Tuesday, 21 October 2014

Belajar Cara Mendapatkan Uang dari Bisnis Google AdSense


Belajar Google AdSense

Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google untuk melakukan kerjasama antara Publisher dan pihak Google dalam hal periklanan. Berkat adanya kerja sama ini, sudah tercipta ribuan jutawan baru, diantaranya adalah :

  • Mas Eka Lesmana
  • Bang Adrian Fitra
  • Om Syera Syailendra

Dan masih banyak lagi orang-orang yang sukses mencetakkan namanya sebagai salah satu pemain AdSense dengan earning / penghasilan puluhan juta, bahkan salah satu dari mereka ada yang mengatakan pernah mendapat gajian sebesar $100.000 dari Google AdSense, jika dikurskan ke rupiah, maka besar penghasilan dari Google AdSense tersebut ialah Rp. 1.203.400.000.00 (1 milliar 200 juta).

Namun saya yakin, itu adalah penghasilan atau pendapatan kotor, artinya bukanlah sebuah profit, karena selain harus mebayar content writer, mereka juga harus membayar sewa hosting yang harganya juga tidak murah, jadi profit atau pendapat bersih yang didapat mungkin antara 80 - 90%. Masih sangat besar bukan ?

Melihat besarnya penghasilan yang bisa kita dapatkan dari program Google AdSense, maka hal tersebut mencatatkan Bisnis Google AdSense sebagai salah satu Bisnis Online terbaik saat ini, dan tentu membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya, namun dari sekian banyak orang mencoba, saya yakin tidak semuanya berjalan mulus seperti apa yang mereka bayangkan, dan itu wajar.

Nah, atas dasar ingin membantu teman-teman yang masih kesusahan dalam mendapatkan uang dari Google AdSense itulah, saya putuskan untuk menulis artikel ini, sebuah artikel yang akan memabahas Bagaiamana Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Google AdSense secara lengkap, dari mulai Cara Daftar AdSense sampai dengan Cara Mengoptimalkan Iklan AdSense tersebut agar bisa menghasilkan ribuan dollar dalam sebulan.

Pengertian Google AdSense

Pengertian tentang Apa Itu Google AdSense


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas Google AdSense adalah program kerjasam periklanan antara Publisher dan Google itu sendiri dengan menggunakan sistem PPC dengan pembagian hasil sebesar 68% untuk Publisher dan sisanya (32%) untuk Google. PPC (Pay Per Click) adalah Sebuah sistem yang akan membayar Anda setiap iklan kita di klik oleh pengunjung.

Cara kerja dari Google AdSense ini sangatlah sederhana, karena dihitung berdasarkan klik yang didapat, jadi besar atau kecilnya penghasilan kita tergantung dari banyak atau sedikitnya klik yang kita dapatkan. Jadi untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak uang dari Google AdSense, maka kita wajib memiliki pengunjung yang banyak terlebih dahulu, khusus untuk Anda yang masih kesusahan mendatangkan pengunjung ke Blog, saya sudah membuatkan tips khusus, yang bisa Anda baca disini

Cara Kerja Google AdSense

Cara Kerja Google AdSense


Seperti yang saya jelaskan diatas, Google AdSense adalah program PPC atau Pay per Click. Dimana Anda diharamkan untuk mengklik iklan sendiri dengan alsan apapun, jadi yang bertugas mengklik iklan disini adalah pengunjung Blog Anda dan juga tidak boleh menempatkan gambar atau teks yang intinya menyuruh pengunjung untuk melakukan klik pada iklan Google AdSense tersebut.

Di dalam bisnis Google AdSense kita nantinya juga akan mengenal yang namanya CPC (click per cost) dan CTR (click througt rate) :

CPC adalah besarnya pendapatan dari sebuah klik (satuan dollar / rupiah)
CTR adalah persentase klik yang kita dapat (satuan persen)

CPC untuk konten indo biasanya berkisar antara $0.5 - $1 bisa lebih bisa kuang, tergantung dari niche yang kita pilih. Dan untuk CTR, cara menghitungnya sangat mudah yaitu dengan cara membagi jumlah klik yang didapat dengan jumlah tayangan iklan dan dikali 100.

Jumlah Klik / Jumlah Tayangan Iklan x 100 = CTR AdSense

CTR yang rata-rata yang didapat publisher Indonesia, berdasarkan survei saya adalah berkisar antara 1 - 5% meskipun ada juga yang masih dibaha 0.x% dan ada pula yang CTR AdSensenya lebih dari 5%. Semua itu tergantung template, niche dan cara penempatan iklan.

Cara Membuat Situs Untuk Google AdSense

Cara Membuat & Mempersiapkan Situs Untuk Google AdSense


Baik itu Blog maupun Website, sama-sama bisa dipasang Google AdSense selama niche atau tema yang diusung tidak bertentangan dengan melanggar Content Guidelines AdSense.

Jadi sah-sah saja jika Anda ingin membuat sebuah Blog ataupun Website untuk dipasangi Google AdSense nantinya. Namun disini saya tetap menyarankan untuk membuat Blog saja, karena beberapa alasan berikut ini :

  • Blog mempunyai CPC yang tinggi
  • Blog lebih mudah mendatangkan Pengunjung
  • Blog lebih disukai Google, karena artikel lebih lengkap dan up to date

Selain itu membuat blog juga jauh lebih mudah ketimbang membuat website, untuk Anda ingin belajar membuat blog sendiri saya sudah menyiapkan tutorial buat blog yang bisa Anda baca disini Cara Membuat Blog.

Dan untuk Anda yang sudah mempunyai Blog dan ingin membuat website, maka saya pun juga sudah menyiapkan tutorial membuat website ekslusif untuk Anda, untuk membaca tutorialnya silahkan Anda klik Cara Membuat Website.

Cara Mendaftar Google AdSense

Cara Mendaftar Google AdSense


Mendaftar di Google AdSense itu ibarat melamar seorang wanita, semua harus dipersiapkan dengan matang, begitu juga dengan AdSense, dimana kita wajib membuat blog / website kita pantas untuk diterima, dan cara untuk memantaskannya adalah sebagai berikut :

  • Pilih Niche yang Tepat

    Niche atau Tema yang tepat untuk Google AdSense adalah yang termasuk dalam HPK, seperti misalnya Insurance, Loan, Online Business dan masih banyak lagi lainnya. Jad pilihlah satu niche yang masuk ke dalam daftar HPK.

  • Buat Artikel yang Bekualitas

    Artikel berkualitas tidak harus artikel yang ori, melainkan sebuah artikel yang memberikan dan mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi pengunjung. Ini terbukti dari beberapa blog teman saya yang di approved Google meski kontennya Copas. Dengan catatan Anda menyertakan sumber atau link ke blog yang dicopas.

  • Berikan Contact Name yang Jelas

    Membuat halaman contac dan about akan membantu Anda untuk mendapatkan akun Google AdSense yang full approved, hal ini dikarenakan blog / website Anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu Anda juga disarankan untuk membuat halaman Disclaimer dan Privacy Policy.

  • Gunakan TLD

    TLD atau Top Level Domain wajib Anda miliki jika ingin mendapatkan akun Adsense yang full approve, dan jika Anda malas untuk membeli domain, maka Anda bisa menggunakan yang gratisan seperti Dot TK.

Keempat hal diatas akan membuat Blog Anda pantas untuk didaftarkan Google AdSense. Jadi jika Keempat elemen diatas sudah terpenuhi maka silahkan daftarkan Blog Anda ke Google AdSense, dan saya yakin Anda akan mendapatkan akun AdSense yang full approved, selama niche Anda spesifik dan artikel yang dibuat benar-benar berkualitas.

Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense

Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense


Jika Anda bermain AdSense untuk Blog Lokal (blog bahasa indoensia), maka penghasilan yang didapat mungkin terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan AdSense yang dipasang di Blog Bule (blog bahasa ingrris), karena dari segi CPC yang didapat, untuk blog bule bisa 5x lebih besar dibanding blog lokal.

Namun tidak masalah jika Anda tetap ingin memakai Blog lokal, berikut tips dari saya meningkatkan penghasilan Google AdSense :

  • Buat satu jenis iklan

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin sedikit jenis / format iklan yang Anda gunakan, maka akan semakin besar CPC yang akan Anda dapat.

  • Buat artikel berkualitas

    Artikel berkualitas yang juga mengincar HPK Google AdSense Indonesia, seperti misalnya Bisnis, Kesehatan, Desain atau Otomotif.

  • Perhatikan posisi penempatan iklan

    Posisi penempatan Iklan Google AdSense yang terbaik sejauh yang saya tahu berada di atas judul, di tengah artikel dan di akhir artikel.

Ketiga hal diatas jika Anda lakukan dengan benar, maka saya yakin Anda akan bisa sukses seperti para senior Google AdSense yang sukses terlebih dahulu, namun itu juga tidak bisa insan, butuh waktu untuk bisa sukses dari Google AdSense ( 3 - 12 bulan ) cepat atau lamanya Blog Anda menghasilkan earning, itu semua tergantung dari usaha dan kerja keras Anda dalam membuat dan mempromosikan artikel yang Anda buat, semakin banyak artikel yang ada di Blog maka akan semakin besar peluang untuk bisa dapat pengunjung dari Google, dan semakin sering membagikannya di media sosial akan membantu Blog Anda merai SERP yang lebih baik yang ujung-ujungnya juga akan memperbanyak pengunjung, karena inti dari Google AdSense sendiri adalah Pengunjung.

Selain Google AdSense sebenarnya masih banyak lagi aprogram lternatif lain untuk mendapatkan uang dari Blog dengan sistem PPC, seperi misalnya :

  • Chitika
  • Medianet
  • Infolink

Tidak hanya terbatas dengan program PPC, jika mahir Anda juga bisa meruap keuntungan dari blog dengan cara menulis review dari suatu produk, selengkapnya mengenai cara memanfaatkan blog untuk cari uang bisa Anda baca diartikel ini Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

Saya rasa sudah cukup jelas Tutorial Belajar AdSense diatas, saya harap setelah membaca Anda langsung mempraktekkannya. Itu saja dari saya, selamat berjuang.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

0 comments:

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger