

Untuk menggunakan tools Google Mobile Usability, syaratnya Anda harus memiliki akun Google Webmaster Tools (GWT), untuk menggunakan layanan tersebut Anda sudah harus memiliki minimal 1 email Google atau sering juga disebut Gmail.

Tentunya saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat email, karena jika Anda sudah sampai sini, itu artinya Anda sudah menjadi webmaster dan proses buat email bukanlah pekerjaan yang susah untuk Anda.

Jadi saya anggap Anda sudah memiliki setidaknya 1 akun Gmail. Selanjutnya silahkan Anda ikuti panduan dibawah ini untuk menggunakan

Saya tidak memaksa Anda untuk mempercayainya, dalam artian, Anda boleh menganggap hal ini sebagai omong kosong dari Google atau layanan Google Mobile Usability di GWT.

  1. Sign in ke akun Google Webmaster Tools

    Google Mobile Usability

    Langkah pertama silahkan Anda sing in atau masuk ke akun GWT. Jika ada banyak blog yang Anda kelola, silahkan pilih salah satu blog yang ingin dicek.

  2. Masuk ke menu Search Traffic > Mobile Usability

    Google Mobile Usability 2

    Pada fitur Mobile Usability akan menampilkan kesalahan yang mungkin terdapat pada tampilan template mobile.

Semakin banyak error atau kesalahan yang terjadi pada template mobile, itu artinya semakin tidak mobile-friendly situs tersebut. Tidak perlu terlalu khawatir karena pastinya Google akan memberikan penjelasan mengenai kesalahan apa yang terjadi pada template mobile Anda.

Tanya Jawab Seputar Algoritma Mobilegeddon


Di berbagai media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun Google Plus, perbincangan akan algoritma Algoritma Mobilgeddon, bisa dibilang sangat ramai. Terdapat banyak sekali pertanyaan yang terkait Algoritma Terbaru Google ini, untuk itulah melalui artikel ini saya ingin membuat semacam FAQ atau tanya jawab seputar Mobilegeddon.

Apa saya wajib mengubah tampilan blog saya menjadi Mobile-Friendly ?

Jika menyimak apa yang dikatakan oleh salah satu team Google, yang mengatakan bahwa "there are over 200 different factors that determine ranking" dari 200 ranking tersebut salah satunya adalah faktor yang berkaitan dengan mobile-friendly, jadi tolong Anda simpulkan sendiri, apakah wajib atau tidak.

Apa dampak dari update Algoritma Mobilegeddon ?

Akan berdampak pada hasil pencarian mobile, dan tidak meiliki dampak apapun pada hasil pencarian desktop. Itu artinya ranking blog Anda pada hasil pencarian desktop akan tetap.

Siapa yang paling terkena dampak saat peluncuran Mobilegeddon ?

Situs yang memiliki tampilan template tidak mobile-friendly, seperti load yang lambat, penggunaan flash berlebihan, kesalahan dalam memberikan link dan selengkapnya bisa Anda pelajari pada Mobile SEO Mistakes.

Bagaimana cara saya menghindari dampak Algoritma Mobilegeddon ?

Dengan mamastikan bahwa blog Anda sudah termasuk dalam kategori Mobile-Friendly Site, tahap demi tahap tentang bagaimana cara membuat blog mobile-friendly bisa Anda pelajari pada artikel saya sebelumnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar algoritma terbaru Google Mobilegeddon, silahkan ajukan pertanyaan tersebut melalui kolom komentar atau jika Anda ingin mengoreksi informasi yang saya berikan terkait Mobilegeddon di artikel ini, sekiranya Anda bersedia untuk mengoreksinya dengan cara memberikan komentar.

Kesimpulan


Kalau boleh jujur sebenarnya masih ada banyak waktu untuk para webmaster, mempersiapkan blog / web yang dikelola menjadi mobile-friendly, dalam rangka menghadapi Mobilegeddon.

Meskipun pada Official Google Blog tertulis secara jelas bahwa peluncuran algoritma Mobilegeddon akan dilakukan pada 21 April, namun tentunya hal tersebut membutuhkan waktu atau proses, jadi prediksi saya dampak dari peluncuran algoritma Google Mobilegeddon (mungkin) akan terasa setelah 1 minggu sejak peluncuran.

Jika Anda kurang puas dengan penjelasan algoritma terbaru Google Mobilegeddon diatas, maka Anda bisa mencoba panduan langsung dari Google melalui halaman Webmaster's Mobile Guide.

Friday, 17 April 2015

Belajar Memulai Bisnis Affiliate Marketing Amazon & Clickbank

By Danang Novianto | At 01:50 | Label : | 0 Comments
Belajar Memulai Bisnis Affiliate Marketing Amazon dan Clickbank
Salah satu jenis bisnis online yang paling menjanjikan saat ini adalah bisnis affiliate marketing.

Bicara mengenai bisnis online affiliate, sudah taukah Anda apa itu Affiliate Marketing ? Affiliate Marketing adalah proses menawarkan produk orang lain untuk mendapatkan komisi.

Singkatnya, dalam bisnis online affiliate, Anda akan dibayar ketika berhasil menjualkan produk orang lain dalam hal ini adalah produknya seller (penjual).

Cara memulai bisnis online affiliate marketing, khususnya untuk pasar luar negeri seperti Amazon atau Clickbank sebenarnya susah-susah gampang, susahnya jika kita tidak terlalu paham bahasa inggris namun akan sedikit mudah jika kita sudah memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Meskipun perlu diakui bahwa dalam memulai bisnis online affiliate marketing bukan hanya soal kemampuan bahasa inggris, lebih dari itu kita juga butuh belajar internet marketing yang baik.

Selain affiliate marketing, tentu masih banyak jenis bisnis online lain, selengkapnya bisa Anda baca dan pelajari di artikel berikut ini Macam-macam Jenis Bisnis Online.

Melalui artikel inilah saya ingin mencoba berbagi panduan lengkap untuk teman-teman yang ingin belajar memulai bisnis online affiliate marketing baik untuk pasar lokal seperti Lazada & Blili maupun pasar internasional seperti Amazon dan Clickbank.

Bisnis Affiliate Marketing di Amazon


Kita mulai terlebih dahulu dari Amazon, kenapa Amazon ? karena Amazon merupakan salah satu marketplace terbaik untuk memulai bisnis online affiliate dengan jumlah penjual yang sangat banyak dan komisi yang diberikan terbilang cukup besar.

Langsung saja jika Anda tertarik untuk memulai bisnis affiliate marketing di Amazon silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu, caranya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

  1. Buka situs resmi Affiliate Amazon

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon

    Lalu klik pada tombol 'Join Now for Free' untuk memulai pendaftaraan Anda sebagai seorang affiliator di situs Amazon.

  2. Masukkan email Anda pada kolom 'my email address'

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon 2

    Karena kita ingin membuat akun Affiliate Amazon yang baru, maka jangan lupa klik atau tandai pada pilihan 'I am a new customer'.

  3. Isi semua data yang diminta

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon 3

    Silahkan isi nama dan password yang nantinya akan Anda gunakan untuk log in ke akun Affiliate Amazon.

  4. Masukkan detail tentang diri Anda

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon 4

    Seolah akan membuat KTP baru, Anda akan diminta untuk memasukkan berbagai informasi terkait data diri Anda. Setelah semua terisi klik Next.

  5. Masukkan detail tentang website Anda

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon 5

    Pada tahap ini kita diwajibkan mengisi seluruh data yang berkaitan dengan website, mulai dari nama website, niche website sampai bagaimana cara kita mendatangkan pengunjung ke website, isi saja dengan sebenar-benarnya.

  6. Verifikasi akun Affiliate Amazon

    Bisnis Affiliate Marketing di Amazon 6

    Tahap selanjutnya adalah verifikasi, kita membutuhkan setidaknya 1 no handphone untuk menyelesaikan proses verifikasi pendaftaran akun Affiliate Amazon.

Setelah semua proses selesai, maka kita akan mendapatkan 1 akun amazon yang siap digunakan untuk mulai mejalankan bisnis online affiliate marketing.

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis online affiliate di amazon adalah menentukan product.

Beruntungnya, di Amazon telah disediakan fitur Top Rated yaitu sebuah halaman khusus yang menampung item atau barang-barang yang memiliki kualitas bagus dengan harga terjangkau.

Fitur lain yang tak kalah menarik dari Amazon adalah Today's Deals. Sesuai namanya, halaman ini berisi produk Amazon yang sedang di diskon secara besar-besaran.

Setelah berhasil menentukan produk yang akan dijual, selanjutnya Anda perlu mempromosikan produk tersebut, cara atau tips mempromosikan produk akan saya bahas dibawah, sekarang kita lanjut belajar bisnis affiliate marketing clickbank terlebih dahulu.

Bisnis Affiliate Marketing di Clickbank


Satu lagi situs untuk rekomendasi saya untuk Anda yang ingin memulai bisnis online affiliate marketing. Yap, situs yang saya maksud adalah Clickbank, termasuk salah satu situs affiliate saingan terberat Amazon.

Sebelum memulai bisnis bisnis affiliate marketing di Clickbank, tentu kita harus mendaftar terlebih dahulu, silahkan ikuti panduan membuat akun Clickbank berikut ini.

  1. Kunjungi situs ClickBank

    Bisnis Affiliate Marketing di Clickbank

    Klik pada tombol Create Account untuk mulai membuat akun baru di Clickbank.

  2. Isikan data diri Anda

    Bisnis Affiliate Marketing di Clickbank 2

    Akan ada banyak kolom yang perlu Anda isi, mulai dari nama depan, email, password sampai payee name atau nama yang akan disahkan sebagai penerima bayaran. Lalu click 'Submit Registration'

  3. Selesaikan Survei singkat

    Bisnis Affiliate Marketing di Clickbank 3

    Akan ada survei singkat yang diberikan kepada Anda, isi saja sesuai dengan apa yang terjadi pada Anda, misal pada survei ketiga Anda akan ditanya 'pengalaman dalam bisnis affiliate' jika baru memulai pilih saja 'i'm just starting'.

  4. Verifikasi akun Clickbank Anda

    Bisnis Affiliate Marketing di Clickbank 4

    Buka email yang Anda daftarkan saat pertama mendaftar di clickbank, lalu klik link verifikasi yang dikirimkan oleh pihak Clickabank.

Selesai sudah, setelah tahap verifikasi Anda selesaikan, itu artinya akun Clickbank Anda sudah terverifikasi dan siap digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis affiliate marketing di Clickbank.

Ada satu fitur menarik yang ada pada Clickbank yaitu fitur HopLink untuk memudahkan seller dalam memantau jumlah klik yang terjadi dan juga sebagai link referral yang berlaku selama 60 hari.

Jika Anda tertarik dan ingin belajar bisnis online affiliate marketing clickbank lebih dalam, maka Anda bisa langsung mengunjungi Clickbank Blog's disana dibagikan panduan affiliate marketing secara gratis.

Tips Memulai Bisnis Online Affiliate Marketing Amazon dan Amazon


Selanjutnya akan saya bagikan Tips dalam memulai bisnis online affiliate marketing, yang sebenarnya cukup sederhana, karena kita bisa menggunakan berbagai media dan berbagai macam strategi internet marketing untuk mempromosikan produk yang akan kita jual. Beberapa media yang saya maksud diantaranya adalah :

  1. Gunakan Blog Pribadi

    Kita bisa membuat blog gratisan di wordpress, tumblr atau platform lain. Usahakan isi dari blog tersebut memiliki kesamaan pada produk yang akan dijual, misal Anda ingin jualan kamera, maka blog yang digunakan tersebut juga sebaiknya berisi tutorial fotografi.

    Baca juga panduan lengkap tentang bagaimana Cara Membuat Blog di Blogger.

  2. Buat Toko Online

    Akan jauh lebih baik jika Anda sudah memiliki toko online sendiri, karena produk Amazon yang akan Anda jual bisa menyatu dengan produk-produk lain yang juga dijual di toko online.

    Belum bisa buat toko online ? pelajari caranya disini Cara Membuat Toko Online.

  3. Manfaatkan Facebook Ads

    Metode lain untuk mempromosikan produk affiliate adalah dengan memanfaatkan fitur periklanan Facebook atau biasa disebut Facebook Ads, meski dianggap cukup mahal, namun penghasilan yang Anda dapat dari affiliate amazon, (mungkin) bisa jauh lebih tinggi dari pengeluaran.

  4. Situs Tanya Jawab

    Situs tanya jawab seperti Yahoo Answer! atau Ask merupakan tempat yang tak kalah baik untuk mempromosikan produk affiliate, caranya ? cari pertanyaan yang intinya menanyakan tentang 'dimana tempat beli produk a / b / c ?' tugas Anda selanjutnya adalah menjawab pertanyaan tersebut dan menyisipkan link refferal affiliate pada kolom 'sumber jawaban'.

Selain keempat tips diatas, ada beberapa rekan IMers saya yang menyarankan menggunakan produk Google seperti Blogspot, YouTube atau Adwords. Namun saya tidak menyarankan karena berdasarkan informasi yang saya dapat di Adwords Community pada diskusi tentang Adwords for Amazon?, terdapat larangan untuk mempromosikan produk affiliate menggunakan Adwords, baik yang berasal dari Amazon maupun Clickbank.

Kesimpulan


Jika disimpulkan, Cara Belajar Bisnis Affiliate Marketing adalah dimulai dengan mendaftar ke salah satu situs affiliate, Anda bebas memilih mana situs affiliate yang menurut Anda terbaik, sejauh ini ada 4 situs besar yang menerima affiliate :

  • Amazon (pasar internasional)
  • Clickbank (pasar internasional)
  • Lazada (pasar lokal)
  • Blibli (pasar lokal)

Silahkan Anda putuskan untuk bergabung pada salah satu atau bisa juga semua situs affiliate diatas, selanjutnya adalah mencari produk yang tepat, menggunakan tool gratis berikut ini.

  • Google Trends
  • Amazon Hot Trends

Jika sudah mendapatkan beberapa produk yang akan Anda jual, maka langkah selanjutnya adalah memilih media promosi yang terbaik, seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

  • Blog
  • Online Shop
  • Media Sosial

Mendaftar di situs affiliate sudah, menentukan produk sudah dan memilih tempat promosi juga sudah, itu artinya selesai sudah penjelasan saya tentang Belajar Memulai Bisnis Affiliate Marketing, harapan saya tentu saja Anda bisa segera sukses menjalankan bisnis affiliate marketing baik di Amazon, Clickbank ataupun situs affiliate marketing yang lain.

Saturday, 11 April 2015

Daftar Lengkap Macam Jenis Usaha Bisnis Online Terpercaya

By Danang Novianto | At 04:39 | Label : | 0 Comments
Ada berbagai macam jenis usaha bisnis online yang terdapat di internet, beberapa jenis bisnis online mewajibkan kita untuk membayar terlebih dahulu dengan kata lain kita butuh modal untuk memulai bisnis online tersebut, namun tak sedikit pula jenis usaha bisnis online yang bisa kita mulai tanpa modal sepeserpun atau gratis.

Di artikel ini saya akan membahas keduanya, baik yang berbayar (dengan modal) maupun yang gratis (tanpa modal), dengan tujuan agar Anda bisa memilih mana jenis usaha bisnis online yang terbaik.

Tak hanya itu, disini saya juga akan memfilter satu per satu dari macam-macam jenis usaha bisnis online yang ada sebelum memasukkannya ke dalam list atau daftar, artinya hanya jenis bisnis online terpercaya atau minimal terbukti membayar saja yang akan saya masukkan ke dalam daftar.

Langsung saja, berikut daftar lengkap macam-macam bisnis online terpercaya (karena sudah saya filter) yang bisa Anda kerjakan di rumah.

1. Affiliate Marketing


Affiliate Marketing

Dalam bahasa indonesia kita kenal sebagai bisnis pemasaran afiliasi. Apa itu pemasaran afiliasi ? singkatnya afiliasi adalah bisnis online dengan memasarkan produk orang lain dan di setiap penjualan yang berhasil dibuat, Anda akan mendapatkan komisi.

Komisi yang akan Anda dapatkan bervariasi, tergantung dari harga produk yang berhasil dijual, dengan kata lain semakin mahal harga produk maka komisi yang didapat juga dipastikan akan semakin besar.

Jenis usaha bisnis online affiliate marketing termasuk yang paling digemari oleh para IM (internet marketers). Pasalnya untuk memulai bisnis online affiliate tidak membutuhkan modal sama sekali atau tanpa modal sepeserpun, karena pengiriman produk akan dilakukan secara langsung oleh penjual kepada pembeli, jadi tugas kita hanya mempromosikan produknya saja, bisa melalui media sosial atau toko online.

2. Ads Publishing


Ads Publishing

Jenis bisnis online yang kedua adalah ads publishing atau bisa kita artikan sebagai penerbitan iklan.

Untuk memulai usaha bisnis online ads publishing, Anda memerlukan media untuk menerbitkannya, media yang saya maksud adalah situs pribadi, baik itu situs blog maupun situs online shop.

Khusus untuk Anda yang belum bisa buat blog, silahkan baca Cara Membuat Blog dan untuk Anda yang ingin belajar membuat toko online silahkan pelajari Cara Membuat Toko Online.

Jenis iklan yang bisa Anda pilih pada bisnis ads publishing ada macam-macam, seperti :

  • PPC (Pay Per Click)
  • PPP (Pay Per Post)
  • CPM (Cost Per Million)
  • CPA (Cost Per Action)

Dari namanya saja saya yakin Anda sudah paham perbedaan dari masing-masing jenis iklan Ads Publishing di atas, jadi mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi maksud dari keempat jenis iklan ads publishing tersebut.

3. Blog Flipping


Blog Flipping

Satu lagi cara mendapatkan uang dari blog yaitu dengan menjalankan bisnis online Blog Flipping.

Secara harfiah, kita bisa mengartikan blog flipping sebagai membalik blog, namun maksud atau arti sebenarnya adalah membalik kepemilikan blog atau sederhana nya blog flipping adalah bisnis jual beli blog.

Dalam bisnis blog flipping kita tidak harus membuat blog dari awal, karena kita bisa menggunakan strategi tengkulak, yaitu dengan cara membeli blog langsung dari pemilik asli blog lalu menjualnya kembali kepada orang lain dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga sebelumnya.

Sudah ada banyak situs blog flipping untuk membantu para pelaku bisnis blog flipping menjual atau membeli blog dan yang paling populer saat ini adalah situs jual blog Flippa.

4. Domain Parking


Domain Parking

Konsep atau cara kerja jenis bisnis online Domain Parking tak berbeda jauh dengan Ads Publishing, dimana kita sama-sama akan menampilkan iklan.

Bedanya, pada bisnis online Ads Publishing, si publisher (penerbit iklan) akan menampilkan iklan pada situs yang sudah memiliki konten / artikel, berbeda dengan bisnis online Domain Parking, yang mana si publisher langsung melakukan parking pada domain tersebut tanpa mengisi konten.

Pertanyaan yang sering saya dengar tentang bisnis online domain parking adalah "jika domain tersebut tidak memiliki konten / artikel, lalu siapa yang mau / sudi mengunjungi ?"

Jawaban sederhananya, ya orang yang melakukan kunjungan secara direct dengan cara langsung mengetikkan nama domain tersebut, disinilah kita dituntut untuk membeli domain dengan nama yang mengundang orang untuk membukanya secara langsung.

Bagi yang ingin menjalankan bisnis online domain parking, Anda bisa bergabung dengan program AdSense for Domain yang disediakan eksklusif oleh Google kepada para pemilik domain.

5. Forex Trading


Forex Trading

Jenis bisnis online terakhir sekaligus menjadi salah satu jenis bisnis online yang membutuhkan modal paling tinggi dari semua jenis bisnis online yang sudah saya sebutkan diatas, yap bisnis online yang saya maksud adalah Forex Trading.

Apa yang dimaksud dengan forex ? menurut wikipedia, ForEx adalah singkatan dari Foreign Exchange yaitu salah satu jenis bisnis online dengan melakukan jual beli mata uang (perdagangan mata uang).

Jika Anda tertarik menjadi seorang trader dan ingin memulai bisnis forex trading, pesan saya persiapkan dana dan imbangi dengan keahlian yang cukup jika tidak ingin bangkrut.

Seperti kata pepatah, hasil yang besar membutuhkan pengorbanan yang besar pula. Kata-kata tersebut sangat pas untuk menggambarkan bisnis forex online trading.

Sementara itu dulu daftar peluang usaha bisnis online yang bisa saya bagikan, kedepan akan coba saya lengkapi lagi. Disini saya tidak mewajibkan Anda untuk mencoba berbagai macam jenis usaha online diatas, melainkan pilihlah satu dari sekian banyak jenis bisnis online tersebut yang menurut Anda terbaik dan tentunya sesuaikan juga dengan budget, skill dan passion Anda.

Friday, 3 April 2015

Cara Membuat Template Blog SEO & Mobile Friendly

By Danang Novianto | At 21:05 | Label : | 0 Comments
Menjelang peluncuran algoritma terbaru Google mobilegeddon pada tanggal 21 April mendatang, dimana pada algoritma baru tersebut, Google akan memberikan nilai lebih kepada blog yang memiliki tampilan template mobile Friendly atau blog yang mudah diakses dari browser mobile (handphone / smartphone).

Untuk itu, melalui artikel ini saya ingin mencoba berbagai pengalaman dalam membuat tampilan template blog menjadi Human & SEO Friendly. Jadi bukan hanya baik di mata Google (mesin pencari) namun juga baik di mata Pengunjung.

Tutorial ini sebenarnya dikhususkan untuk pengguna blog blogspot (blogger.com) namun untuk pengguna blog wordpress atau yang lain juga boleh menyimak sebagai tambahan informasi.

Membuat Template Blog SEO & Mobile Friendly


Baik, mungkin langsung saja berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mengoptimalkan template blog mobile menjadi SEO Friendly.

1. Hindari Penggunaan JavaScript pada Template Mobile


Cara Membuat Template Mobile Friendly dengan Menghindari penggunaan JavaScript

JavaScript yang terlalu banyak akan membuat loading blog menjadi lambat, terlebih jika blog tersebut diakses oleh pengguna mobile yang perangkatnya belum mendukung koneksi 3G, bisa-bisa blog Anda akan langsung ditutup sebelum loading selesai.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya sarankan untuk menghindari penggunaan JavaScript atau jika ingin tetap menggunakan JavaScript pastikan JavaScript tersebut hanya berukuran beberapa puluhan kb saja dan tidak mencapai 100 kb, alternatif lain Anda bisa mempelajari cara mengkompress JavaScript pada poin kedua.

2. Perkecil Ukuran CSS, HTML dan JavaScript


Cara Membuat Template Mobile Friendly dengan Memperkecil Ukuran Kode CSS HTML dan JavaScript

Ukuran kode CSS, HTML atau JavaScript memang tidak begitu besar, namun untuk mendapatkan hasil maksimal, kita tetap harus mengkompressnya atau dalam bahasa inggris disebut mintify, caranya dengan menggunakan extension PageSpeed Insights Chrome Extension yang bisa Anda unduh secara gratis di Chrome Web Store.

Untuk mendapatkan hasil file dengan ukuran yang lebih kecil / daya kompres yang lebih maksimal, bisa dikolaborasikan dengan YUI Compressor.

Dengan mengkompres kode-kode tersebut, load blog dijamin akan lebih cepat, karena ukuran kode CSS, HTML ataupun JavaScript yang akan di render lebih kecil dari sebelumnya.

3. Jangan Memasang Iklan Terlalu Banyak Pada Header


Cara Membuat Template Mobile Friendly dengan Tidak Memasang Iklan berlebihan

Lebih tepatnya jangan memasang iklan dengan ukuran yang terlalu besar pada bagian header blog, karena ada istilah 'above the fold' jadi jangan sampai iklan yang Anda pasang menutupi konten / artikel yang Anda buat.

Masalah seperti ini biasanya terjadi pada template mobile, karena diameter dari template mobile yang lebih kecil dari template desktop membuat iklan yang tampil menjadi terlalu besar atau bahkan melampaui garis pembatas konten.

Ada masalah tentu ada solusi, untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menggunakan iklan responsive atau iklan yang mampu menyesuaikan besar kecilnya layar, jika diakses dari perangkat mobile (layar kecil) maka iklan juga akan menyusut begitu pula jika diakses melalui perangkat desktop (pc / laptop).

4. Menggunakan Template Responsive


Cara Membuat Template Mobile Friendly dengan menggunakan Template Responsive

Situs blog yang menggunakan template responsive dan tidak melakukan redirect pengguna mobile ke url lain, maka blog tersebut sudah bisa dikatakan mobile friendly.

Maksud dari 'tidak melakukan redirect' adalah menempatkan pengguna mobile pada satu halaman yang sama dengan pengguna desktop.

Contoh sederhananya, misal Anda punya blog dengan nama domain siblog.com, jangan sampai Anda membuat halaman khusus seperti mobile.siblog.com sebagai tempat untuk menampung pengguna mobile, contoh lain adalah penambahan URL ?m=1 yang digunakan oleh blogger, hal tersebut dinilai tidak mobile friendly.

Informasi ini saya dapatkan dari panduan membuat template untuk pengguna smartphone yang ditulis secara resmi oleh Google pada artikelnya yang berjudul Recommendations for building smartphone-optimized websites.

Tool Untuk Mengecek Template Mobile Friendly


Webmaster Mobile-Friendly Test

Jika selama ini Anda hanya menggunakan tool Page Speed Insight dari Google untuk mengecek performa situs baik dari segi speed / user experience, maka ada kabar baik untuk Anda, karena kini Google telah meluncurkan tool baru untuk lebih mengoptimalkan tampilan template mobile menjadi lebih SEO Friendly.

Tool yang saya maksud adalah Webmaster Mobile-Friendly Test yang dikhususkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung blog dengan perangkat mobile.

Selanjutnya silahkan Anda baca : Cara Membuat Blog

Sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang harus diperhatikan oleh para webmaster agar template mobile yang digunakan menjadi SEO Friendly, namun sementara itu dulu yang bisa saya bagikan, jika ada kesempatan akan saya update lagi, selamat mencoba dan selamat datang di Era Mobile Web.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger