Sunday, 14 December 2014

Cara Mendapatkan Uang dari Upload Video di Situs YouTube

Cara Mendapatkan Uang dari YouTubeTadi pagi, seorang teman di Facebook tanya ke saya 'Apa kita benar-benar bisa dapat uang dari YouTube ?'. Kalau saya jawab 'Bisa' tentu dia bakal meneruskan pertanyaan 'Bagaimana caranya ?'. Nah kalau sudah seperti itu pasti akan panjang jawabannya, untuk itulah daripada saya jawab panjang kali lebar via Chat, lebih baik saya tulis dan jelaskan saja melalui artikel ini, sekaligus untuk berbagi kepada orang lain yang mungkin juga membutuhkan informasi serupa.

Kembali ke pertanyaan teman saya tadi 'Apakah bisa dapat uang dari YouTube ?' jawaban atas pertanyaan tersebut tentu saja 'Bisa'. Bahkan jika ingin menggantungkan hidup dengan menjadikan YouTube sebagai pekerjaan utama pun bisa, dan sudah banyak orang yang melakukannya, salah satunya (saya rasa) adalah Felix Kjeblberg, YouTuber tersukses dan terkaya asal Sweden dengan nickname PewDiePie yang berhasil memperoleh penghasilan mencapai $4 Million (4 juta dollar) atau setara dengan Rp. 50.502.600.000.00 ( 50 Miliar ) per tahun.

Jika mempunyai penghasilan seperti itu, masihkah kita membutuhkan pekerjaan lain ? saya rasa tidak perlu. Jadi pertanyaan pertama sudah terjawab. Pertanyaanya selanjutnya adalah 'Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube sebanyak itu ?'. Yang saya dengar PewDiePie menggunakan Google AdSense dan mengaktifkan fitur Monetize untuk mendapatkan uang dari YouTube melalui video yang dia upload.

Apa itu Google AdSense ? Monetize ? nanti akan saya jelaskan dibawah. Sebenarnya masih banyak cara-cara lain untuk mendapatkan uang dari YouTube, beberapa diantaranya adalah :

  • Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Google AdSense
  • Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Affiliate
  • Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Lipsing

Sebelum mengikuti tutorial ini saya harapkan Anda sudah memiliki paling tidak 1 buah akun YouTube, jika belum silahkan buat terlebih dahulu dengan cara menghubungkan akun Gmail dengan YouTube. Jika Anda sudah memiliki akun YouTube, itu artinya Anda sudah siap untuk mendapatkan uang dari YouTube.

* Sekilas Info : Selain YouTube masih banyak situs-situs lain yang juga bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari internet secara, informasi selengkapnya tentang daftar situs penghasil uang di internet bisa Anda baca disini situs penghasil uang.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Google AdSense


Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu pengertian tentang apa itu Google AdSense. Sederhanya, Google AdSense adalah program periklanan yang dikembangkan oleh Google, dimana tugas Google disini sebagai network atau perantara antara publisher (penerbit iklan) dan advertiser (pengiklan).

Sebagai seorang publisher atau penerbit iklan, kita akan dibayar Google setiap seribu view atau jika ada iklan yang di klik oleh pemirsa yang menonton video yang kita upload di YouTube.

Mudahnya untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan Google AdSense yang harus kita lakukan adalah Memperbanyak View, karena rumusnya adalah semakin banyak view yang didapat, maka bisa dipastikan penghasilan yang akan kita dapatkan dari YouTube juga akan semakin banyak.

Namun, seperti yang saya singgung diatas, dimana kita tak cukup hanya mengupload video saja, melainkan kita juga harus mengaktifkan fitur Monetize yang tersedia di YouTube, jadi akan sia-sia jika Anda upload video namun tidak mengaktifkan fitur Monetize ini, karena tidak akan ada yang bayar. Nah, pertanyaannya 'bagaimana cara mengaktifkan fitur monetize di YouTube ini ?' silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Silahkan Sign In terlebih dahulu ke akun YouTube Anda

    Cara Mendapatkan Uang dari YouTube 1

    Kunjungi https://www.youtube.com/ lalu masuk dengan akun YouTube yang ingin dimonetize.

  2. Buka YouTube Settings lalu masuk ke menu Features

    Cara Mendapatkan Uang dari YouTube 2

    Di menu features (https://www.youtube.com/features) silahkan Anda aktifkan fitur Monetization. Jika fitur sudah aktif akan muncul status Enabled dengan icon lingkaran hijau menyala.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu 1 - 6 jam untuk mendapatkan email konfirmasi dari Google AdSense, ada dua jenis kemungkinan email yang akan Anda dapatkan. Yang pertama adalah email berisi persetujuan, dan email kedua berisi penolakan, tapi jika video yang Anda upload 100% Original dan tidak melanggar Pedoman Komunitas YouTube (https://www.youtube.com/t/community_guidelines?hl=id), maka saya yakin 99% Anda pasti akan diterima.

Jika sudah diterima menjadi publisher Google AdSense di YouTube, maka tugas Anda adalah membuat, mengupload dan mempromosikan video tersebut agar mendapatka banyak view, karena Google AdSense menggunakan sistem Revenue Per Thousand Impressions (RPM), jadi kita kaan dibayar $1 - $10 untuk setiap 1000 view.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Affiliate


Affiliate Marketing adalah sebuah program dimana tugas kita adalah mempromosikan atau menjualkan produk orang lain. Bisa dibilang pekerjaan Affiliate ini mirip dengan Makelar, dimana kita sama-sama bertugas mempertemukan antara pembeli dan penjual. Nah, cara paling ampuh untuk mempromsikan produk guna mempertemukan pembeli dengan penjual adalah melalui video di YouTube.

Banyak sekali program Affiliate Marketing yang bisa Anda coba promosikan dengan cara ini, dari mulai yang lokal sampai manca pun bisa, seperti contohnya :

  • Ratakan (lokal)
  • JVzoo (global)
  • Amazon (global)
  • Clickbank (global)

Kenapa harus mempromosikan produk via video ? karena, dari yang saya baca, orang akan lebih tertarik untuk melihat video karena dianggap mampu menciptakan keterikatan emosional yang lebih baik, dibanding membaca teks atau melihat gambar.

Jika merasa kesulitan dalam membuat video promosi, saran saya gunakan saja teknik Slide Show, jadi kita cari bahan (gambar) di Google dengan lisensi free royalty lalu buat masukkan gambar-gambar tersebut ke software Video Editor seperti Windows Movie Maker, jika sudah silahkan beri efek Transisi agar video tersebut menjadi lebih menarik, tutorial selengkapnya mengenai cara untuk membuat sebuah video hanya dari gambar agar tampil keren bisa Anda pelajari disini cara membuat video dari foto.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Lipsing


Cara mendaptkan uang dari YouTube yang terakhir, dan juga sekaligus menjadi cara instan untuk menjadi terkenal adalah dengan mengupload video Lipsing. Ya, saya tidak mengada-ngada, tapi tentunya dibutuhkan keberuntungan dan skill yang mumpuni agar bisa mendapatkan efek viral dari video Lipsing yang Anda upload.

Saya yakin Anda masih ingat kisah Shinta & Jojo dengan Keong Racun dan Norman Kamaru dengan video lipsing Chaiya-chaiya yang sempat menggemparkan jagat media pertelivisan di Indonesia.

Seperti kata pepatah 'tantangan sebenarnya bukan bagaimana cara menjadi sukses, melainkan bagaimana cara kita mempertahankan kesuksesan tersebut'. Orang-oang yang sukses secara instan tentu tidak mengerti bagaimana proses untuk mencapai kesuksesan yang sesungguhnya, jadi tak heran jika mereka gagal mempertahankan kesuksesan tersebut.

Intinya adalah apapun cara mendapatkan uang dari YouTube yang Anda pilih, baik melalui Google AdSense, Affiliate atau mungkin Lipsing, tentu semuanya membutuhkan apa yang dinamakan kerja keras. Untuk dapat uang dari Google AdSense misalnya, maka Anda perlu rajin mengupload video agar mendapat banyak view, atau jika Anda memilih mencari uang di YouTube dengan Affiliate, maka Anda harus siap untuk membuat video promosi yang menarik, keduanya saya akui memang tidak mudah, namun akan indah pada akhirnya jika Anda berhasil melalui proses tersebut.

Sekedar informasi saja, jika Anda ingin dapat uang di internet selain dari situs YouTube, maka silahkan pelajari cara mendapatkan uang dari internet. Di artikel tersebut saya jelaskan secara lengkap mengenai kumpulan cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet secara gratis alias tanpa modal.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

2 comments:

Anonymous said...

Terimakasih kak infonya sangat bermanfaat menambah wawasan saya. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara kita membedakan mana gambar yang lisensi free royalti saat googling? Soalnya kebiasaan saya cari gambar di google mana yang menurut saya pas saya simpan saja langsung.

Danang Novianto said...

Untuk mendapatkan gambar dengan label lisensi free royalty bisa melalui dua cara, yang pertama dengan melakukan filter pada hasil pencarian Google (search tool > usage rights > labeled for reused).

Atau cara kedua dan sekaligus sebagai cara yang paling mudah untuk mendapatkan gambar yang bebas royalti adalah dengan mengunjungi situs Royalty Free Stock Images seperti Pixabay. Semoga membantu.

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger