Thursday, 3 September 2015

6 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Efektif

Dalam menjalankan bisnis, hal utama yang harus Anda persiapkan selain modal adalah strategi pemasaran. Tanpa adanya strategi yang jelas, maka besar kemungkinan bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang.

Disinilah pentingnya sebuah strategi pemasaran yang efektif karena akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan produk yang dijual dan pada akhirnya akan membuat omset / pendapatan bisnis Anda mengalami peningkatan.

Untuk membantu Anda dalam meningkatkan penjualan, maka di artikel ini saya sudah menuliskan setidaknya 6 strategi pemasaran yang paling efektif. Efektif disini maksudnya adalah strategi pemasaran yang tidak memerlukan banyak modal namun tetap mampu menargetkan sesuai dengan pasar yang kita inginkan.

Mungkin cukup basa-basinya, sekarang mari kita bahas satu per satu dari keenam strategi pemasaran yang saya anggap paling efektif.

1. Berikan Jaminan Uang Kembali


Jika Anda pernah mendengar kalimat "tidak ada penjual yang mau rugi" maka hal tersebut juga berlaku untuk pembeli, dimana pada dasarnya "tidak ada pembeli yang ingin rugi".

Dengan memberikan jaminan atau garansi, maka secara tidak langsung hal tersebut akan membantu meyakinkan pembeli kalau mereka tidak akan rugi membeli produk yang Anda jual.

Memberikan jaminan juga bisa kita jadikan sebagai ajang pembuktian bahwa apa yang kita jual benar-benar produk yang berkualitas dan bukan produk abal-abal.

2. Sertakan Testimonial Dari Pelanggan


Testimonial bukan hanya membantu dalam hal branding saja, namun juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karena tentunya dengan adanya testimonal akan memberikan kesan aman.

Namun dalam menyertakan testimonial sebaiknya tidak hanya berupa kata-kata yang Anda tulis saja karena jauh lebih baik dan tentunya akan lebih menyakinkan jika disertai dengan screenshot.

Kunci untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan melalui testimonial sebenarnya sangat sederhana, dimana jumlah testimonial akan berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan artinya semakin banyak testimonial positif yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi pula kepercayaan pelanggan.

3. Fokuskan Pada Solusi


Pelanggan sebenarnya hanya menginginkan solusi atas masalah yang mereka hadapi, jadi cobalah untuk memposisikan produk yang Anda jual sebagai sebuah solusi.

Disinilah sebenarnya kunci sukses pemasaran, dimana Anda dituntut untuk membuat produk yang benar-benar mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Sederhananya begini, dalam menjalankan bisnis, fokus yang harus kita pikirkan pertama kali adalah haruslah mampu memberikan apa yang mereka inginkan.

4. Gunakan Strategi Pemasaran Yang Berkaitan


Strategi pemasaran yang berkaitan atau sering juga disebut dengan istilah cross selling merupakan teknik menjual 2 produk dalam satu waktu. Mudahnya, jika Anda menjual produk A maka tawarkan juga produk B yang masih berkaitan dengan produk A.

Dengan menggunakan strategi pemasaran seperti ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan hingga 2x lipat, dengan catatan 2 produk yang dipasarkan memiliki kaitan yang tinggi atau saling membutuhkan.

Saya contohkan jika Anda menjalankan bisnis jual beli laptop, maka pertimbangkan juga untuk menambah stok mouse, modem atau keyboard, lalu cobalah untuk menjualnya dalam 1 paket.

5. Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan


Tugas seorang penjual sebenarnya tidak hanya sebatas menjual produk saja, namun juga harus mampu terus menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Karena dari para pelanggan inilah Anda akan mendapatkan feedback yang tentunya sangat bermanfaat untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik.

Jadi sebisa mungkin cobalah untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

6. Berikan Giveaway


Dengan mengadakan acara giveaway, maka bisa dipastikan akan ada banyak orang berkumpul, dari mulai yang benar-benar ingin mendapatkan barang yang Anda tawarkan sampai mereka yang hanya ikut-ikutan saja.

Ini adalah cara promosi produk yang bisa dibilang memiliki tingkat kesuksesan paling tinggi, karena tak bisa dipungkiri bahwa tiap orang pasti suka yang namanya Gratisan.

Untuk mendapatkan efek viral yang lebih besar, Anda bisa mencoba mengadakan acara giveaway secara online, misalnya melalui media sosial Facebook atau Twitter dengan cara mewajibkan para pengguna media sosial tersebut untuk men-share postingan yang Anda buat.

Lebih jelasnya tentang cara promosi online khususnya melalui Facebook, silahkan Anda pelajari selengkapnya melalui artikel saya sebelumnya cara promosi di Facebook.

Menemukan strategi pemasaran yang efektif memang bukanlah hal yang mudah karena diperlukan berbagai percobaan atau istilah marketingnya A/B Testing, karena seperti yang kita ketahui straegi pemasaran untuk tiap-tiap produk pastinya tidaklah sama atau dengan kata lain, untuk produk A mungkin akan berhasil dengan strategi marketing B sementara untuk produk B mungkin akan sukses jika dipasarakan dengan strategi marketing C.

Jadi tidak ada klaim yang mengatakan bahwa strategi pemasaran A jauh lebih baik dari B dan juga sebaliknya.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger