Thursday, 14 May 2015

10 Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Cara Agar Blog Tampil di Halaman Pertama Google

Setiap blogger tentu ingin setiap postingan blog yang ia buat bisa tampil di halaman pertama Google bukan ? namun masalahnya tidak banyak yang tahu bagaimana caranya.

Nah, melalui artikel ini saya ingin mencoba berbagi trik SEO terbaru agar postingan blog bisa tampil di halaman pertama Google yang terbukti aman dari serangan 'hewan peliharaan' Google seperti Panda, Penguin dan Hummingbird.

Trik SEO yang akan saya bagikan ini sebenarnya kombinasi trik SEO jadul dan trik SEO terbaru (setelah era algoritma Mobilegeddon) jadi kevalidan dari informasi pada artikel ini bisa dibilang cukup tinggi meski saya tidak berani menjamin 100%.

Oke, cukup basa-basinya, langsung saja silahkan Anda simak bagaimana cara agar blog tampil di halaman pertama google berdasarkan pengalaman saya selama 2 tahun menjadi seorang blogger.

1. Riset Keyword


Mulailah dengan melakukan riset keyword. Ada berbagai macam tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keywords dan kabar baiknya mayoritas bersifat gratis, sebagai contoh adalah :
  • KeywordPlanner
  • KeywordTool
  • Ubbersuggest

Selain bebas memilih mana tools yang Anda pilih untuk melakukan riset keyword, Anda pun juga bebas menentukan keyword mana yang ingin Anda tembak untuk dijadikan sebuah artikel, namun pastikan keyword tersebut memiliki tingkat persaingan yang masuk akal.

  • Contoh keyword dengan persaingan yang masuk akal :
    Cara mengobati blabla, Cara menjaga kesehatan blabla, Cara mendapatkan blabla, DLL
  • Contoh keyword dengan persaingan tidak masuk akal :
    Tiket pesawat online, Toko online, Jual beli online, Belanja online, DLL

Tingkat persaingan keyword bisa Anda lihat dengan cara mengetikkan "allintitle: keyword" di Google, lalu lihat jumlah hasil pencarian, jika berada di atas 10.000 maka bisa dikategorikan berat, diantara 5.000 - 9.999 tergolong sedang, dan untuk jumlahh pencarian dibawah 5000 termasuk dalam persaingan mudah.

2. Buat Judul Yang Unik dan Menarik


Judul yang Anda buat bukan hanya harus unik namun usahakan juga harus menarik dan yang jauh lebih penting adalah memasukkan keyword atau kata kunci ke dalam judul artikel yang Anda buat.

Dalam pembuatan judul ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda ketahui, beberapa aturan tersebut seperti :

  • Batasi jumlah karakter judul sebanyak 60 karakter
  • Gunakan format penulisan title case
  • Hindari penggunaan simbol

Ketiga hal tersebut setidaknya bisa menjadi patokan Anda dalam menentukan judul yang baik.

3. Tulis Artikel Berkualitas


Salah satu ciri artikel berkualitas adalah original atau artikel yang Anda tulis sendiri tanpa ada unsur copas sedikitpun, meski demikian bukan berarti Anda harus mengarang sepenuhnya, hal tersebut justru akan mengurangi kualitas dari artikel yang Anda buat.

Lantas apa bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas ? dengan menggabungkan informasi dari berbagi sumber lalu merangkumnya menjadi dan menuliskan dengan gaya bahasa kita sendiri.

Dengan begitu artikel yang Anda buat akan menjadi yang paling lengkap di antara artikel lainnya, potensi untuk mendapatkan ranking 1 di halaman pertama Google tentu akan terbuka lebar.

Penggunaan keyword di dalam artikel juga harus Anda perhatikan peletakannya, ushakan jangan terlalu brutal, cukup masukkan di bagian awal, tengah dan akhir, tidak perlu dipasakan untuk mengulang keyword, yang sejatinya justru akan membuat kualitas artikel Anda menurun.

4. Gunakan Heading Tag


Heading Tag bukan hanya baik untuk SEO namun juga akan membantu pengujung untuk membaca dan memahami susuanan kalimat menjadi lebih baik, jadi usahakan untuk memasukkan heading tag pada artikel yang Anda buat.

Jika Anda masih asing dengan penggunaan heading tag, berikut saya berikan penjelasan singkat tentang cara menggunakan heading yang baik, melalui ilustrasi gambar sederhana dibawah ini.

Heading Tag SEO

Penjelasan singkatnya, H1 digunakan untuk menuliskan judul artikel blog, H2 untuk menuliskan sub-judul dan H3 untuk menyebutkan kategori pada artikel yang berkaitan dengan judul blog.

5. Optimalkan Tautan Permanen


Tautan permanen adalah URL atau alamat dari artikel blog Anda. Untuk pengguna Blogger telah disediakan fitur Tautan permanen khusus untuk megubah URL artikel yang akan dibuat dibuat.

Fitur ini saya rasa juga dimiliki oleh platform blogging lain seperti Wordpress.

Salah satu alasan diadakannya fitur untuk mengatur Tautan permanen adalah untuk mengkustomisasi URL dari setiap artikel yang kita buat agar menjadi lebih unik.

Fitur ini bisa menjadi boomerang bagi diri artikel Anda jika salah dalam menggunakanannya, dan berikut hal-hal yang perlu Anda waspadai ketika hendak mengkustomisasi URL pada Artikel.

  • Menurut Tool SEOQuake usahakan dibawah 75 karakter (7 - 9 kata)
  • Menurut Tool MozBar jangan lebih dari 110 karakter (9 - 12 kata)
  • Menurut Matt Cutt usahakan untuk menggunakan 3 - 5 kata

Karena banyaknya perbedaan versi yang menyebutkan tentang batasan / anjuran penulisan URL Artikel, maka kita ambil tengahnya saja, yaitu usahakan untuk menuliskan Tautan permanen dalam rentang 50 - 110 karakter atau 3 - 12 kata.

6. Tambahkan Deskripsi Penulusuran


Menambahkan deskripsi penulusuran atau meta description pada setiap artikel merupakan trik SEO yang tidak banyak orang peduli namun sebenarnya (secara tidak langsung) sangat ampuh untuk membuat halaman postingan blog kita tampil di halaman pertama Google.

Saya katakan tidak langsung karena pada dasarnya Meta Description bukanlah salah satu faktor yang digunakan Google untuk meranking situs, meski demikian ada satu ranking factor yang saya percayai akan kita dapatkan jika mengisi Meta Description.

Ranking Factor tersebut saya namakan faktor terpilih. Sederhananya seperti ini, saat kita mengetikkan kata kunci di Google, maka akan ada 10 blog di halaman pertama dengan judul dan meta deskripsi yang berbeda-beda, kita bebas memilih (mengklik) salah satu dari kesepuluh blog yang ada.

Peran meta description adalah membantu Anda agar pengunjung mau mengklik situs Anda, dengan catatan saat menambahkan meta deskription, Anda menambahkan kata yang mengundanh orang untuk mengklik.

Dari proses klik / terpilihanya blog Anda itulah Google akan mencatatnya sebagai ranking factor yang secara perlahan akan meningkatkan ranking blog Anda, ini hanya prediksi saya dan bukan informasi resmi dari Google jadi mungkin saya bisa salah.

Pelajari juga bagaimana Cara Memasang Meta Description Yang Menarik Banyak Pengunjung ke blog Anda.

7. Berikan Label Postingan


Ada banyak manfaat dari membuat label, selain membantu pengunjung untuk menemukan artikel terkait juga mampu menambah distribusi backlink ke setiap artikel yang Anda masukkan ke dalam label tersebut.

Label pada postingan, jika diterapkan atau dipasang dengan baik maka bisa dipastikan akan mengurangi nilai bounce rate pada blog Anda. Semakin kecil nilai bounce rate maka semakin baik pula blog di mata Google, karena dianggap memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Dalam pemberian label postingan sebaiknya tidak lebih dari 1 label, karena akan berpotensii terjadi duplicat content, namun jika Anda tetap ingin memberikan 2 label atau lebih dalam 1 postingan, sebaiknya memberikan tag no-index pada Halaman yang berisi postingan dari tiap label.

8. Submit Blog ke Webmaster


Setelah artikel terpublish, selanjutnya silahkan Anda submit alamat blog ke webmaster tool yang disediakan mesin pencari besar seperti Google, Bing dan Yahoo, disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya, karena terbilang cukup mudah.


* update Yahoo Webmaster sudah bergabung dengan Bing Webmaster

Selanjutnya Anda tinggal memasukan alamat blog, lalu mengkonfirmasi kepemilikan dengan cara menambahkan kode verifikasi ke dalam template blog. Selanjutnya tinggal klik Verify.

9. Share ke Media Sosial


Tugas Anda selanjutnya adalah membagikan artikel yang baru saja Anda publish ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan LinkedIn.

Bagi pengguna Facebook, Anda bisa menggunakan fitur Fanpage untuk membantu mempromosikan blog Anda karena akan lebih terlihat profesional, selain itu tingkat status terindex akan jauh lebih besar jika di share di Fanpage ketimbang di akun Facebook pribadi Anda.

Begitu juga dengan pengguna Google Plus, Anda juga bisa menggunakan layanan Pages untuk membuat halaman khusus yang nantinya akan Anda gunakan untuk ajang promosi blog. Silahkan kunjungi https://plus.google.com/pages/create untuk membuat halaman baru, namun pastikan Anda sudah memiliki akun Google Plus dan menyediakan 1 nomor handphone aktif untuk proses verifikasi.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan efek dari social signal, kita perlu memiliki teman / follower dalam yang jumlah yang banyak pada akun media sosial yang kita miliki.

Baca juga Daftar Media Sosial Dengan Jumlah Pengguna Terbanyak yang terbukti ampuh untuk membantu meningkatkan social signal dan menaikkan ranking website / blog Anda di SERP.

10. Tambahkan Backlink Berkualitas Secara Natural


Memberikan backlink berlebihan ketika pertama membuat blog adalah 1 dari 7 Kesalahan SEO yang jamak dilakukan oleh blogger pemula.

Saran saya, beri jeda beberapa hari sebelum Anda memutuskan untuk memberikan Backlink.

Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadi pelanggaran 'pure spam' yang sering terjadi pada blog baru karena terlalu banyak diberi backlink atau istilahnya 'over backlink'.

Selain proses pemberian backlink yang natural, usahakan juga backlink yang Anda berikan memiliki kualitas yang baik. Baik disini maksudnya berasal dari situs yang memiliki page authority tinggi dan berasal dari konten yang se niche.

Penjelasan lebih dalam tentang cara mendapatkan backlink berkualitas selengkapnya bisa Anda pelajari melalui artikel ini http://www.seoterpadu.com/2013/09/cara-mendapatkan-backlink-berkualitas.html

Baca juga 7 Cara Memaksimalkan SEO Blog yang sudah terbukti Ampuh.

Itulah Cara Agar Blog Bisa Tampil di Halaman Pertama Google, meski demikian perlu saya luruskan bahwa tidak ada yang bisa menjamin dengan menerapkan Trik SEO diatas maka blog Anda akan berada pada Ranking 1 Google, karena sejatinya SEO bukanlah ilmu pasti yang jika dipelajari dan diterapkan maka hasilnya tidak ada jaminan akan sama.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger