Sunday, 26 January 2014

Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO Untuk Pemula

By Ma'ruf Hidayat | At 02:48 | Label : , , | 11 Comments
Apa Itu Footprint SEO?
Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO adalah jejak yang dimiliki oleh suatu script atau platform tertentu, tiap script memiliki sebuah kode khusus yang spesifik dan tidak dimiliki oleh script atau platform lainnya.

Saya rasa penjelasan yang saya berikan ini kurang jelas, intinya footprint adalah jejak yang bisa diambil dari platform situs, sampai disini saya harap anda sudah mengerti.

Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO

Jika anda pernah berkunjung ke situs wordpress.org, saya yakin anda pernah melihat teks "powered by wordpress", itu adalah salah satu jejak yang dimiliki oleh situs wordpress.

Contoh lain, anda juga pasti pernah melakukan komentar ke blog-blog, dan biasanya ada teks seperti "poskan komentar", "leave a comment", "post a comment", dan lain sebagainya. Dan itu biasanya ciri-ciri yang dimiliki setiap blog yang menyediakan kotak komentar. Nah, itu juga merupakan salah satu contoh dari footprint.

Contoh lain lagi, anda pernah berkunjung ke situs saya? kalau pernah, lihat di bagian pojok kanan bawah, dibagian link credit, saya memasukkan powered by blogger, itu juga termasuk footprint. Pokoknya footprint itu banyak, bisa anda kreasikan sendiri.

Footprint ini bisa anda gunakan untuk mencari blog sesuai footprint yang anda masukkan tadi, contohnya jika anda ingin mencari situs yang di host di blogger atau yang memakai platform blogger, anda bisa masukkan "powered by blogger".

Nah, konsep ini bisa anda gunakan untuk mencari sumber backlink blog anda..

Cara Mencari Backlink dengan Footprint

Jika misal saya ingin mencari backlink blog comment dari situs GOV yang memiliki tema yang sama dengan situs saya yaitu SEO, maka footprint yang bisa anda pakai adalah..
  1. Untuk mencari situs yang ber-extensi gov, maka footprint yang digunakan disini adalah site:.gov
  2. Karena kita ingin mencari backlink dengan blog comment, maka kita harus menambahkan "post a comment", "leave a comment", dan lain sebagainya.
  3. Dan kita ingin mencari hasil yang lebih spesifik lagi yaitu mencari situs yang mengandung kata SEO, maka anda bisa tambahkan "SEO".
Contoh Footprint situs gov
Hasil pencarian diatas adalah 28.200, kita tidak akan mungkin melakukan komentar satu persatu ke 28 ribu situs diatas, jadi saya akan mencari hasil yang lebih spesifik lagi. Misal, saya ingin mencari situs blog comment tanpa login terlebih dahulu sebelum berkomentar, kita bisa masukkan -"you must be logged in to"
Memfilter Footprint Lebih Spesifik
Hasil pencarian google manampilkan 36, jumlah ini terlalu spesifik menurut saya, tapi tidak masalah, anda bisa gunakan footprint-footprint yang lain. Anda bisa gunakan situs-situs yang menyediakan tool footprint seperti http://dropmylink.com.

Daftar Footprint SEO Lengkap

Berikut ini adalah beberapa footprint untuk mencari backlink dari web 2.0 dan situs video sharing.
  1. inurl:"register.php" +"powered by pligg"
  2. inurl:/register intext:"Powered by Pligg" -inurl:.php
  3. inurl:/register intext:"Powered by Pligg" -inurl:.php
  4. "Powered by PHPDug"
  5. inurl:/upcoming/0/viewall/1.html
  6. inurl:?sort=alphabet_asc
  7. inurl:?sort=popularity_asc
  8. "Bookmarking the web 2.0"
  9. intext:"bookmarks" "Store, share and tag your favourite links"
  10. intext:"date" "Store, share and tag your favourite links"
  11. "stored on GetBoo"
  12. inurl:getboo
  13. "Get your bookmarks!"
  14. "Keep all your bookmarks in one place, accessible from anywhere."
  15. "Share some of your bookmarks with the world, and keep some private."
  16. "Powered by MediaShare"
  17. "Powered by clipbucket"
  18. "Powered by VidiScript.com"
  19. "Powered by PHPMotion"
  20. "Powered by ClipShare"
  21. "Powered by iVidPlay"
  22. "Powered by iSoftScripts.com"
  23. "Powered by VShare"
  24. "Powered by Video CMS"
  25. "Powered by PHP Melody"
Jadi itulah pembahasan mengenai Apa Itu Footprint? Definisi dan Pengertian Footprint SEO, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Monday, 20 January 2014

Cara Memasang Meta Description Yang Menarik Banyak Pengunjung!!

By Ma'ruf Hidayat | At 04:04 | Label : , | 8 Comments
Cara Memasang Meta Description
Cara memasang Meta Description, meta deskripsi ini sangat penting untuk memperoleh banyak klik dari pengguna mesin pencari. Seorang blogger dapat memberitahu isi singkat konten yang dibuatnya sehingga pengunjung tahu betul bahwa konten tersebut adalah konten yang sedang dicarinya.

Meta Deskripsi ini harus "menggunakan kata-kata yang menarik minat pengunjung" agar mau mengklik konten anda di SERP. Maksimal jumlah karakter deskripsi sekitar 140-160.

Tapi menurut saya jika anda menulis deksipsi anda 160 karakter maka sebagian kata akan hilang, sebaliknya jika anda menulis karakter sekitar 140 maka deskripsi anda terlalu pendek dan kurang diminati pengunjung. Jadi pahami betul yang ini, isi saja deskripsi anda sekitar 147-150 karakter saja.

Ada 2 jenis meta description yaitu meta description manual dan meta description otomatis. Tentu nya yang berbau otomatis tidak akan lebih bagus daripada yang manual. Deskripsi otomatis biasanya hanya dipakai oleh blogger yang malas membuat deskripsi blognya.

Cara Memasang Meta Description Manual & Otomatis

Cara Memasang Meta Description Manual

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan deskripsi blog anda karena ini adalah yang terpenting, kalau belum diaktifkan maka anda tidak akan bisa menulis deskripsi secara manual maupun otomatis. Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini..
  1. Silahkan login ke akun blogger anda, kemudian masuk ke menu Setelan.
  2. Akan ada 6 submenu di menu setelan, silahkan pilih Prefensi Penelurusan.
  3. Di bagian Tag Meta, klik Aktifkan Deskripsi. Kemudian isi dengan deskripsi home page anda.
  4. Setelah itu klik Simpan Perubahan.
Anda mengaktifkan tag meta berarti sama saja mengisi deskripsi untuk homepage, sedangkan untuk halaman artikel anda masih belum. Untuk mengisi nya secara manual silahkan ikuti prosedur berikut ini..
  • Silahkan masuk ke editor entri blogger, kemudian lihat dibagian kanan, ada Deskripsi Penelusuran yang berguna untuk mengisi deskripsi halaman artikel. Anda melihat deskripsi penelusuran karena sudah mengaktifkan tag meta tadi, jika belum maka deskripsi penelusuran tidak akan muncul.
  • Klik deskripsi penelusuran kemudian anda melihat kotak untuk memasukkan deskripsi artikel, silahkan isi. Jika sudah klik SELESAI.
Isi Dengan Deskripsi Artikel Anda
  • Pastikan setiap anda membuat artikel selalu mengisi deskripsi penelusuran tersebut.

Cara Memasang Meta Description Otomatis

Tadi sudah saya bilang bahwa meta description otomatis tidak lebih baik daripada yang manual, jadi tentu saja untuk pemasangan meta description lebih saya sarankan menggunakan cara manual. Tapi jika ini terlalu merepotkan atau mungkin anda malas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memasang meta description otomatis.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu anda sudah mengaktifkan meta description di submenu Prefensi Penelusuran (tutorial nya ada diatas tadi).
  1. Silahkan login ke akun blogger anda, masuk ke menu template, kemudian klik HTML.
  2. Cari kode </title> kemudian masukkan kode berikut dibawahnya.. Klik Simpan Template.
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; dari blog &quot; + data:blog.title + &quot; dengan judul &quot; + data:blog.pageName' name='description'/>

Jadi cukup ini saja pembahasan dari meta description, semoga artikel cara memasang meta description ini bermanfaat untuk anda.

Saturday, 11 January 2014

Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP Google

By Ma'ruf Hidayat | At 23:57 | Label : , | 10 Comments
Cara Mengetahui Ranking Keyword di SERP Google
Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP Google, berapa Peringkat Kata Kunci blog anda??
Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP Google bisa dengan cara manual maupun dengan tool gratisan dan berbayar. Tapi yang akan kita bahas di artikel ini adalah dengan proses manual karena manual hasilnya sering lebih akurat daripada tool.

Perlu anda ketahui bahwa posisi rank di google bisa juga tergantung pada lokasi, misalnya jika anda sekarang di Jawa Timur rank blog anda di halaman satu nomor 4. Tapi di sisi lain, jika ada orang sekarang di Kalimantan misalnya, maka bisa jadi rank blog anda berubah.

Tapi itu tidak akan jadi masalah, yang jadi masalah disini adalah waktu, tentu cara manual akan memakan banyak waktu karena harus mengecek satu persatu posisi keyword blog anda. Tapi tenang saja, di artikel selanjutnya saya akan bahas juga gimana caranya cek peringkat di google dengan tool-tool gratisan.

Cara Mengetahui Posisi Ranking Keyword Web di SERP Google

Untuk mengetahui peringkat blog anda berdasarkan kata kunci yang ingin dicek, anda bisa gunakan IP google. Ip google ini bebas dari yang namanya cache jadi posisi keywordnya akan lebih akurat.

Kelebihan dari Ip google ini adalah cara penggunaannya yang hampir 100% sama dengan Google, jadi jika anda ingin cek posisi anda tinggal masukkan saja kata kunci seperti hal nya anda mencari sesuatu di google. Untuk caranya, silahkan ikuti tutorial berikut..
  • Silahkan masuk ke halaman IP google: http://173.194.69.94/
  • Anda akan melihat tampilan yang 100% sama dengan google, jadi silahkan masukkan saja kata kunci yang ingin anda cek, misalnya ketikkan keyword "kerja online". Kemudian klik GOOGLE SEARCH.
  • Akan muncul 10 hasil pencarian di halaman pertama google, silahkan amati posisi blog satu-persatu dan lihat juga posisi blog anda.
Well, itulah pembahasan super simple untuk mengetahui posisi ranking Web (Situs) anda di SERP Google, semoga artikel pendek ini bermanfaat untuk anda.

Thursday, 9 January 2014

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Secara Akurat, Free Version!!

By Ma'ruf Hidayat | At 05:22 | Label : , , | 25 Comments
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Secara Akurat itu mudah sekali jika anda mengerti. Mengetahui backlink merupakan salah satu teknik yang terpenting dalam link building karena kita bisa mengintip backlink yang dipakai orang lain kemudian menjadikan backlink tersebut sebagai ladang backlink kita sendiri.

Ada banyak tool yang bisa anda pakai mulai dari yang paling akurat sampai tidak akurat, berbayar maupun gratis, tapi yang akan kita bahas ini adalah yang gratis karena kita tidak punya cukup modal untuk mengupgrade tool.

Kita tidak perlu basa-basi lagi, dan saya yakin anda mungkin malas membacanya jika saya bicara panjang lebar mengenai cara mengetahui jumlah backlink blog ini, jadi kita langsung ke intinya saja..

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Secara Akurat

Berikut ini adalah tool terakurat yang saya gunakan untuk mengecek jumlah backlink blog saya sendiri maupun jumlah backlink blog orang lain.

Google Webmaster Tool [Free Version]

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog dengan Google Webmaster Tool
Tool punya google ini adalah tool yang paling akurat dari yang lain, selain berguna untuk mengoptimalkan situs kita juga bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink blog anda sendiri saja, dan tidak bisa mengintip backlink blog orang, kecuali anda bisa masuk akun google webmaster tool orang itu.
  1. Cara mengeceknya juga cukup mudah, pastikan blog anda sudah terdaftar di Google Webmaster Tool. Anda tinggal masuk ke halaman dashboard Google Webmaster Tool kemudian mengklik url blog yang ingin anda cek backlinknya.
  2. Lihat di samping kiri, ada beberapa menu dan submenu untuk mengoptimalkan situs anda, tetapi di artikel ini kita hanya butuh cek backlink, silahkan klik SEARCH TRAFFIC kemudian klik pada submenu Links To Your Site.
  3. Lihat dibawah Total Links, itu adalah jumlah total backlink blog anda.
Who Links the most adalah situs yang melakukan link ke situs anda entah sitewide maupun not sitewide, yang berdomain maupun masih gratisan, semua akan dimasukkan ke dalam data tersebut. Silahkan klik "More" untuk melihat data lebih lanjut. Ada domains, Links, dan Linked Pages.
  1. Domains adalah situs yang melink ke situs anda
  2. Links adalah jumlah link yang di link oleh situs
  3. Linked Pages adalah jumlah halaman yang di link oleh situs.
Your Most linked content adalah halaman yang di link oleh situs yang ada di who links the most. Klik more untuk melihat data lebih lanjut, ada Your Pages, Links, Source domains.
  1. Your Pages adalah halaman yang di link oleh situs
  2. Links adalah total link yang diarahkan ke halaman situs anda
  3. Source domains adalah jumlah domain yang melink ke halaman situs anda.
How Your data is linked adalah bentuk anchor text yang dipakai dalam backlink. Klik More, akan ada banyak sekali anchor text yang dipakai backlink ke situs anda.

Kenapa total links saya masih No Data?
Itu karena blog anda masih baru, jadi data dari google belum dimasukkan ke dalam Google Webmaster Tool ini, tunggu saja nanti pasti akan ada nilai jumlah backlinknya..

Ahrefs Site Explorer & Backlink Checker [Free & Paid Versions]

Situs ahrefs ini menyediakan versi gratis dan upgrade ke versi berbayar, tentu versi berbayar analysis backlinknya lebih lengkap daripada yang gratis. Untuk yang gratis, ada batasan-batasan tertentu misalnya, jika anda belum daftar maka setiap opsi hanya menampilkan 5 saja, jika anda sudah daftar yang gratisan maka setiap opsi menampilkan 10 saja.

Situs ini menurut saya termasuk situs yang memiliki data yang sangat lengkap dibanding yang lain. Jadi kita langsung saja bahas tentang ahrefs ini karena saya tidak tahu benar profile dari ahrefs ini, saya hanya menggunakannya untuk cek backlink saja.

  1. Silahkan masuk ke https://ahrefs.com/, sebelumnya, sebaiknya daftar ke situs ini terlebih dahulu, saya yakin anda pasti tau caranya.
  2. Setelah daftar, kembali lagi ke halaman depan situs ini, ada kolom untuk memasukkan url blog anda, silahkan masukkan url blog anda kemudian klik TRY IT FOR FREE
  3. Nah, yang anda lihat adalah data backlink dari blog yang anda cek.. Berikut ini adalah fungsi tiap parameter-parameter yang tersedia..
BACKLINKS
  1. External: ini adalah parameter yang akan memberikan data tentang semua backlink anda.
  2. New: parameter yang berisi tentang data backlink anda yang baru terindeks dan sudah menempel di blog anda.
  3. Lost: Kebalikan dari New, bagian ini akan menampilkan data backlink yang sudah hilang dari blog anda, bisa jadi karena pemilik situs sudah menghapus link anda.
  4. Anchors: Istilah dari Anchor Text atau teks jangkar, bagian ini akan menampilkan anchor text yang digunakan dalam backlink anda. Semakin banyak anchor text maka semakin natural juga backlink anda menurut google.
REFERRING
  1. Domains: Parameter ini akan menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs anda, semakin banyak domain yang melink, maka semakin bagus juga backlink yang anda dapat, apalagi jika backlink yang anda dapat dari blog yang authority dan sudah memenuhi kriteria backlink berkualitas.
  2. New: Sama seperti diatas, tapi ini adalah bagian yang menampilkan jumlah situs yang baru saja melink dan sudah menempel ke situs anda.
  3. Lost: Antonim dari New, bagian ini menampilkan jumlah situs yang hilang dan sudah tidak melink ke situs anda.
  4. IPs: Istilah dari IP atau internet protocol, IP ini berguna untuk menaturalkan backlink yang anda dapat dan juga berfungsi agar IP yang sudah terblokir oleh suatu situs bisa anda ganti dengan IP yang lain, ini namanya Proxy yaitu menyembunyikan Ip asli kita.
OTHER
  1. Top Pages: ini adalah parameter yang berguna untuk menampilkan semua halaman yang di link oleh situs lain, entah itu ke homepage maupun halaman artikel situs yang dicek.
  2. Linked Domains: menampilkan halaman artikel anda yang melink ke halaman lain, entah itu situs anda sendiri maupun situs luar atau Outbound Link.
EXPORT
  1. Csv: Fungsi bagian ini adalah untuk mendownload data-data ke dalam format CSV.
  2. Pdf: Sama seperti CSV, bagian ini juga untuk mendownload data-data tetapi ke dalam format PDF.
Dan yang ada dibagian tengah, anda bisa lihat bahwa ada data-data yang langsung ditampilkan, seperti..
  1. Url Rank: Saya tidak begitu tahu bagian ini fungsinya untuk apa..
  2. Ahrefs Domain Rank: Ini adalah rank domain yang ditentukan oleh ahrefs.
  3. Backlinks: Jumlah backlink blog anda yang sudah terindeks oleh ahrefs
  4. Referring Domains: Sudah saya jelaskan diatas, parameter ini berguna untuk menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs anda.
  5. Referring Pages: Data yang berguna untuk menampilkan jumlah semua halaman dari situs luar yang melink ke situs anda.
  6. Crawled Pages: Halaman situs anda yang sudah di crawl oleh ahrefs.
  7. Governmental: Jumlah situs GOV yang melink ke situs anda.
  8. Educational: Jumlah situs EDU yang melink ke situs anda, jika anda tidak tahu, Edu adalah ekstensi domain luar negeri dan kebanyakan situs EDU adalah situs sekolahan. Kalau di Indonesia adalah ac.id dan sch.id
  9. .Com: Jumlah situs berdomain .COM yang melink ke situs anda.
  10. Text: Backlink yang anda dapat dalam bentuk teks.
  11. Dofollow: Backlink yang ada pada blog anda yang bersifat Dofollow.
  12. Nofollow: Kebalikan dari dofollow, bagian ini menampilkan semua backlink anda yang beraliran nofollow.
  13. Sitewide: Kebanyakan backlink ini didapat dari sidebar blog orang lain.
  14. Not sitewide: Ini adalah hampir semua jenis backlink yang didapat bisa masuk ke data not sitewide.
  15. Redirect: Jenis backlink yang anda dapat dari redirect.
  16. Image: Backlink yang berupa gambar
Anda bisa pelajari tiap bagian-bagiannya dan kemudian jika anda sudah ahli, anda bisa gunakan tool ahrefs ini untuk mengintip backlink kompetitor anda atau backlink blog orang lain.

Majestic SEO : Backlink Checker & Site Explorer [Free & Paid Versions]

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog dengan MajesticSEO
Situs ini sama seperti ahrefs, yaitu menyediakan versi gratis dan berbayar. Majestic SEO merupakan salah satu situs yang digunakan oleh webmaster untuk mengecek domain yang akan dibeli nya. Situs ini menyediakan data-data berupa URL Information dan Link Profile.

URL INFORMATION
  1. External Backlinks: Menampilkan jumlah keseluruhan backlink blog anda yang terindeks oleh MajesticSEO.
  2. Referring Domains: Jumlah domain unique yang melink ke situs anda.
  3. Referring IPs: Menampilkan jumlah IP yang anda gunakan untuk membangun backlink.
  4. Referring Subnets.
LINK PROFILE
  1. Trust Flow adalah tingkat kepercayaan dari situs yang melink ke situs kita..
  2. Citation Flow adalah seberapa banyak situs yang melink ke anda dengan bobot yang berbeda pada tiap-tiap halaman.
Jadi itulah 3 situs online untuk mengecek dan mengetahui jumlah backlink blog anda maupun orang secara akurat. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengintip backlink blog orang dan menjadikan backlink tersebut sebagai ladang backlink anda.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger