Tuesday, 10 December 2013

Cara Memilih Nama Domain Yang Baik Untuk Situs Baru Anda

Cara Memilih Nama Domain Yang Baik
Cara Memilih Nama Domain Yang Baik juga termasuk dalam optimisasi SEO Onpage. Memilih nama domain sama saja anda memberi nama pada toko anda, dan usahakan nama domain anda bisa mempermudah proses SEO nantinya.

Cara Memilih Nama Domain Yang Baik

Ada beberapa yang harus anda perhatikan dalam memilih domain anda, yaitu..
  1. Domain anda haruslah mengandung kata kunci
  2. Sebaiknya gunakan nama domain yang singkat
  3. Pilih nama domain yang mudah dieja dan diketik
  4. Jika perlu, silahkan pakai Top Level Domain
  5. Jangan gunakan tanda hubung ( - ) pada domain anda
  6. Hindari pemakaian angka pada nama domain anda
  7. Cari nama domain yang unik

Domain Harus Mengandung Kata Kunci

Jika anda sudah mengenal Onpage SEO, anda pasti tahu bahwa keyword di url atau di permalink bisa mempengaruhi hasil SERP. Memang tidak berpengaruh besar, tapi paling tidak akan bisa membantu sedikit dalam proses optimisasi.

Kata kunci di url ini ibaratkan sebuah toko, nama domain sebagai nama produk yang anda jual, jika anda tidak menggunakan nama merek yang asli, jelas pembeli tidak akan tahu apa yang akan dibeli nya. Jadi silahkan cari nama domain yang mengandung kata kunci.

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN YANG MENGANDUNG KATA KUNCI:
  1. Silahkan anda kunjungi situs google keyword planner: https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner/Home
  2. Login terlebih dahulu jika anda belum login.
  3. Masukkan 1 kata yang relevan dengan produk anda, misalnya lele, kemudian klik GET IDEAS
  4. Sorot kursor kebawah, di bagian Keyword by (Relevance) anda akan melihat begitu banyak keyword yang relevan dengan kata kunci yang anda masukkan tadi.
  5. Dan keyword-keyword itulah yang sebaiknya anda jadikan nama domain anda.

Gunakan Nama Domain Yang Singkat

Nama domain yang singkat ini berfungsi agar pengunjung yang ingin kembali lagi ke blog anda mudah mengingkatnya. Anda bisa bayangkan jika nama domain anda sangat sulit diingat, pengunjung bisa kesulitan dalam mengingat url anda dan akan berpaling dari blog anda ke blog referensi yang lain. Sebaiknya cari nama domain yang memiliki maksimal 15 huruf yang mudah diingat.

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN YANG SINGKAT
Melanjutkan tutorial mencari nama domain yang mengandung keyword diatas, silahkan cari saja keyword-keyword yang anda lihat tadi yang paling pendek dan pastikan belum digunakan oleh orang lain.

Pastikan Nama Domain Anda Mudah Dieja dan Diketik?

Jka misal anda mempunyai blog yang urlnya seperti seoo0ng, belilelle, bellilele, dan lain-lain. Url seperti itu mungkin sulit dieja, apalagi yang pertama. Hal ini akan membuat orang salah masuk ke blog anda, dan bisa saja akan masuk ke situs lain yang url nya hampir sama. Jadi pastikan anda tidak menggunakan url yang seperti itu sebagai nama domain anda.

Pakai Top Level Domain

Jika situs anda adalah situs untuk jualan, sebaiknya anda pakai top level domain seperti .COM, .NET, .INFO, dan lain-lain. Hal seperti ini akan membuat situs anda terkenal profesional dan sangat terpercaya, sehingga konversi penjualan anda semakin tinggi.

Tetapi jika situs anda hanyalah situs untuk share, diary, blog personal, anda tidak perlu mengubah domain anda menjadi Top Level Domain.

Jangan Gunakan Nama Domain Yang Mengandung Tanda Hubung ( - )

Tanda hubung pada url adalah salah satu faktor yang membuat orang lupa mengingat url anda. Misalnya jika ada blog yang url nya seperti bikin-seo-blog.blogspot.com, dan anda pernah mengunjungi nya sekali, dan seminggu kemudian anda masih ingin artikel referensi lain dari situs tersebut, tapi karena ada tanda hubung, anda lupa. Bagaimana jika hal seperti ini terjadi pada blog anda? Jadi optimalkan hal sekecil ini pada domain anda.

Hindari Penggunaan Angka Pada Domain Anda

Sama seperti tanda hubung, angka juga menurut experimen saya juga bisa mengakibatkan orang bisa lupa pada nama domain anda, angka juga mengakibatkan orang bisa salah memasukkan url anda di address bar.. Misalnya jika anda punya situs web dua1.com, dan anda ingin memberitahu url tersebut ke teman secara lisan untuk dikunjungi. Dan pada saat teman anda mengunjungi urlnya, dia tidak bisa masuk karena salah memasukkan url (duasatu.com, 21.com).

Cari Nama Domain Yang Unik

Nama domain yang unik adalah nama domain yang tidak sama dan sangat berbeda dengan nama domain yang dipakai orang lain. Nama domain yang unik juga bisa membuat situs anda memiliki ciri khas tersendiri dan terlihat berbeda dari yang lain.

Nama domain situs saya ini sepertinya sudah memenuhi dari beberapa kriteria diatas. SEOTerpadu tidak menggunakan angka dan tanda hubung, unik, mengangung kata kunci SEO, singkat, mudah dieja dan dihafal, dan juga sudah memakai Top Level Domain.

Jadi itulah pembahasan dari saya mengenai cara memilih nama domain yang baik untuk situs anda, semoga artikel  ini bermanfaat bagi anda. Dan silahkan baca artikel-artikel saya yang lain.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

9 comments:

Yasdil Zetta Lasoma said...

sob, kalau HTML dan Css3 memengaruhi peringkat kita di serp gak ?

Ma'ruf Hidayat said...

@ Yasdil

Kalau Valid HTML5 dan CSS3 tidak akan mempengaruhi SERP, tetapi kalau kecepatan loading blog bisa berpengaruh terhadap posisi SERP.

media sh4re said...

Sob nanya domain ane ada angkanya nih mediash4re (setelah dipikir kurang bagus)? sebaiknya diganti atau gimana ? isinya campuran tapi lebih banyak dan mau difokusin tentang tutorial ms excel. Kasih sarannya donk !

Ma'ruf Hidayat said...

@ Media sh4re

Kalau blognya sudah lumayan tua dan trafficnya lumayan tinggi, sebaiknya jangan diganti, apalagi jika anda tidak ingin alexa rank anda kembali no rank dan pagerank kembali n/a. Semoga membantu..

Dwi Sugiarto said...

Bagaimana peluang nama domain yang menggunakan 3 suku kata?lebih seo nggak ya?soalnya domain menggunakan 2 kata persaingannya lebih besar

Berbakti Kepada Orang Tua said...

Wah, saya baru sewa domain baru Gan. Kyaknya ada beberapa poin yang tidak masuk kriteria di atas. alamatnya: http://berbaktikepadaorangtua.com/

Untuk pencarian perbulan ckup lupaya ada 1 k, tapi kepanjangan ya..? Kira-kira bisa bersaing gk ya dengan domain yang panjang gini.? Terimakasih.

Ma'ruf Hidayat said...

@ Berbakti Kepada Ortu

Semua situs bisa bersaing di SERP entah itu url nya panjang maupun pendek, tergantung optimasinya. Percuma juga kalo url teroptimasi tapi teknik SEO nya nggk dijalankan.. :D

Ficri Pebriyana said...

@Berbakti Kepada Orang Tua

Menurut saya sih, domain pendek itu fungsinya supaya orang mudah mengingat blog atau website kita... :D

Ibrahim M.Pd.I said...

memilih domain tentu perlu ketelitian dan kewaspadaan, salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah dari artikel ini. Oya terima kasih atas tipsnya ya sob, salam kenal ya

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger