Tuesday, 24 November 2015

5 Cara Membangun Model Bisnis Yang Benar di Era Digital

Cara Membangun Model Bisnis Yang Benar di Era Digital

Membangun ataupun mengembangkan bisnis di era digital merupakan poin penting yang harus diketahui oleh para pemilik bisnis agar mereka dapat mempertahankan eksistensi bisnis yang telah dijalankan.

Ada beberapa alasan kenapa para pebisnis sebaiknya turut mengembangkan bisnis mereka melalui media digital dan alasan yang paling kuat adalah karena pada era digital seperti sekarang ini persebaran informasi bisa dilakukan lebih cepat, lebih mudah dan tentunya jauh lebih murah.

Hal ini didukung dengan pernyataan dari salah seorang pemasar internasional, Peter Drucker, yang mengatakan bahwa didalam bisnis hanya dua hal, pemasaran dan inovasi, tanpa salah satunya maka bisnis tidak akan bisa berkembang ataupun hanya sekedar bertahan.

Inovasi inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita pada artikel kali ini. Dan disini saya sudah menyediakan setidaknya 7 cara membangun bisnis di era digital. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Toko Online, Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan


Toko Online

Dari sisi buyer maupun seller, toko online sama-sama memberikan manfaat yang besar. Dilihat dari sisi buyer, jelas toko online akan memudahkan mereka dalam mencari produk yang mereka inginkan dengan hanya memasukkan frasa pada kotak pencarian. Di sisi seller, toko online dapat meningkat kredibilitas dan jangkauan bisnis.

Bisnis digital pastilah membutuhkan pula media digital dan toko online inilah menurut saya menjadi salah satu media wajib yang sebaiknya dimiliki oleh tiap pebisnis. Jika Anda belum punya toko online dan berniat untuk membuatnya silahkan baca panduan lengkapnya disini Cara Membuat Toko Online.

2. Konten Visual, Menunjukan Estetika Bisnis Anda Yang Sebenarnya


Konten Visual

Di era digital seperti sekarang ini, konten yang paling diperhatikan oleh buyer adalah design visual. Desain toko online yang menarik akan membuat mereka dengan senang hati untuk kembali mengunjungi toko online Anda.

Jadi jangan heran, jika hampir semua perusahaan besar rela menggaji para desainernya dengan gaji yang tinggi, karena pada dasarnya konten visual inilah yang akan menjadi magnet bagi para calon pelanggan baru. Konten visual yang menarik juga menjadi kunci untuk mendapatkan efek viral.

3. Media Sosial, Media Pemasaran Yang Efektif dan Efisien


Media Sosial

Penetrasi bisnis melalui media sosial merupakan poin utama yang harus Anda perhatikan untuk melakukan pemasaran yang efektif dan efisien di era digital. Jumlah pengguna media sosial yang begitu besar juga menjadi alasan kuat mengapa Anda harus memanfaatkan media online yang satu ini.

Berpromosi di media sosial juga akan membantu Anda untuk terhubung bukan hanya kepada buyer tapi juga ke sesama seller, hal ini akan membuat relasi bisnis Anda menjadi lebih luas dan tidak menutup kemungkinan akan menambah partner baru yang siap untuk mengembangkan bisnis bersama Anda.

4. Saling Promosi, Cara Promosi Yang Tepat di Era Digitalisasi


Saling Promosi

Bagi Anda yang sudah lama melakukan media social marketing, tentunya tidak akan asing dengan salah satu teknik pemasaran yang satu ini. Teknik pemasaran ini biasa digunakan di berbagai media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun Instagram.

Ya, dengan saling mempromosikan produk sesama seller atau sering disebut salprom (saling promosi), jelas akan sangat membantu Anda dalam menjangkau lebih banyak pelanggan terlebih bagi Anda yang melakukan salprom dengan seller yang memiliki jumlah follower yang besar.

5. Mobile Marketing, Pasar Yang Sangat Potensial di Era Digital


Mobile Marketing

Dewasa ini pasar mobile bisa dibilang yang paling potensial, mengingat jumlah pengguna android saat ini yang mencapai miliaran jiwa, membuat mobile marketing menjadi saranan promosi yang wajib dikuasai bagi pebisnis digital.

Dengan membangun blog atau toko online berbasis mobile (responsive) maka akan membantu Anda dalam melakukan penterasi bisnis pada pengguna mobile. Template blog responsive dengan desain yang keren bisa Anda dapatkan secara gratis disini 5 Template Blog Responsive.

Beberapa contoh model bisnis diataslah yang perlu diperhatikan untung bisa bersaing atau sekedar mempertahankan bisnis di era digital seperti sekarang ini. Jika disimpulkan maka inti dari membangun bisnis di era digital yang benar adalah dengan cara menggunakan dan memanfaatkan media online yang ada secara maksimal.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger