Thursday, 23 May 2013

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Agar Cepat Terkenal, Gini Caranya..

By Ma'ruf Hidayat | At 04:42 | Label : , , | 66 Comments
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Cara meningkatkan pengunjung blog merupakan pertanyaan yang sangat banyak ditemukan di dunia blogger. Semua blogger pasti ingin bisa meningkatkan traffic blognya, hanya saja tidak banyak orang yang mengerti bagaimana cara melakukannya.

Saya akan membagikan beberapa hal di sini... Sebelum membahas masalah ini, saya akan bertanya satu hal kepada anda..

Apa yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang?

Ada dua hal yang menyebabkan situs kita dikunjungi oleh orang:
  1. Jika anda terkenal, maka jika anda punya situs, situs anda akan dikunjungi oleh orang. Contoh: Mario Teguh. Situsnya MarioTeguh.asia tidak muncul dimanapun ketika saya mengetikkan , "Mario", "Teguh", maupun “Mario Teguh” di Google. Tapi situsnya dapat dikunjungi oleh ribuan orang setiap harinya. Ini karena Mario Teguh sangat terkenal.
  2. Situs anda banyak di link oleh situs lain. Tentu saja karena cara paling utama bagi pengunjung untuk sampai ke situs anda adalah melalui Link.
Dan itu adalah cara super simpel, tapi super ampuh untuk mendatangkan banyak traffic ke situs anda. Mari kita bahas satu per satu…

Beberapa hal yang bisa anda praktekkan sebelum - setelah membuat artikel...

  1. Lakukan Keyword Research untuk mencari keyword dengan pencarian yang banyak tapi dengan sedikit kompetisi, sehingga anda bisa mudah mendapat traffic, dan juga anda bisa mendapat posisi 1 dengan mudah
  2. Lakukan optimasi keyword tersebut dengan melakukan optimasi SEO ON-PAGE yang benar
  3. Sertakan Gambar yang tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian pembaca, tetapi juga robot Crawl.
  4. Beri beberapa video pada blog anda sebagai referensi bagi pengunjung.
  5. Beri outbound link dengan link yang setema dengan artikel anda
  6. Setelah membuat artikel dengan benar, silahkan taburi artikel itu dengan backlink yang berkualitas.. Mengenai backlink berkualitas bisa anda baca di artikel apa yang dimaksud backlink berkualitas
Dengan melakukan 6 hal di atas, anda sudah lebih baik dari sebelumnya..

Dibawah ini adalah beberapa yang bisa anda lakukan untuk membantu anda ranking tinggi dan mengalahkan pesaing anda di Google...
  1. Keyword Research adalah proses mencari keyword-keyword yang tepat yaitu keyword yang memiliki pencarian tinggi dengan persaingan yang rendah.. Baca selengkapnya di artikel Cara melakukan keyword research.
  2. Lakukan Onpage SEO yang benar, seperti mengoptimalkan title tag, header halaman, heading tag, mengoptimasi gambar dengan memberi alt tag dan alt name, dan sebagainya. Pelajari selengkapnya di artikel Cara Melakukan Optimasi SEO OnPage pada Blog
  3. Offpage SEO yaitu dengan mencari backlink agar situs dapat ranking tinggi di Search Engine. Dan mempromosikan blog agar blog anda lebih cepat terkenal.
  4. Tabur backlink pada artikel anda. Anda bisa lakukan hal ini dengan meng-share artikel anda sendiri di Facebook, membaginya di Google+, berkomentar di blog dofollow, mensubmit artikel ke SOCIAL BOOKMARK, dan sebagainya.
Jadi, mari kita bahas topik di artikel ini... Selain 3 hal SEO yang simpel diatas, anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan pengunjung blog anda...

Meningkatkan pengunjung blog dengan blogwalking

Istilah blogwalking muncul sekitar tahun 2008 saat shoutbox atau chatbox mulai populer. Jadi orang mengklik link pada shoutbox untuk mengunjungi suatu blog dan meninggalkan pesan pada shoutbox blog tersebut, dengan harapan orang yang mengunjungi blog itu juga mampir ke blog mereka.

Bagaimana meningkatkan pengunjung blog dengan blogwalking? 

Langkah awal dalam blogwalking adalah mengunjungi banyak blog sekaligus. Kemudian membuat daftar di Ms.Excel, tulis blog mana saja yang chatboxnya ramai. Mengapa demikian? Karena dari sebuah blog ramai anda bisa mendapatkan kunjungan balik hingga 5-10 orang per artikel. Kalau blognya sepi, anda akan rugi, yaitu kehabisan waktu online anda

Artikel berkualitas juga dapat meningkatkan pengunjung blog

Artikel berkualitas ini memberi kemampuan kepada blog anda untuk membuat orang datang lagi dan lagi. Jadi, kunci pengujung adalah artikel berkualitas. Dengan demikian traffic blog anda akan mengalami pelipat gandaan. Yang dimaksud dengan artikel berkualitas adalah artikel yang dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung blog.

Artikel yang berkualitas harus dilengkapi dengan bahasa yang menarik dan membuat pengunjung merasa nyaman di blog anda.

Manfaatkan Social Media Besar, Facebook 

Hal ini juga berlaku untuk facebook, anda bisa memposting banyak orang untuk foto atau berita yang heboh dari blog anda. Atau bisa juga anda membuat akun baru yang mencari teman hingga ribuan orang, sehingga setiap kali anda posting status dari blog akan langsung dilihat ribuan orang.

    Manfaatkan Forum-forum

    Carilah forum-forum yang membahas tema yang sama dengan blog anda. Beri komentar di sana, dengan meninggalkan link ke blog anda untuk informasi yang selengkapnya. Jika anda beruntung dan forum itu dofollow, maka anda tidak hanya mendapatkan traffic, tetapi juga backlink.

    Manfaatkan Juga Twitter Untuk Menjaring Traffic

    Jangan lupa juga untuk memanfaatkan sosial media seperti Twitter? Lakukanlah follow pada banyak orang dan minta dengan sopan untuk follow back dari mereka? Kemudian buat artikel dengan judul menarik dan posting URL nya di posting twitter anda.

    Setelah anda mengerti cara meningkatkan pengunjung blog, sekarang anda juga harus tau, hal yang harus diperhatikan saat meningkatkan pengunjung blog...

    Beberapa Hal Penting Dalam Meningkatkan Pengunjung Blog

    Pentingkan Pengunjung
    Saat ini banyak blogger yang ingin meraup uang dengan blog tanpa memperhatikan pengunjungnya. Seperti memasang banyak iklan melayang yang mengganggu kenyamanan pengunjung.

    Mereka tidak tahu akibatnya apa. Jadinya, blog tersebut tidak akan dikunjungi lagi oleh pengunjung yang merasa tidak nyaman tersebut.

    Kerugian lain adalah blognya menjadi berat dimuat karena terlalu banyak iklan. Akibatnya, pengunjung merasa tidak nyaman dan ingin pergi meninggalkan blog anda. Ini bisa meningkatkan Bounce Rate blognya sehingga bisa saja menurunkan peringkat artikelnya.

    Dan yang lebih parah lagi, jika pada saat itu robot google sedang menelusuri situs anda dalam keadaan sangat berat dimuat, maka robot akan kesulitan menelusuri dan bisa jadi pergi meninggalkan situs anda.. Sehingga google masih kekurangan informasi pada blog anda.. Ini sangat merugikan sekali..

    Artikel Adalah Yang Dicari Pengunjung
    Selain mementingkan pengunjung, anda juga harus mementingkan isi artikel di blog anda. Membuat rtikel biasa mungkin hanya akan membuat pengunjung membaca 1 artikel itu saja.

    Tapi anda itu harus menuliskan artikel yang berkualitas, yaitu artikel yang dapat membuat pengunjung kembali lagi dan lagi, artikel berkualitas juga harus diimbangi dengan tulisan yang unik.

    Demikian artikel cara meningkatkan pengunjung blog anda dan hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan pengunjung blog ini saya buat, mudah-mudahan bisa membantu anda dalam meningkatkan pengunjung blog anda.

    Monday, 20 May 2013

    Apa Itu SEO? Pengertian SEO Search Engine Optimization

    By Ma'ruf Hidayat | At 06:37 | Label : | 6 Comments
    Apa Itu SEO? Pengertian SEO Search Engine Optimization. SEO adalah sesuatu yang dilakukan untuk menaikkan posisi blog di Search Engine seperti google, bing, dan sebagainya. Apa tujuan belajar dan melakukan SEO? pastinya untuk membuat blog anda mendapat banyak pengunjung dari Search Engine.

    Jadi, ada 2 macam SEO, yaitu Onpage SEO dan Offpage SEO.

    SEO ini bisa dikatakan mudah dan sulit. Mengapa dikatakan mudah? karena SEO itu memang prosenya mudah jika anda sudah mengerti, mengapa dikatakan sulit? karena proses SEO ini cukup panjang dan kadang membutuhkan pengetahuan SEO yang jarang dimiliki orang.

    Jika anda memang benar-benar seorang pemula dan belum mengerti apa-apa tentang SEO, proses SEO ini memang akan berjalan sulit.

    Jadi, lanjut saja kita belajar SEO...

    Apa Itu SEO? Pengertian SEO Search Engine Optimization

    Mengapa SEO itu perlu?

    Mengapa SEO itu perlu?Anggap saja anda adalah seorang pedagang online pakaian wanita yang ingin agar produk anda dibeli orang, apakah barang akan langsung dibeli? pastinya tidak, mana mungkin situs anda ditemui banyak orang dengan sendirinya... Jadi SEO yang digunakan kali ini adalah menampilkan posisi situs kita di Search Engine...

    Apakah hanya menampilkan posisi situs di Search Engine saja? tentu tidak, masih banyak situs-situs pakaian wanita lain yang ingin produknya dibeli orang, jadi anda harus bersaing dengan situs-situs tersebut..

    Menjadi juara 1 di SEARCH ENGINE
    Jadi itulah arti SEO sebenarnya... Sebuah pertandingan yang diikuti oleh puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang untuk mendapat juara 1 di Search Engine..

    Cara Agar Blog anda Rank Tinggi di Search Engine

    Yang pertama kali akan saya luruskan adalah hal yang menjadikan situs kita ranking di google itu adalah Relevansi. Bagaimana cara agar halaman kita relevan?

    Yang harus anda lakukan adalah Onpage dan Offpage SEO nya dioptimalkan. Bagaimana caranya?

    Sebelumnya...

    Keyword Research dulu.. Karena tanpa keyword research yang benar, maka Onpage dan Offpage SEO akan sangat sulit sekali.

    Cara Keyword Research (Mencari Keyword yang tepat)

    Keyword Research  adalah proses SEO untuk mencari kata kunci tertarget yang tepat dengan pencarian tinggi dan persaingan serendah mungkin..

    Anda bisa lihat di keyword "Cara SEO", atau "Cara SEO Website".. Di Keyword Planner keyword tersebut dicari oleh 800 orang perbulannya.. Masih terbilang kecil tapi persainggannya juga sangat gampang sekali menurut saya sehingga saya bisa rank 1 di keyword tersebut.

    Berbeda dengan keyword "Buat Email", atau "Cara membuat email". Keyword yang super duper kompetitif dengan pencarian 40 ribu dan 70 ribu perbulan.. Bisa anda bayangkan traffic yang akan anda dapatkan jika bisa rank tinggi di google..

    Hal itu sudah saya alami, sekarang keyword Cara membuat email, buat email, dan puluhan keyword turunannya sudah bisa saya taklukkan di no1..

    Berapa traffic yang sudah saya dapatkan? Saat ini pada bulan September 2013 atau 5 bulan setelah blog ini dibuat, sudah bisa mendapatkan 6.000 Pageviews perhari nya..

    Tidak percaya? silahkan anda cek dengan Ip gogle yang ini http://173.194.69.94/ agar hasilnya benar-benar akurat.. Klik saja url tersebut nanti anda akan diarahkan ke situs google. Kemudian masukkan kata kunci cara membuat email. buat email, cara membuat gmail, buat gmail, dan sebagainya.. Lihat posisinya..

    Dari tadi saya sudah sombong sedikit, jadi mari kita bahas saja ke intinya yaitu keyword research.. Langsung saja silahkan baca artikelnya Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Tool.

    Onpage SEO (Meng-optimisasi Halaman)

    ON-PAGE SEO factor
    Jika ingin halaman anda relevan, maka pastikan kata kunci yang anda incar ada pada..
    1. Title TAG
    2. URL & description artikel
    3. Heading tag (h1, h2, h3, dan seterusnya...)
    4. Image file name dan image alt tag
    5. kalimat pertama dalam artikel anda.
    Jadi, saya yakin itu lebih dari 80% dari semuanya, sisanya adalah mempercepat loading blog, mengoptimalkan link rusak, mengoptimalkan web crawl blog anda.

    Selengkapnya bisa anda baca di artikel Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog. Di artikel tersebut akan saya jelaskan sangat lengkap mengenai Onpage Optimization..

    Offpage SEO 

    Dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini adalah text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link.. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink.
     
    Google itu menilai situs anda relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya anda membuat artikel mengenai “game MOTO GP”) ketika ada halaman PR tinggi tentang Game MOTO GP yang nge-link ke situs anda, dengan anchor text berupa “game MOTO GP”!

    Maka...

    Ini adalah indikator relevansi yang PALING BESAR bagi Google!! Google berpikir, semua orang bisa menyempurnakan nilai Offpage seo nya. Tapi hanya situs yang benar-benar relevan yang mendapatkan link dari halaman PR tinggi (yang relevan dengan keyword yang ingin anda incar) dengan anchor text berupa keyword tersebut!

    Jadi, itulah pembahasan mengenai SEO atau Search Engine Optimization ini... Semoga bermanfaat untuk anda..

    Saturday, 18 May 2013

    Perbedaan Dofollow dan Nofollow Untuk Mengatur Robot Menelusuri Link

    By Ma'ruf Hidayat | At 05:58 | Label : , , | 17 Comments
    Perbedaan Dofollow dan Nofollow
    Perbedaan Dofollow dan Nofollow - Perbedaan yang paling mendasar dari link yang Dofollow dan Nofollow adalah dari kemampuan meneruskan poin halaman.

    Halaman yang Nofollow tidak akan meneruskan poin halaman kepada link halaman yang dirujuknya. Sedangkan halaman yang Dofollow akan meneruskan poin halaman kepada halaman yang dirujuknya.

    Jadi, singkat kata, Nofollow tidak meneruskan poin halaman sedangkan Dofollow itu meneruskan poin halaman.

    Saya memiliki satu pertanyaan, jika anda mempunyai sebuah blog, sebaiknya pilih mana, blog yang Dofollow atau Nofollow?

    Jawabanya adalah tergantung dari kemampuan anda. Jika anda bisa membuat blog yang ramai, maka jadikanlah blog anda Nofollow saja. Karena blog yang Dofollow hanya bertujuan untuk mengincar traffic.

    Blog yang Dofollow akan banyak dicari para pencari backlink untuk berkomentar, jadi anda harus banyak mencari backlink untuk mengoptimasi halaman anda karena poin halaman anda sebagian akan diteruskan ke pemberi komentar.

    Perbedaan Dofollow dan Nofollow Lengkap!

    Pengertian Link Nofollow dan Link Dofollow

    Nofollow dan Dofollow merupakan tag yang dipakai Search Engine untuk membedakan setiap link. Link yang Nofollow tidak akan ditelusuri oleh Search Engine. Sedangkan Link yang Dofollow adalah sebaliknya, yaitu akan ditelusuri lebih lanjut oleh Search Engine.

    Pilih blog Dofollow atau Nofollow?

    Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa kalau memilih blog yang Nofollow atau Dofollow itu adalah tergantung kemampuan anda. Blog yang Dofollow akan banyak dicari para pemburu backlink yang akan berkomentar pada blog anda.

    Dengan kehadiran pemburu backlink ini, maka poin alexa anda akan bertambah. Blog yang Dofollow pastinya akan mendapati banyak komentar, baik komentar dari pengunjung yang tertarik pada artikel anda maupun pengunjung yang hanya ingin mencari backlink dari blog anda.

    Jadi, anda akan mendapati banyak komentar. Blog yang Dofollow akan mendapatkan banyak traffic, baik traffic biasa maupun traffic tertarget. Traffic biasa adalah yang penting ada pengunjung, sedangkan traffic tertarget adalah traffic yang benar-benar mencari apa yang anda tawarkan misalnya artikel anda.

    Jadi, pilih mana? blog Dofollow atau Nofollow? Untuk memilihnya, ada hal-hal yang harus anda pertimbangkan matang-matang...
    1. Apakah anda nyaman dengan komentar basa basi yang hanya untuk mencari backlink? Ya, karena saya lebih mementingkan traffic yang ramai, dan tidak apa-apa banyak komentar basa-basi.
    2. Traffic apa yang anda butuhkan? traffic biasa atau traffic tertarget? Ya, saya tidak butuh traffic tertarget,, yang saya butuhkan adalah semua jenis traffic. Yang penting alexa rank saya ramping, sehingga banyak advertiser yang ingin memasang iklan di blog saya, memasang review, dan lain-lain.
    3. Apakah poin alexa yang bertambah masih memberi manfaat lebih banyak dari penurunan poin halaman? penurunan poin halaman karena poin halaman sebagian akan dialirkan ke link pemburu backlink. Karena pengunjung dari blog Dofollow masih lebih banyak dibandingkan pengunjung dari blog Nofollow
    Jika jawaban anda sama,, maka pilih saja blog yang Dofollow, jika berbeda maka pilih saja blog yang Nofollow.. Pastikan anda mempertimbangkan kerugian dan keuntungannya dengan matang, agar anda tidak mundur di tengah jalan.

    Banyak blog Dofollow yang mundur ditengah jalan karena sudah tidak nyaman. Apa kerugian dari kemunduran dari blog Dofolow menjadi Blog Nofollow ini? pastinya akan mengotori daftar blog Dofollow yang sudah di share oleh blogger lain.

    Dengan memahami perbedaan Nofollow dan Dofollow ini, maka anda akan mudah untuk memilih blog apa yang akan digunakan, blog Nofollow atau Dofollow?

    Kelebihan dan kekurangan blog Nofollow dan Dofollow

    Blog yang Dofollow maupun Nofollow memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Kelebihan blog Nofollow memang masih lebih banyak daripada kekurangannya. Blog Nofollow lebih disukai oleh google sehingga jika anda meranking keyword, keyword anda bisa ditampilkan di posisi tertinggi (Tapi masih tergantung pada kompetitor anda). Dengan begini, anda bisa mendapat traffic lebih dari Search Engine.

    Blog Nofollow juga lebih aman dari komentar spam yang hanya bertujuan untuk mencari backlink, sehingga lebih dipilih jika untuk bermain SEO. Blog Nofollow memiliki external link dan internal link yang lebih stabil jadi lebih cendertung terhindar dari hukuman google seperti Google panda.

    Selain banyak keuntungannya diatas, blog nofollow juga memiliki beberapa kekurangan seperti Pengunjung tidak seramai blog Dofollow, sehingga jarang ada yang berkomentar, kalaupun ada mungkin karena artikel dirasa sangat bermanfaat menurut pengomentar.

    Diatas sudah saya bagikan lengkap kekurangan dan kelebihan blog Nofollow, sekarang adalah pada blog Dofollow.

    Menurut saya, blog dofollow masih lebih banyak kekurangannya daripada kelebihannyaa.. Salah satu kelebihan dari blog dofollow adalah pengunjung akan ramai walaupun jarang update artikel. Dengan begini, banyak sekali orang yang berkomentar pada blog anda..

    Kekurangannya lebih banyak daripada blog yang nofollow, akan sangat banyak sekali komentar pada blog anda tetapi kebanyakan adalah spam. Link keluar juga akan sangat banyak sekali sehingga anda harus butuh banyak backlink untuk mengoptimisasi halaman anda.. Kebanyakan link keluar juga kurang disukai google menurut saya.
    Jadi, sampai saat ini, anda memilih blog mana? Nofollow atau Dofollow?

    Artikel ini bukan maksud saya untuk menyuruh anda berpindah dari pemilihan blog awal yang anda pilih (Nofollow atau Dofollow), tapi hanya untuk berbagi ilmu dan untuk membantu anda memilih blog yang cocok apa yang akan anda buat.

    Semoga bermanfaat untuk anda dan terima kasih sudah mau berkunjung..

    Saturday, 11 May 2013

    Cara Mengatur Heading Tag h1 h2 h3 Pada Blog

    By Ma'ruf Hidayat | At 04:29 | Label : , | 40 Comments
    Cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3
    Cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 pada blog memang sangat mudah sekali jika anda mengerti. Pada saat kita memberi heading tag pada bagian tertentu pada teks di blog, itu sama saja dengan berkata kepada robot "Bagian ini adalah yang terpenting, ini yang lebih penting, ini yang penting, dan ini yang agak penting".

    Dengan cara ini, kita bisa memberi tahu robot bahwa bagian teks ini adalah yang terpenting atau tidak. Jadi, kita harus mengatur heading tag dengan benar. Heading Tag ini juga memiliki aturan-aturan agar bisa menjadi heading yang benar menurut Google, berikut ini adalah aturan-aturan yang harus anda patuhi:
    1. H1 adalah yang paling penting dan H2-H6 adalah urutan selanjutnya.
    2. H1 hanya boleh ada 1 untuk setiap halaman dan WAJIB ADA, sedangkan H2 dan H3 maksimal adalah 8, dan H4 - H6 boleh lebih dari 8.
    3. Semua heading sebaiknya mengandung kata kunci agar relevansi halaman anda meningkat menurut google.
    4. Jangan terlalu banyak pengulangan kata yang sama dalam satu heading tag.
    5. H1 dipakai untuk judul blog, judul postingan sebaiknya diberi tag H2, sedangkan judul Widget sebaiknya diberi H3.
    6. dan lain-lain
    Tidak hanya aturan saja, tetapi juga urutan, tadi diatas sudah saya jelaskan bahwa mengatur heading sama saja memberitahu bagian ini paling penting, kurang, tidak penting. Dan heading ini punya 6 tingkatan heading yaitu h1, h2, h3, h4, h5, h6 dan tiap heading punya bagian-bagiannya tersendiri seperti:
    1. Heading Tag H1 harus menjadi heading pada nama blog, dan juga judul artikel saat di halaman artikel.
    2. Heading Tag H2 sebaiknya dipakai pada judul artikel pada halaman beranda dan nama blog pada halaman artikel. Disarankan juga untuk deskripsi blog yang berada dibawah judul blog.
    3. Heading Tag H3 disarankan untuk judul widget.
    4. Heading Tag H4 juga bisa untuk judul widget dan jumlah komentar pada blog
    5. Heading Tag H5 dipakai untuk nama pemberi komentar
    6. Heading Tag H6 untuk link credit seperti Powered By Blogger
    Jika anda sudah tahu aturan dan urutan pemasangan heading tag, maka anda pasti sudah siap untuk praktek mengatur heading tag template anda.

    Cara Mengatur Heading Tag di Blog dengan Benar

    Mengatur Judul Artikel

    Judul artikel ini menggunakan h2, jadi jika heading judul artikel anda belum h2 maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
    1. Silahkan login ke akun blogger anda, Masuk ke menu TEMPLATE.
    2. Klik EDIT HTML, kemudian tekan Control + F pada keyboard komputer anda untuk pencarian cepat.
    3. Cari kode h3.post (kode seperti ini kadang beda di setiap template, jadi jika tidak ada kode disamping silakan cari post.h3, atau kalau tidak ada juga, silahkan cari h3, anda akan menemukan banyak h3, silahkan cari yang menurut anda css untuk judul artikel.
    4. Kode seperti ini bisa lebih dari satu. Ubah semuanya menjadi h2.post
    5. Jika sudah, sekarang cari semua kode <h3 class='post
    6. Ubah semuanya menjadi <h2 class='post
    7. Ubah juga end tag pada kode tersebut, ubah </h3> menjadi </h2>
    8. Klik SIMPAN TEMPLATE

    Mengatur Judul Widget Menjadi H3

    Anda pasti sudah tahu kan bahwa h2 hanya boleh ada 8 di setiap halaman, sedangkan di homepage menampilkan banyak heading h2 setelah anda mengikuti cara diatas, dan jika widget anda masih pakai h2 maka pasti h2 anda lebih dari 8. Jadi, untuk menguranginya adalah dengan mengubah judul widget jadi h3. Silahkan ikuti tutorial berikut..
    • Di menu Template, silahkan masuk ke EDIT HTML
    • Cari kode HTML semua widget blog anda.
    • Contoh kode widget popular posts:
    <b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:title'>
    <h2><data:title/></h2>
    </b:if>
    • Ganti kode yang berwarna merah diatas dengan kode <h3><data:title/></h3> 
    • Jika semua widget sudah anda atur, silahkan klik SIMPAN TEMPLATE.
    • Saran saya, jangan semua widget dikasih h3 tetapi atur beberapa widget menjadi h4.

    Mengatur Deskripsi Blog Menjadi H2

    • Sebenarnya ini tidak terlalu penting, tapi untuk meningkatkan relevansi silahkan ikuti saja..
    • Cari kode <div class='descriptionwrapper'>, kemudian lihat kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>
    • Kodenya seperti ini
      <div class='descriptionwrapper'>
       <p class='description'><span><data:description/></span></p>


    Kode diatas bisa saja berbeda dengan blog anda, tetapi tidak masalah, silahkan ikuti saja langkah-langkah nya.
    • Kode yang berwarna merah adalah kode setelah kode <div class='descriptionwrapper'>.
    • Silahkan ganti kode yang berwarna merah tersebut dengan kode dibawah ini..
    <h2 class='description'><span><data:description/></span></h2>
    • Klik SIMPAN TEMPLATE

    Cara Mengatur Heading Tag Pada Editor Entri

    Beberapa tutorial diatas digunakan untuk mengatur heading tag selain untuk postingan, jadi untuk mengatur heading di postingan, anda cukup memilih 4 pilihan yang ada di editor entri yaitu HEADING untuk H2, SUB HEADING untuk H3, dan MINOR HEADING untuk H4, dan NORMAL adalah tanpa heading.

    Jadi, itulah cara mengatur Heading Tag h1 h2 h3 agar blog menjadi lebih SEO friendly. Tapi tetap saja, agar blog berada di halaman satu google, jangan hanya mengandalkan cara ini saja. Ini hanyalah 1 cara dari beratus-ratus cara lainnya.

    Anda juga harus mengoptimalkan 2 teknik SEO yaitu Onpage SEO Optimization dan Offpage SEO Optimization. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini...

    Friday, 3 May 2013

    2 Teknik SEO Search Engine Optimization

    By Ma'ruf Hidayat | At 09:25 | Label : , , | 7 Comments
    2 Teknik SEO Search Engine Optimization2 teknik SEO search engine optimization yaitu On-page dan Off-page - Jujur SEO itu adalah topik yang sangat meluas dan besar sekali yang berkembang dengan sangat cepat sesuai dengan perkembangan algoritme google.

    Tapi ada 2 hal yang selalu benar dari dulu sampai sekarang, ada 2 hal dasar tentang SEO yang meskipun jaman berubah tapi 2 hal ini tidak pernah berubah dan saya rasa tidak akan berubah.

    Yang pertama adalah relevansi, jadi google yang bergerak di bisang mesin pencari, yang mereka lakukan itu adalah memberikan hasil yang paling relevan kepada penggunanya karena mereka adalah mesin pencari.

    Apa yang terjadi jika google tidak bisa menampilkan hasil pencarian yang relevan? pada akhirnya google akan ditinggalkan oleh penggunanya. Dan kalau banyak pengguna yang beralih dari google, maka google akan kehilangan visitor. Kalau google kehilangan visitor artinya google juga akan kehilangan iklan..

    Padahal 80% - 90% penghasilan yang dihasilkan oleh google itu adalah berasal dari iklan.

    Dan Search Engine itu adalah jenis bisnis yang paling dikuasai oleh google yang mencakup sebagian besar dari porsi google. Google memang punya browser, produk, dan punya banyak yang lainnya.

    tapi 80%-90% sumber pemasukannya itu berasal dari SEARCH ENGINE.. Jadi google akan berusaha bagaimana caranya agar dia bisa menghasilkan hasil yang relevan kepada penggunanya.

    Jadi, sebenarnya SEO itu tidak serumit yang mungkin anda kira, bahkan ini sebenarnya simple jika anda sudah mengerti.

    Kita langsung saja ke topik pembahasan, jadi mengingat anda tadi sudah tahu yang paling penting adalah relevansi. Jadi, SEO itu ada 2 jenis, yang pertama adalah On-page SEO yaitu relevansi, dan yang kedua adalah Off-page SEO, ini adalah cara google juga untuk mengukur relevansi tapi berdasarkan vote.

    Jadi saya akan menjelaskan satu-satu...

    Melakukan optimasi SEO On-Page

    Yang pertama kali saya luruskan adalah bahwa yang bisa bertengger di Search Engine itu adalah halaman. Jadi berhentilah mengoptimasi homepage situs anda anda tapi optimasilah halaman situs anda.

    Bagaimana caranya agar halaman kita relevan? ikuti beberapa hal berikut!

    Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin ini adalah 80% dari semuanya.
    • Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
    • Emphasize
    • Image alt tag
    • Outbound link
    • Konten
    • Permalink 
    Jadi itulah poin-poin penting dari Optimasi SEO Onpage. Jadi jangan lupa anda mengoptimalkan poin-poin diatas. Untuk penjelasan lengkap mengenai poin diatas, silahkan baca artikel Cara melakukan Optimisasi SEO Onpage pada blog

    Melakukan Optimasi SEO Off-Page

    Ini adalah cara google mengukur relevansi situs kita berdasarkan vote dari situs lain. Yang dimaksud Vote itu adalah semakin banyak situs lain yang melakukan link pada situs kita maka google akan memandang/menilai situs kita lebih dapat dipercaya.

    Kenapa demikian? karena situs lain percaya dengan situs kita sehingga mereka mau nge-link ke situs kita. Oleh karena itu google juga meletakkan kepercayaan pada kita jika kita mempunyai banyak backlink. SEO Off-page itu terdiri dari:
    1. Backlink  
    2. Promosi blog
    3. Social buzz

    Backlink

    Baclink sebagai faktor penting untuk peringkat blog di SEARCH ENGINEJadi, backlink ini ada seni nya tersendiri juga, ada hal Anchor text (teks jangkar). Semakin banyak anchor text yang mengarah ke blog anda, maka blog anda akan mudah menguasai kata kunci dengan teks tersebut.

    Mungkin anda masih bingung dengan pernyataan saya diatas... Contohnya, jika ada 2 artikel dengan kata kunci yang sama, yang pertama mendapat 1000 anchor text dan yang kedua mendapat 2000 anchor text. Maka artikel yang kedua mungkin akan mendapat posisi yang lebih baik dari yang pertama.

    Jadi, Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat akan mengklik suatu link. Contoh Anchor Text seperti di bawah ini:
      
    google

    Kata itu Google adalah anchor text, sedangkan http://google.com itu adalah link yang dituju.

    Bagaimana Anchor Text yang baik itu..??

    Anchor Text adalah teks pada linkAnchor Text yang baik pada sebuah link biasanya berhubungan dengan konten dari link itu sendiri. Anchor Text yang baik tentunya membuat pembacanya tahu ke mana link itu akan membawa mereka berkelana.

    Dan yang paling penting, Anchor Text juga berpengaruh pada search engine. Search engine lebih tertarik menampilkan link yang relevan dengan keyword yang dicari dan Anchor Text ini akan sangat membantu. Apalagi Anchor Text tersebut berhubungan dengan konten di dalam link-nya.

    Jadi, jangan lagi memakai Anchor Text yang tidak berhubungan dengan link-nya, seperti klik untuk download game, klik untuk melihat blog, dan masih banyak lagi. Kenapa itu salah? karena Anchor text tersebut tidak relevan dengan link yang dituju. Lebih baik gunakan Anchor text yang optimal, bagaimana caranya? mudah saja, pokoknya pengunjung bisa tahu apa halaman yang akan dirujuk.

    Untuk mengetahui lebih dalam mengenai backlink berkualitas, silahkan baca: Apa yang dimaksud Backlink berkualitas? Dan jika anda sudah mengerti, anda juga harus pelajari juga bagaimana cara mendapatkan backlink, baca Cara mendapatkan backlink berkualitas gratis dan berbayar
     

    Promosi blog Dalam Offpage Optimization

    Ada banyak cara untuk mempromosikan blog. Promosi blog berguna untuk meningkatkan pengunjung blog anda dan mempopulerkan blog anda.. Jadi, silahkan baca artikel Cara Mempromosikan Blog.

    Social buzz

    Social buzzSemakin banyak orang yang like di facebook atas halaman anda, semakin banyak orang yang share artikel anda, maka semakin tinggi juga ranking halaman anda di google karena google akan memandang halaman tersebut sebagai halaman yang terpercaya. kenapa demikian? karena banyak sekali social buzz untuk halaman tersebut.

    Itu tadi adalah Off-page SEO, saya rasa Off-page SEO itu hanya itu saja, hanya backlink, promosi, dan social buzz. Backlink itu jenisnya itu banyak sekali, ada forum backlink, backlink dari guest post, dan lain-lain.

    Mungkin itu saja pembahasan tentang dua macam SEO yaitu On-page dan Off-page. Semoga bermanfaat untuk anda. Dan terima kasih sudah datang dan membaca artikel ini...

    Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?

    By Ma'ruf Hidayat | At 01:36 | Label : , | 8 Comments
    Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?
    Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO? Sebelum melangkah ke penjelasan, saya akan jelaskan apa itu tukaran link.

    Jadi tukaran link adalah pertukaran link blog kemudian menaruh link-link tersebut di sidebar, footer, atau halaman lainnya yang dilakukan oleh 2 blogger atau lebih.

    Dan jujur saya pribadi berpendapat bahwa tukaran link itu adalah hal yang sangat tidak disarankan sama sekali dan bahkan aktifitas tukaran link ini tak akan saya lakukan jika saya punya blog.

    Saya juga bingung apa tujuan dari tukaran link ini, tapi menurut saya kalau untuk mencari traffic jelas link di sidebar hanya beberapa orang saja yang mau ngeklik.

    Kalau untuk mencari backlink pun hanya dari PR n/a (kecuali jika halaman yang diajak tukaran link sudah sudah ber PR itu beda lagi), dan link-link dari PR n/a ini sangat jarang sekali dilirik oleh google.

    Sebelum membahas ke dagingnya, saya punya disclaimer dulu bahwa..

    Post saya ini bukan untuk menyuruh anda atau mencegah anda melakukan tukaran link, post ini hanya sebagai pembelajaran saja mengenai pertimbangan untuk anda melakukan tukaran link atau tidak.

    Tukaran Link, Bermanfaat atau Justru Merugikan Dalam SEO?

    Kalau memang tujuan dari tukaran link seperti 2 hal yang saya sebutkan diatas, maka tukaran link memang aktifitas yang salah. Tukaran link sebenarnya haruslah bertujuan untuk kepentingan pengunjung yaitu dengan mereferensikan sebuah situs agar pengunjung dapat mencari info yang lebih lengkap.

    Jadi berikut ini pendapat dari saya mengenai kerugian dari tukaran link ini..

    Cara Pelaku Bermain Tukar Link, Jujur Atau Tidak??


    Kebanyakan dari blogger Indonesia mungkin anda yang sedang membaca artikel ini sifatnya dalam membangun blog adalah curang, saya tidak menuduh dan menghina anda, tapi saya berkata jujur kepada anda.

    Jika dibandingkan dengan blogger-blogger luar negeri, menurut saya Indonesia kalah jauh dalam sifat kejujurannya. Karena memang situs yang dimiliki blogger luar sudah teroptimisasi dengan benar, dan jarang sekali blogger luar yang saya lihat situsnya melakukan tukar link.

    Berbeda dengan situs-situs Indonesia, hampir setiap saya mencari sesuatu hal lewat google kemudian mengklik salah satu blog, kebanyakan dari situs-situs yang saya klik tersebut menaruh link blog orang di sidebarnya.

    Dan ketika saya ngeklik salah satu link, link blog yang saya klik tersebut juga memasang link blog yang sebelumnya sudah saya kunjungi, ini menandakan bahwa 2 blog ini melakukan tukar link.

    Saya juga hampir mengklik seluruh linknya, tapi saya juga menemukan beberapa blog yang tidak memasang link blog yang sebelumnya sudah saya kunjungi tersebut. Blogger yang tidak memasang alias sudah menghapus linknya ini tidak jujur atau curang.

    Dan kemungkinan ini juga bisa saja terjadi pada anda jika anda nantinya melakukan tukar link..

    Efek Jika Salah Satu Pelaku Menghapus Link

    Jika salah satu menghapus link, maka akan merugikan 1 blogger yang lain, jelas ini memang sifat yang egois alias mementingkan kepentingan sendiri daripada orang lain.
    Pelaku 1 yang link nya dihapus tidak akan dapat backlink lagi karena link sudah dihapus pelaku 2. Disisi lain pula, pelaku 2 masih akan mendapat backlink karena link masih tertancam di pelaku 1.

    Tidak hanya tidak dapat backlink juga, link juice halaman blog pelaku 1 juga akan dibagi-bagi dengan link blog pelaku tersebut. Ini sangat merugikan karena jika anda sedang mendalami SEO, keyword-keyword anda kemungkinan bisa turun karena pembagian link juice yang kurang bagus untuk tiap halamannya. Kecuali jika link blog pelaku 2 yang masih terpasang di blog 1 menggunakan rel Nofollow, maka aman-aman saja.

    (Nanti anda akan saya ajarkan bagaimana mengatur berapa inbound link, oubound link tiap halamannya dan mana seharusnya halaman yang dikasih nofollow atau dofollow di postingan selanjutnya jika saya punya kesempatan).

    Tidak di backlink juga, di traffic juga berpengaruh, karena link sudah hilang maka pelaku 1 tidak akan mendapat traffic lagi. Tapi pelaku 2 masih akan tetap kebagian traffic walaupun sedikit karena link masih aman tertancap di blog pelaku 1.

    Efek Buruk Mengalirkan Link Juice Yang Tidak Benar

    Itu masih kerugian kecil, karena link pelaku 2 masih terpasang di blog pelaku 1 dan beraliran dofollow, maka jelas backlink pelaku 1 akan dialirkan ke blog pelaku 2 (Poin tergantung pembagian link juice di halaman tersebut).

    Dan google tidak suka hal seperti ini, google akan mengira bahwa blog pelaku 1 menyediakan "Paid Links" alias membeli slot link di sidebar, google akan memberikan sanksi berat jika anda ketahuan seperti ini.

    Blog anda bisa saja di hantam keras seluruh keyword anda di SERP, bisa juga kena deindex, bahkan yang lebih parah blog anda bisa dihapus.

    Salah Satu Pelaku Tentu Ada Yang Untung dan Buntung


    Misalnya saja 2 pelaku tersebut sama-sama bermain jujur yaitu masih memasang linknya, 2 pelaku tersebut juga harus tahu bahwa aktifitas ini akan membagi-bagi link juicenya perhalaman dan pasti antara 2 pelaku tersebut ada yang mendapat keuntungan lebih.

    Mengerti maksud saya??

    Jika misal saja blog pelaku 1 memiliki pagerank 2, sedangkan pelaku 2 berPR 1, karena PR nya lebih tinggi yang pelaku 1, jelas blog pelaku 2 lebih untung.

    Tapi tidak hanya PR saja, Outbound Link juga berpengaruh terhadap pembagian link, jika misal pelaku 1 memiliki OBL 100 sedangkan pelaku 2 memiliki OBL 50, kalau yang ini beda lagi, blog pelaku 1 akan lebih untung.Tukaran link memiliki 2 efek, yaitu efek negatif dan positif.

    Efek Positif Aktifitas Tukaran Link

    Tukaran link selain memberikan banyak efek buruk, tukaran link juga akan berdampak positif jika kita melakukan tukaran link dengan benar sesuai aturan google yaitu link beraliran nofollow, tidak terlalu berlebihan, dan bertukar link hanya pada blog yang setema saja (bertukar link dengan blog yang setema poin link juicenya juga akan lebih tinggi daripada tidak setema sama sekali). Jika anda sudah melakukan hal yang benar, yang akan anda dapatkan adalah..
    1. Link teman anda terpasang di blog anda beraliran nofollow, dengan begini link juice tiap halaman anda tidak akan mengalir ke halaman teman anda.
    2. Anda akan dapat backlink yang lebih berkualitas karena bertukar link hanya pada blog yang setema.
    Jadi, dengan membaca kesimpulan saja diatas, anda bisa tahu bahwa melakukan tukaran link itu sifatnya lebih banyak efek negatifnya daripada positifnya.

    Kalau sudah terlanjur bagaimana??

    Karena anda tidak ingin tidak bermain jujur dan juga tidak ingin merugikan teman yang anda ajak tukaran link, maka opsi yang bisa saya berikan ada 2 yaitu..
    1. Memindah link-link yang sudah terpasang di sidebar ke 1 halaman kosong yang isi nya adalah link-link anda nantinya. Dengan begini, anda bisa meminimalisir kerugian yang akan dialami teman anda.
    2. Jika anda tidak mau repot-repot memindah satu-persatu link ke halaman kosong, alternatif lain yaitu dengan menofollowkan semua link yang ada di sidebar. Cara ini akan membuat link juice anda tidak mengalir ke halaman blog teman anda, tapi kerugian akan dialami teman anda karena teman anda hanya mendapat backlink Nofollow.
    Jadi sekian saja artikel ini, saya harap anda bisa mempertimbangkan apakah melakukan tukaran link atau tidak, itu terserah anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda..

    Wednesday, 1 May 2013

    Cara Membuat Email Baru Di Gmail (Google Mail) Gratis!

    By Ma'ruf Hidayat | At 07:05 | Label : | 16 Comments
    Cara Membuat Email Baru Di Gmail (Google Mail) Gratis!
    Cara membuat email baru di gmail memang sangat mudah. Jika anda sampai ke halaman ini besar kemungkinan anda belum bisa membuat email. Tapi itu tidak menjadi masalah buat saya.

    Menurut saya, Gmail ini memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dari layanan email lainnya seperti yahoo mail (Ymail). Selain itu, Gmail juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti blogger.com untuk membuat blog, google analytics, google webmaster, dan masik banyak lagi...

    Anda bisa pelajari selengkapnya tentang apa itu gmail dan fitur apa saja yang diberikan di halaman wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Gmail

    "KARENA TAMPILAN PENDAFTARAN GOOGLE MAIL (GMAIL) SUDAH BERUBAH, MAKA GAMBAR YANG SAYA BERIKAN DISINI "SEDIKIT BERBEDA" DENGAN APA YANG ANDA LIHAT DI GMAIL NANTINYA, JADI SILAHKAN SESUAIKAN SAJA KARENA PERUBAHANNYA HANYA SEDIKIT DAN TIDAK BERBEDA JAUH."

    Cara Membuat Email Baru Di Gmail (Google Mail) Gratis!

    Cara Membuat Email Gmail Gratis

    Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah simple berikut...
    Klik Create An Account untuk mendaftar email gmail
    • Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
    1. Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
    2. Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
    3. Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
    4. Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
    5. Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
    6. Gender : Pilih jenis kelamin anda.
    7. Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
    8. Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
    9. Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
    10. Centang dua persyaratan dari google tersebut...
    11. Klik tombol LANGKAH BERIKUTNYA.

      Cara Membuat Email

      • Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..
      Cara Membuat Email
      • Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia. Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
      Cara Membuat Email
      • Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya..
      Cara Membuat Email
      • Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
      Cara Membuat Email
      • Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
      Cara Membuat Email
      Sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google gmail ini. Atau.. Jika anda tidak atau kurang mengerti dengan tutorial yang saya tuliskan diatas, anda juga bisa mempelajari cara membuat email melalui video dari youtube berikut ini...


      Setelah anda membuat email, jika anda tertarik dengan blog dan ingin sekali punya blog, anda bisa ikuti juga tutorial Cara membuat blog Di blogger. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan terima kasih sudah mau berkunjung.

      ◄ Posting Baru
       

      Info Admin: Danang Novianto

      Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

      Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger