Saturday, 15 November 2014

Cara Menggunakan Jejaring Sosial Sebagai Media Promosi Online

Jejaring Sosial Media Promosi OnlineSudah menjadi rahasia umum bila Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Google+ menjadi salah tiga media promosi online gratis yang terbaik saat ini, pasalnya jumlah pengguna aktif dari ketiga situs jejaring sosial tersebut berjumlah jutaan orang, bahkan Facebook telah memiliki 1 miliar pengguna pada tahun 2013 lalu.

Kabar baiknya, dari jutaan pengguna aktif Jejaring Sosial, nyaris seluruhnya di dominasi oleh pengguna lokal, alias orang-orang indonesia, jadi jika target / pasa Anda adalah orang-orang lokal maka promosi online menggunakan jejaring sosial adalah pilihan yang paling tepat.

Keuntungan Promosi Online melalui Jejaring Sosial


Selain karena banyaknya jumlah pengguna, masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari promosi online melalui Jejaring Sosial (jersos), beberapa keuntungan promosi online di jersos adalah sebagai berikut :

  • Tempat promosi online yang gratis

    Keuntungan pertama dari promosi online di jejaring sosial adalah soal biaya yang jauh lebih murah, bahkan bisa sampai gratis, jika Anda mempromosikan produk sendiri tanpa menggunakan atau menyewa jasa promosi online dari orang lain.

  • Lebih banyak audience yang bisa ditarget

    Jejaring sosial, seperti Facebook misalnya, bisa dipastikan memiliki pengguna dari kelas yang beragam, dari mulai anak-anak sampai orang tua, dari petani sampai pejabat semua ada di Facebook, dengan mempromosikan produk Anda disana, maka akan membuat produk Anda dikenal luas dari berbagai kalangan.

  • Sarana promosi online yang mudah

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa jejaring sosial sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan spamming produk, karena selain gratis, juga sangat mudah untuk melakuakn promosi disana, tinggal ctrl + v maka produk akan terpublish (bukan berarti saya menganjurkan anda untuk melakukan spamming).

Dalam penerapannya, promosi online juga tidak bisa dilakukan sembarangan, atau dengan kata lain kita harus mengikuti etika berpromosi online, kalau kata orang jawa harus ada 'toto kromo' agar tidak mengganggu orang lain.

Baca Juga : Cara Belajar Bisnis Online

Etika Promosi Online di Jejaring Sosial


Seperti yang saya katakan diatas, dalam melakukan promosi harus mengikuti etika yang ada, pertanyaannya adalah etika apa saja yang harus kita patuhi dalam melakukan promosi online di jejaring sosial ?

  • Jangan asal Tag

    Menandai orang dengan sembarangan di Facebook, atau memention orang di Twitter secara sembarangan merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Solusinya adalah ijinlah terlebih dahulu sebelum menandai (tag) seseorang, bila tidak ingin diiasukkan ke dalam daftar blacklist di akun milik mereka.

  • Hindari melakukan Spamming

    Melakukan spamming hanya akan membuat penilaian orang lain terhadap produk (barang / jasa) yang Anda tawarkan menjadi minus, intinya kita harus pandai menjaga perasaan orang lain. Solusinya jadwalkan jam promosi Anda, misalnya pagi jam sekian, lalu siang, dan akhiri dengan promosi di malam hari (3x sehari cukup).

  • Promosi pada Tempatnya

    Meskipun kita bisa dengan mudah dan bebas melakukan promosi online di Jejaring Sosial, namun bukan berarti kita bisa berpromosi dimana saja. Sebagai contoh di Facebook telah disediakan Fanpage, Google+ telah menyediakan Business Page di Twitter ada (apa lupa namanya) intinya di setiap jejaring sosial pasti menyediakan tempat / sarana untuk mempromosikan produk kita.

Setelah kita mengetahui etika dalam melakukan promosi online, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara melakukan promosi online yang tepat menggunakan Jejaring Sosial, agar jualan kita bisa cepat laku.

Artikel Terkait : Tempat Kerja Online Gratis

Cara Promosi Online menggunakan Jejaring Sosial


Ini adalah inti dari pembahasan artikel kita kali ini, yaitu membahasa mengenai bagaimana cara memanfaarkan jejaring sosial sebagai media promosi online. Untuk mendapatkan penjualan yang maksimal maka kita perlu membuat penawaran yang viral. Caranya adalah sebagi berikut :

  • Buat judul yang menarik

    Hal pertama dan utama yang harus Anda perhatikan jika ingin membuat efek viral adalah dengan membuat judul yang menarik.

  • Masukkan emosi dalam materi

    Tugas Anda kedua adalah membuat konten yang mampu menarik emosi pembaca, salah satu caranya adalah dengan menyesuaikan konten dengan target / audience, misal jika target Anda anak kecil maka suguhkan materi yang penuh dengan keceriaan, bisa dipastikan hal tersebut akan langsung mengena ke si anak, karena dunia anak pada dasarnya penuh dengan kegembiraan.

  • Promosi menggunakan figur populer

    Cara lain untuk mendapatkan efek viral pada pemasaran Anda adalah dengan menggunakan figur populer sebagi ikon. Figur populer umumnya berasal dari kalangan selebritis, namun yang lebih penting figur tersebut harus mewakili image produk. Sebagai contoh Anda bisa melihat iklan iPhone yang menggunakan Ayu Ting Ting sebagai ikonnya, karena dinilai mewakili image iPhone yang slim, ramping dan elok.

Dari mulai manfaat, etika sampai cara membuat efek viral pada promosi online sudah saya bahas, itu artinya selesai sudah tugas saya di artikel ini. Meskipun coretan sederhana semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger