Friday, 24 October 2014

Cara Membuat Toko Online Dengan Wordpress Dalam 7 Menit

Cara Membuat Toko Online

Tidak berlebihan jika kita menyebut Wordpress sebagai salah CMS Gratis yang terbaik saat ini. Penyebut tersebut tentu bukanlah alasan, mengingat dengan 1 CMS Wordpress kita bisa membuat beragam jenis Website, baik itu Website berjenis Blog maupun Website Toko Online. Semuanya bisa dengan mudah Anda buat menggunakan CMS Wordpress.

Meskipun dalam proses pembuatan website toko online cukup mudah, namun saya yakin masih banyak teman-teman yang mengalami kesulitan saat membuatnya, untuk itulah di artikel ini saya akan menjelasakan cara membuat toko online dari awal sampai jadi dengan bahasa yang mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun.

Seperti yang suda saya jelaskan pada tutorial sebelumnya tentang cara membuat website, dimana jika kita ingin membuat sebuah website, maka ada 3 hal penting yang harus kita siapkan, yaitu :

  • Domain
  • Hosting
  • CMS

Dan jika kita ingin membuat website toko online dengan CMS Wordpress, maka ada satu hal lagi yang harus kita persiapkan yaitu Plugin. Plugin adalah semacam tool yang akan memudahkan kita dalam membuat toko online.

Disini saya tidak akan menjelaskan lagi bagaimana cara memesan domain dan hosting dan cara menginstall cms wordpress, karena semua itu sudah saya bahas secara lengkap dan jelas disini http://www.seoterpadu.com/2014/10/cara-membuat-website-profesional-dengan-mudah.html.

Jadi kita akan melanjutkan tutorial tersebut atau dengan kata lain kita akan menrubah website biasa yang kita buat tersebut, menjadi website toko online dengan menggunakan Plugin WooCommerce.

Cara Membuat Toko Online


Jika semua sudah siap sekarang mari kita mulai membuat toko online.

  1. Kunjungi halaman administrator (WP-Admin)

    Cara Membuat Toko Online 1
    Cara Membuat Toko Online - 1

    Ketikkan namadomainanda.com/wp-admin, pada contoh diatas saya menggunakan sub-domain tokoonlinekita,besaba,com maka pada bagian akhir saya tambahkan wp/admin jadinya tokoonline,besaba,com/wp-admin

  2. Login dengan username dan passsword Anda.

    Cara Membuat Toko Online 2
    Cara Membuat Toko Online - 2

    Ingat jangan sampai salah memasukkan username / password hingga lebih dari 3x karena nantinya Anda tidak akan bisa login lagi untuk beberapa menit. Untuk yang beleum tahu dimana letak admin.

  3. Klik Plugins - Add new

    Cara Membuat Toko Online 3
    Cara Membuat Toko Online - 3

    Setelah Anda berhasil login dan masuk dashboard wordpress, selanjutnya silahkan Anda klik pada bagian Plugins dan pilih Add new, lebih jelasnya silahkan perhatikan screenshot diatas.

  4. Ketik WooCommerce pada kotak Pencarian

    Cara Membuat Toko Online 4
    Cara Membuat Toko Online - 4

    Perhatikan kotak pencarian yang berada di pojok kanan atas layar Anda, masukkan atau ketik WooCommerce lalu tekan enter untuk mulai melakukan pencarian plugin ini secara otomatis.

  5. Klik Install Now

    Cara Membuat Toko Online 5
    Cara Membuat Toko Online - 5

    Cari plugin yang bertuliskan 'WooCommerce - excelling eCommerce' dari 'WooThemes' lalu silahkan Anda klik Install. Dan proses penginstallan plugin ini tidaklah lama karena hanya butuh waktu 1 - 3 menit saja.

  6. Klik Activate Plugin

    Cara Membuat Toko Online 6
    Cara Membuat Toko Online - 6

    Langkah terakhir adalah mengaktifkan plugin WooCommerce yang tadi kita install, caranya sangat mudah, cukup dnegan klik tombol Activate Plugin, maka plugin tersebut akan otomatis aktif, dan itu artinya Toko Online Wordpress Anda sudah jadi dan siap digunakan untuk berjualan.

  7. Akhiri dengan klik Install WooCommerce Pages

    Cara Membuat Toko Online 7
    Cara Membuat Toko Online - 7

    Ini sebenarnya optional saja, artinya boleh iya boleh tidak, tapi saran saya lakukan saja yaitu dengan mengkklik tomobol Install WooCommerce Pages, dan sekaligus mengakhiri proses penginstallan plugin Wordpress WooCommerce.

Pertanyaan yang mungkin akan muncul adalah, apakah Toko Online kita sudah jadi ? sudah jadi 50% alias belum sepenuhnya jadi, karena Plugin WooCommerce hanya sebagai perantara untuk memudahkan kita dalam mengupload barang dagangan kita, maka tugas kita selanjutnya adalah upload foto mengenai baran yang akan dijual di toko online yang sudah Anda tersebut. Bingung bagaimana cara uploadnya ? silahkanikuti panduannya berikut ini.

Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online


Sebelumnya terlebih dahulu, Anda harus mempersiapkan foto atau gambar produk yang akan dijual, pastikan foto tersebut memiliki resolusi yang besar, karena nantinya gambar tersebut akan tampil dalam ukuran yang besar, jadi pastikan Anda mengupload foto dengan ukuran lebih dari 500px. Jika foto sudah tersedia, silahkan baca cara untuk menguploadnya dibawah ini.

  1. Klik Products lalu pilih Products

    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online 1
    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online - 1

    Ya, saya tidak bercanda, disini kita mengklik tombol Products sebanyak dua kali, karena pada menu Product terdapat banyak submenu, dan salah satu sub-menunya adalah Products.

  2. Klik Add Product

    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online 2
    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online - 2

    Untuk menambahkan produk (baca: foto) baru, silahkan Anda klik tombol Add Product. Lalu tunggu sebentar hingga halaman untuk mengupload foto dan juga mengisi deskripsi foto tersebut muncul.

  3. Masukkan Nama Produk dan Deskripsi Produk

    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online 3
    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online - 3

    Inilah yang saya maksud dengan halaman posting produk, artinya di sinilah tempat Anda untuk mengupload foto produk dagangan Anda, dan sekaligus juga untuk mengisi deskripsi dari foto produk yang ingin Anda jual. Untuk memasukkan foto silahkan Anda klik Add Media, lalu pilih foto yang akan Anda upload.

  4. Isi SKU dan Regular Price

    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online 4
    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online - 4

    SKU adalah jumlah barang yang bisa dipesan oleh konsumen, dan regular price adalah harga dari barang yang Anda tawarkan, sayangnya harga yang tersedia adalah dengan mata uang Euro, tapi tidak apa-apa, nantinya kita bisa menggantinya. Klik Publish untuk menerbitkan produk tersebut.

  5. Masukkan featured image

    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online 5
    Cara Menambahkan Produk di Website Toko Online - 5

    Ini sebagai Thumbnail dari foto produk kita, tombol set featured image ada disebelah sidebar kanan, ada di bawah tombol set gallery image.

Selanjutnya silahkan Anda cek produk Anda tadi, apakah sudah berhasil terpasang di Toko Online Anda atau belum, jika sudah dan muncul seperti gambar dibawah ini, maka saya ucapkan selamat karena Anda telah sukses membuat sebuah toko online wordpress dengan plugin WooCommerce.

Produk Toko Online

Sebenarnya ada banyak plugin lain yang bisa kita gunakan selain WooCommerce seperti misalnya, WP E-Commerce, Jigoshop, Eshop dan plugin-plugin lain, namaun dari sekian banyak plugin untuk membuat toko online di Wordpress, saya lebih tertarik untuk menggunakan WooCommerce, karena selain fitur yang disediakan banyak juga sangat mudah untuk digunakan.

Saya rasa penjelasan kali ini tentang Cara Membuat Toko Online Dengan Wordpress sudah sangat jelas, jadi saya harapkan setelah membaca artikel ini Anda sudah bisa membuat toko online sendiri.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger