Monday, 27 July 2015

Kerja Dari Rumah Dengan Sistem Part Time Yang Betul

Kerja Dari Rumah

Kerja dari rumah kini bukan lagi sesuatu yang asing, bahkan bisa dibilang sudah jamak kita temukan, khususnya di kota-kota besar.

Anda pun sebenarnya juga bisa memulai usaha / bisnis, hanya dengan bekerja dari rumah.

Ada banyak contoh pekerjaan yang bisa kita kerjakan dari rumah. Melalui artikel inilah saya akan berbagi kepada Anda apa saja contoh usaha sampingan atau lebih dikenal dengan kerja part time.

Namun, sebelumnya saya akan menjelaskan pada Anda bagaimana cara kerja dari rumah yang betul.

Perlu dicatat pula bahwa, hampir semua usaha rumahan atau pekerjaan yang dilakukan dari rumah, mayoritas bisa dikerjakan secara part time (paruh waktu) dan hampir tanpa modal. Jadi sangat cocok untuk Ibu Rumah Tangga, PNS atau bahkan Pelajar sekalipun.

Baik, mari kita pelajari bagaimana langkah-langkah agar kita bisa kerja part time dari rumah.

1. Pilih Jenis Pekerjaan


Seperti yang saya katakan di awal, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. Saya contohkan, misalnya untuk ibu rumah tangga, dimana Anda bisa memulai dengan menjalankan usaha pembuatan roti, lalu untuk sistem promosinya bisa menggunakan internet atau lebih tepatnya melalui media sosial.

Sebagai referensi, berikut adalah contoh pekerjaan lain yang bisa Anda kerjakan dari rumah :


Kesemua pekerjaan diatas bisa dikerjakan secara online, intinya disini adalah memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan pasion dan yang sesuai dengan kehalian Anda.

2. Lakukan Studi Kelayakan Bisnis


Ada cara paling mudah, bahkan bisa dibilang yang paling murah untuk melakukan studi kelayakan bisnis yaitu dengan menanyakan tiga pertanyaan berikut ini :

  • Apa ada orang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan ?
  • Berapa keuntungan minimal yang mungkin Anda dapatkan ?
  • Berapa jumlah kompetitor yang akan Anda hadapi ?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan diatas mengindikasikan sinyal atau indikator positif, maka bisa saya katakan bahwa bisnis yang Anda pilih tersebut layak untuk dijalankan.

3. Cari Target Market


Meski konteks kita disini adalah bekerja dari rumah, namun bukan berarti pangsa pasar Anda terbatas untuk masyarakat setempat, karena sebenarnya Anda bisa melebarkannya dengan cara bisnis online, jadi target market Anda bisa lebih luas, bahkan bisa sampai pasar luar negeri.

Cara untuk melakukan market research atau mencari target pasar pada bisnis bisa dengan menggunakan beberapa alat yang disediakan oleh Google.

Alat yang saya maksud tersebut diantaranya adalah :

  • Google Keyword Planner : untuk mencari tau berapa banyak jumlah peminat suatu produk
  • Google Trends : untuk mencari tau apa yang sedang menjadi tren di banyak dunia (termasuk indonesia)

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menggunakan kedua alat diatas. Untuk lebih jelasnya bagaiamana cara menggunakan kedua alat tersebut bisa Anda pelajari disini Cara Menggunakan Google Keyword Planner.

4. Persiapkan Identitas Bisnis Anda


Dalam bisnis apapun, termasuk Anda yang menjalankan bisnis rumahan, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan identitas bisnis, fungsinya adalah sebagai pembeda dan sekaligus menjadi ciri khas pada bisnis Anda.

Identitas bisnis mencakup beberapa hal, seperti :

  • Nama Perusahaan
  • Logo
  • Motto

Dan lain sebaginya, semakin unik dan bermakna identias bisnis Anda, maka orang akan semakin yakin untuk menggunakan produk yang Anda jual atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

5. Pikirkan Strategi Promosi Bisnis


Strategi promosi bisnis yang sangat efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan media sosial, seperti facebook misalnya (baca: cara promosi di facebook).

Alasan saya kenapa memilih cara promosi produk secara online menggunakan media sosial adalah karena beberapa faktor :

  • Biaya
  • Tenaga
  • Jangkauan

Soal biaya tentu Anda tau bahwa promosi di Facebook atau media sosial lain, tidak dipungut biaya, sementara soal tenaga jelas lebih mudah karena hanya perlu klak klik, dan soal jangkauan tidak bisa diragukan lagi, karena media sosial ini sifatnya global.

Alternatif metode strategi promosi bisnis lain yang tak kalah efektif adalah dengan toko online. Selain terlihat lebih profesional, peluang untuk mendapatkan pelanggan akan terbuka lebih lebar, jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari Cara Membuat Toko Online.

6. Lakukan Manajemen Bisnis Yang bagus


Manajemen disini meliputi berbagai hal, baik menyangkut soal keuangan, kinerja dan disiplin waktu.

Perlu dicatat bahwa, meskipun kerja dari rumah dengan sistem part time dan hanya sekelas rumahan, namun bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam menjalankannya, karena tanpa manajemen yang baik, maka bisa dipastikan bisnis yang Anda jalankan akan susah untuk bertahan.

Buatlah pula master plan bisnis yang nantinya akan sangat membantu Anda dalam melewati masalah-masalah yang akan Anda hadapi selama menjalankan bisnis.

Kesimpulan


Jika disimpulkan, maka konsep dari kerja di rumah sebenarnya sangat sederhana yaitu diawali dengan memilih jenis bisnis >> mencari target market >> mempersiapkan identitas bisnis >> melakukan promosi dan diakhir dengan melakukan manajemen yang baik.

Dalam menjalankan bisnis rumahan atau kerja dari rumah, bukan berarti hasil yang didapat lebih kecil dari gaji karyawan perusahaaan, bahkan jika mau Anda bisa melebihinya ratusan kali, karena prinsipnya adalah jika kita merasa kurang dengan pemasukan dari 1 bisnis yang dijalankan, maka kita menambahkan 1 binis baru untuk dikerjakan.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger