Monday, 5 October 2015

Inspirasi Bisnis Untuk Anak Muda Dari Pebisnis Sukses

Inspirasi bisnis bisa didapat dari mana saja, tapi motivasi sesungguhnya hanya bisa didapat dari diri sendiri. Kalimat ringan dari Billy Boen tersebut seakan menampar orang-orang (khususnya anak muda) yang pesimis sebelum memulai bisnis lantaran tak kunjung mendapatkan ide bisnis.

Sekilas tidak ada yang salah dengan pernyataan tersebut, dimana inspirasi bisnis pada dasarnya memang bisa didapat dari mana saja, namun masalahnya adalah untuk mendapatkan inspirasi bisnis tersebut kita tidak bisa berdiam diri, melainkan harus melakukan sebuah aksi.

Browsing di internet atau mencari informasinya melalui Google merupakan aksi yang paling tepat dalam mencari inspirasi bisnis. Karena, Anda bisa mendapatkan ribuan artikel tentang inspirasi bisnis yang tentunya bersumber darimana saja, tidak harus dari para pebisnis sukses.

Tapi karena judul artikel ini adalah inspirasi bisnis dari pebisnis sukses, maka saya buat pengecualian tentang sumber inspirasi bisnis, yang mana hanya akan saya batasi berdasarkan sumber dari para pebisnis sukses.

Alasan mengapa hanya bersumber dari pebisnis sukses sebenarnya sederhana, karena pebisnis sukses pastilah memiliki skill yang mumpuni dalam berbisnis (dibidangnya) dan tentunya hal ini patut kita jadikan panutan dalam menjalankan bisnis, karena mereka sudah terbukti mampu untuk memulai dan mejalankan bisnis hingga mencapai kesuksesan.

1. Andrew Darwis


Pebisnis Sukses Andrew Darwis

Lahir di Jakarta pada 20 Juli 1979. Andrew Darwis adalah salah satu pendiri situs KasKus, kegigihannya dalam mengembangkan situs komunitas terbesar di Indonesia KasKus layak diacungi jempol dan patut dijadikan inspirasi bagi anak muda.

"Fix the problems, find the solutions!" kalimat Andrew Darwis tersebut secara tidak langsung mengajak para pebisnis untuk memiliki mental persistence dalam dirinya, mental yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah.

Ide mendirikan situs KasKus berawal dari tugas seorang dosen yang memintanya untuk membuat sebuah program dalam dari free software. Modal yang dikeluarkan Andrew saat mendirikan KasKus adalah US$ 3 yang dipakainya untuk membeli server.

Dibantu dengan kedua rekannya Ronald Stephanus dan juga Budi Dharmawan, Andrew memperkenalkan KasKus dari rumah ke rumah atau istilahnya door to door. Perjuangan tersebut tidaklah sia-sia, karena kini KasKus telah memiliki lebih dari 5 juta member.

Berkat KasKus pulalah nama Indonesia di bidang teknologi degital mulai dikenal dunia, bahkan Yahoo dan Google sempat memberikan penawaran untuk membeli KasKus dengan nilai yang terbilang fantastis yaitu US$ 50 juta, namun permintaan tersebut ditolak. “Bukannya enggan menerima tawaran tersebut, hanya saja bila melakukan kerjasama kami menginginkan ada kesamaan visi dan misi yang nantinya akan membawa KasKus ke arah yang lebih baik lagi” ujar Andrew.

2. Jeff Bezos


Pebisnis Sukses Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri situs perdagangan retail terbesar di dunia, ya benar situs yang saya maksud adalah Amazon. Perjalanan karirnya dimulai ketika ia lulus dari universitas Princeton 1986 dan mulai bekerja di Wall Street, perusahaan yang bergerak di bidang jurnalisme.

Ketiadaan katalog lengkap tentang buka dilihat oleh Jeff sebagai sebuah peluang bisnis, dari situlah Jeff mendapat inspirasi untuk mendirikan situs Amazon, situs yang awalnya hanya berisi informasi tentang berbagai produk buku, namun kini sudah berkembang pesat di berbagai bidang.

Awal mula ia menjalankan bisnis online dimulainya ketika mendirikan situs Amazon pada tahun 1994, karena terkendala tempat, Jeff akhirnya berinisiatif untuk menjadikan garasi miliknya sebagai tempat kerja.

Untuk memulai bisnis online tanpa modal, silahkan pelajari Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing di Amazon & Clickbank.

3. Mark Zuckerberg


Pebisnis Sukses Mark Zuckerberg

Ada banyak pengguna Facebook di Indonesia, tetapi hanya sedikit yang tau kisah dari pendirinya Mark Zuckerberg. Zuck, pria kelahiran 1984 di kota New York, Amerika Serikat ini awalnya hanya berniat untuk membuat situs perteman untuk mengubungkan teman-teman kampusnya yang ada di Harvard University.

Perkembangan Facebook yang dinilai oleh Zuck berkembang begitu cepat, membuatnya fokus untuk terus mengembangkannya, hal ini pulalah yang membuat ia keteteran untuk membagi waktu antara belajar dan mengembangkan proyek Facebook.

Pada puncaknya, Zuck memutuskan untuk keluar dari kampus dan lebih memilih untuk mengembangkan proyek Facebook beserta kedua rekannya. Pilihannya ternyata tepat, perkembangan Facebook semkain cepat, dimana saat itu penggunanya telah mencakup pengguna di seluruh dunia.

Kesuksesan Mark dalam mengembangkan Facebook, membuatnya mendapat gelar The Youngest ‘Self-made’ Billionaire on the Planet. Dengan total kekayaan saat ini mencapai 38.6 juta dollar amerika atau setara dengan 564 triliun rupiah.

4. Marissa Ann Mayer


Pebisnis Sukses Marissa Ann Mayer

Marissa Ann Mayer atau lebih dikenal dengan Marissa Mayer adalah CEO dari salah satu situs email terbesar di dunia, Yahoo!. Posisi tersebut didukinya pada tahun 2012, artinya Marissa telah 3 Tahun dipercaya untuk menjabat sebagai CEO Yahoo!.

Awal karir Marissa dimulai sejak lulus dari universitas Stanford, dimana ia mendapat 14 tawaran pekerjaan dan pada akhirnya memilih untuk bekerja di Google pada tahun 1999 dengan jabatan insinyur dan sekaligus menjadikannya sebagai insinyur wanita pertama.

Karirnya di Google bisa dibilang sangat sukses, karena pada tahun 2015 mayer mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Vice President of Google Product Search.

Dan awal karirnya di Yahoo! dimulai ketika tahun 2012, saat itu Marissa ditetapkan sebagai Presiden dan CEO Yahoo!. Langkah awal Marissa di Yahoo! adalah mengakuisisi Tumblr pada bulan Mei 2013 dengan nilai akuisisi sebesar $1,1 billion.

Pada bulan September 2013 atau sejak 14 bulan kepemimpian Marissa, tercatat harga saham Yahoo! naik hingga 2x lipat.

Keempat sosok pebisnis sukses diatas hendaknya bisa dijadikan sebuah inspirasi bagi anak muda untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis, karena Indonesia butuh lebih banyak pebisnis / pengusaha. Jika Anda terkendala modal, maka saran saya silahkan pelajari bisnis sampingan dengan modal kecil.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger