Monday, 10 August 2015

7 Situs Online E-Commerce Indonesia Dengan Konsep Marketplace

Dulu sewaktu saya masih aktif menjalankan bisnis affiliate marketing, situs online e-commerce merupakan tempat yang nyaris tiap hari saya kunjungi, untuk memasang iklan baru atau hanya sekedar mengecek pesan masuk dari customer.

Dari situ lah, sedikit banyak saya mulai mengenal beragam situs online e-commerce yang ada di Indonesia, dengan konsep marketplace-nya masing-masing.

Tiap situs marketplace online memiliki style / gayanya sendiri, meskipun pada dasarnya tujuan mereka sama yaitu untuk menyediakan tempat transaksi jual beli yang nyaman bagi penjual maupun pembeli.

Melalui artikel ini, saya ingin berbagi kepada Anda, tentang apa yang saya ketahui mengenai berbagai macam situs online e-commerce yang ada di Indonesia.

1. Tokopedia


Tokopedia

Dari sekian banyak situs marketplace yang pernah saya coba, tidak salah rasanya jika saya menempatkan Tokopedia pada urutan pertama sebagai situs marketplace terbaik di Indonesia (versi saya).

Ada 2 alasan yang mendasari pernyataan saya diatas, alasan pertama adalah karena mudahnya proses pemasangan iklan, seperti yang kita semua ketahui, pada situs marketplace Tokopedia, kita mempunyai kendali penuh atas toko atau lapak yang kita dirikan. Jadi sewaktu memasang iklan, maka iklan tersebut akan langsung muncul saat itu juga.

Alasan kedua adalah jumlah pengunjung yang sangat banyak. Tercatat pada bulan Juli 2015 ada lebih dari 10 juta orang yang mengunjungi situs e-commerce terbesar di indonesia ini.

Traffic Tokopedia

Tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung Tokopedia akan terus naik, mengingat semakin banyaknya masyarakat yang mulai memilih untuk 'belanja modern' melalui situs online e-commerce dengan segala kemudahan dan keamanannya dibandingkan dengan 'belanja tradisional' yang terbilang ribet.

Jika Anda tertarik untuk mencoba berjualan di Tokopedia, silahkan baca panduannya Cara Jualan Dengan Online Shop Gratis Tokopedia.

2. Elevenia


Elevenia

Elevenia adalah situs e-commerce yang dikembangkan oleh dua perusahaan telekomnuikasi PT XL Axiata dan SK Planet ltd. Jadi jangan heran jika Anda sering melihat iklan Elevenia di TV, karena memang dari segi dana sangat kuat sekali lantaran didanai oleh perusahan besar.

Situs e-commerce Elevenia tidak jauh berbeda dengan Tokopedia, dimana seller atau penjual akan diberikan semacam store atau toko untuk membuka lapak yang bisa ia gunakan untuk menjual barang dagangannya.

Seller Elevenia

Yang unik dari Elevenia adalah pembagian jenis seller. Secara garis besar ada tiga jenis seller yang ada di Elevenia :

  • Individual Seller : Penjual yang tidak terdaftar sebagai perusahaan
  • Business Seller : Penjual pemegang ijin usaha
  • Global Seller : Penjual dari luar Indonesia

Saya tidak tahu pasti apakah ada perbedaan layanan yang diberikan antar ketiga jenis seller, namun yang pasti, ketiga apapun jenis seller yang Anda pilih, biaya pendaftarannya adalah sama, yaitu sama-sama gratis.

3. OLX Indonesia


OLX Indonesia

OLX adalah salah satu situs e-commerce dengan konsep marketplace terbesar bukan hanya di Indonesia namun juga se-Asia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya cabang yang didirikan oleh OLX di berbagai negara.

Setidaknya OLX sudah membuka cabang di lebih dari 106 negara dan situs e-commerce OLX Indonesia merupakan yang paling sukses karena merupakan hasil gabungan dari dua situs e-commerce raksasa yang namanya sudah tidka asing lagi, yaitu Tokobagus dan Berniaga.

Situs jual beli online OLX.co.id memiliki setidaknya 10 Kategori dan ada puluhan sub-kategori pada tiap kategorinya, dengan kata lain, ada berbagai macam jenis barang atau produk yang bisa Anda dapatkan di OLX, mulai dari Properti (tanah, apartemen, rumah) sampai Keperluan Pribadi seperti perhiasaan, aksesoris, dll.

Pasang iklan online di OLX tidaklah semudah memasang iklan di situs marketplace kebanyakan, karena disini tidak mengenal istilah Online Store pribadi, jadi semua barang akan terkumpul dalam masing-masing Kategori.

Inilah yang menjadi alasan mengapa iklan yang tampil di OLX terlihat benar-benar seperti iklan (tidak iklan asal-asalan), karena memang jika kita ingin memasang iklan di OLX akan ada tahapan review terlebih dahulu sebelum iklan yang Anda pasang terpublikasikan.

4. BukaLapak


BukaLapak

Konsep situs e-commerce BukaLapak tidak jauh berbeda dengan Tokopedia. Bedanya, di BukaLapak ada semacam dompet virtual yang diberi nama Bukadompet yang merupakan salah satu dari 5 metode pembayaran yang diberikan oleh situs marketplace Buka Lapak.

Sistem pada situs BukaLapak, bisa dibilang sangat menguntungkan dua belah pihak, baik dari pihak Pembeli maupun Pelapak, karena posisi Buka Lapak disini semacam rekber atau pihak ketiga yang memastikan bahwa transaksi antara pelapak dan pembeli berjalan dengan lancar.

Dan yang saya suka dari BukaLapak adalah adanya fitur Reputasi. Sesuai namanya, fitur ini akan menghitung berapa banyak feedback positif / negatif yang diberikan oleh pelanggan Anda. Semakin banyak feedback positif maka reputasi kita akan semakin baik dengan begitu buyer atau calon pelanggan akan semakin yakin untuk membeli barang / produk yang kita jual.

5. Qoo10 Indonesia


Qoo10 Indonesia

Namanya mungkin tidak setenar, keempat situs online e-commerce yang sudah saya sebutkan diatas, namun jangan salah, meski demikian, Qoo10 termasuk salah satu online marketplace dengan pertumbuhan paling cepat dunia.

Situs Qoo10 Indonesia sebenarnya lebih dari situs untuk jual beli online, karena di situs ini kita juga akan diajakarkan bagaimana cara menjadi penjual sukses melalui berbagai halaman yang sudah disediakan oleh pihak Qoo10 seperti misalnya :

  • Success Stories : Berisi kisah para penjual sukses berkat situs Qoo10
  • Tips Menjual : Panduan untuk para penjual pemula agar bisa sukses

Sekedar informasi saja, bahwa Qoo10 Indonesia bermitra dengan Yahoo! Indonesia jadi hampir bisa dipastikan bahwa kualitas dari situs marketplace Qoo10 tidak main-main.

6. Blanja


Blanja

Blanja adalah situs online marketplace hasil join venture antara Telkom Indonesia dan eBay yang saat ini memiliki lebih dari 1 juta produk yang dijual oleh lebih dari 1.000 penjual.

Dari data tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa potensi menjadi penjual di Blanja masih terbuka lebar, karena dari sisi persaingan terbilang smasih 'sedikit'.

Blanja juga memiliki sistem pembayarannya sendiri yang mereka beri nama TCash (Telkomsel Cash) sistemnya adalah dengan melakukan deposit terlebih dahulu, bisa melalui kartu kredit atau kartu debit, setelah saldo masuk, selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk membayar Merchant.

Keuntungan dari menggunakan TCash adalah adanya diskon spesial yang hanya akan diberikan untuk mereka yang melakukan pembayaran melalui metode TCash.

7. Zalora Indonesia


Zalora Indonesia

Zalora merupakan situs toko online fashion yang juga menyediakan marketplace untuk penjual yang ingin memasarkan produk fashion mereka.

Di Zalora Anda hanya akan menemukan produk fashion saja, seperti baju, celana, tas, jam tangan, aksesoris. Karena memang fokus dari Zalora adalah menjadi situs e-commerce fashion terbesar.

Jika Anda berfikir bahwa Zalora memiliki nama yang hampir sama dengan Lazada hal tersebut wajar saja, karena memang keduanya berada pada satu perusahaan yang sama yaitu Rocket Internet.

Jadi untuk cabangnya juga hampir sama dengan Lazada, dimana situs e-commerce Zalora juga bisa kita temui di ketujuh negara, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei.

Ketujuh situs online e-commerce diatas pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi silahkan Anda coba dan bandingkan sendiri antara situs marketplace diatas agar bisa merasakan sendiri mana situs online e-commerce terbaik di Indonesia (versi Anda).
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger