Monday, 8 July 2013

Cara Melakukan Optimasi SEO OnPage (Onsite SEO Optimization) Pada Blog

Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage pada Blog
Cara melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog memang sangat mudah. Optimasi ini mencakup 20% dari seluruhnya, dan sisanya adalah Optimasi SEO Offpage.

Apa Itu Optimasi SEO Onpage Pada Blog

Optimasi SEO Onpage adalah optimasi yang dilakukan pada bagian-bagian sebuah halaman website. Ini bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Berbeda dengan Optimasi SEO Offpage, optimasi ini tidak dapat dilihat sepenuhnya oleh pengunjunng.

Jadi mari kita bahas saja mengenai cara melakukan Optimasi SEO Onpage ini.. 

Cara melakukan Optimasi SEO Onpage Pada Blog

Yang pertama kali saya luruskan adalah bahwa yang bisa bertengger di Search Engine itu adalah halaman. Jadi berhentilah mengoptimasi homepage situs anda anda tapi optimasilah halaman situs anda.

Bagaimana caranya agar halaman kita relevan? ikuti beberapa hal berikut!

Jadi untuk onpage SEO ini meliputi beberapa hal... Saya yakin ada lebih dari yang saya tulis disini, tapi sementara ini anda cukup mengerti ini dulu, dan saya yakin dibawah ini adalah 80% dari semuanya.
  • Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag
  • Emphasize (Seperti memberi Bold, Italic, Underline, dan lain-lain).
  • Image alt tag
  • Outbound link
  • Konten
  • URL
OK, mari kita bahas penjabaran dari poin-poin penting diatas..

Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Hal pertama yang penting dan yang menjadi ukuran google untuk menentukan apakah halaman kita relevan dengan sebuah kata kunci adalah dilihat dari Title Tag nya. Letak title tag itu berada di judul artikel di title bar browser.

Dalam memberi Meta Description, harus memperhatikan beberapa hal berikut..
    Optimasi SEO Onpage dengan Title Tag
  • Panjang maksimal 160 karakter
  • Jangan mengulang suatu kata lebih dari dua kata
  • Sebaiknya letakkan kata kunci yang anda targetkan dibagian awal deksipsi
Dan menambah Heading Tag sama saja berkata kepada google, "Ini adalah bagian terpenting, ini lebih penting, ini penting, dan ini bagian agak penting.

Jadi, silahkan anda baca tutorial mengoptimalkan Title Tag, Heading Tag, dan Header Halaman di artikel Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag

Emphasize

Emphasize itu misalnya memberikan bold, italic, underline, dan sebagainya pada kalimat atau kata terpenting pada artikel.

Image Alt Tag Optimization

Jika anda punya artikel sebaiknya anda kasih gambar jika anda bertarung di kata kunci yang cukup sulit dan sengit, untuk optimasi gambar anda harus meletakkan Image Alt Tag dan Image File Name pada gambar tersebut. Untuk cara pemasangannya, silahkan anda baca Cara Pasang Image Alt Tag pada blog

Optimasi Onpage Dengan Outbound Link

Outbound link ini adalah link yang kita keluarkan, maksudnya link dari blog anda yang mengarah ke blog lain. Salah satu ciri dari halaman yang relevan itu biasanya suka mengeluarkan link, anda bisa lihat halaman di wikipedia dan blog besar lainnya, anda pasti tahu kalau banyak sekali link keluar dari blog tersebut.

Dengan banyaknya outbound link ini, mencirikan bahwa anda membuat halaman tersebut semata-mata bukan hanya untuk Search Engine, tapi anda membuatnya untuk pengunjung.

Jadi, jika anda melihat halaman tentang sesuatu yang mengincar kata kunci yang kompetitif ada baiknya jika anda melakukan outbound link ke blog Authority yang memiliki artikel relevan dengan artikel anda.

Dengan begitu, anda meningkatkan relevansi artikel anda dan anda juga membantu pengunjung anda untuk melihat tambahan referensi lainnya dari blog lain.

Optimasi Onpage Pada Konten

Anda harus menyediakan konten atau artikel yang dapat membuat orang menetap di blog anda. jadi begini, anda membuat artikel dan yang terlintas dipikiran anda haruslah untuk pengunjung. Jadi anda harus membuat artikel dengan konten yang bagus, bermutu, dan memberikan nilai kepada orang lain. Kata lainnya adalah anda harus mebuat artikel berkualitas.

Untuk membuat pengunjung tidak bosan dengan artikel anda, anda harus langsung menuliskan apa yang dicari pengunjung dan tidak bertele-tele karena pengunjung tidak suka seperti itu.

Optimasi Onpage pada Url

URL yang baik itu seharusnya berisikan namadomain/kategori/subkategori/judul-artikel jika untuk blog wordpress. Sedangkan kalau blogspot sebaiknya ada keyword juga di permalink. Lihat contoh berikut..

http ://www.komiknaruto.com/buku/komik/naruto-episode-311.html
http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-blog.html

Setiap bagian itu harus berisikan keyword yang jelas. Tapi tetap saja, banyak orang yang tidak mengerti dan membuat url yang tidak jelas. Sebenarnya ini sangat merugikan karena menyia-nyiakan bagian terpenting dari Onpage SEO. Contoh URL yang tidak jelas seperti ini..

http://www.contohnama.com/asq123/name.php?id=91823
http://www.seoterpadu.com/123

Jadi, itulah poin-poin penting dari Optimasi SEO Onpage. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam membuat blog yang memiliki nilai SEO Onpage yang baik.
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

39 comments:

zona download said...

prnah denger justru gak bagus kalo bnyk link keluar kang, jdi yg bener mana ya..

Ma'ruf Hidayat said...

@ Zona

Link keluar yang dofollow, banyak lagi. Itu akan merugikan sebuah halaman website, poin halaman akan berkurang.

Sebaiknya kalo mau memasang link keluar sebaiknya nofollow dan harus relevan. Terima kasih sudah mau berkunjung.

Huzna Souvenir said...

wah terima kasih udah mau berbagi ilmu yang sangat bermanfaat om, ane coba praktekkin dah di blog ane, thanks ya om

rekano.net said...

Kebanyakan baca tentang seo malah jadi mumet, tiap blog beda-beda caranya

Iwan Sudjatmiko said...

Trimakasih infonya, saya baru beberapa bulan belajar bikin blog :)

AIKON MEDIA | Tutorial Blog SEO said...

mas lebih baik breadcrumb ke index apa url asli ke index?
kan banyak sekarang SEO onpage yg menyarankan untuk memasang breadcrumb ke index? kalau menurutku sih malah lebih baik url yg ke index. Bagaimana pendapatnya?

Mang Tato said...

Benar sekali ! Anda akan mempunyai tehnik yang berbeda untuk SEO tetapi beberapa hal pasti sama. Bagi Saya yang paling penting Content anda ( Bibit Bobot / Duplicate ) Kadang SEO gampang istilahnya Gampang - Gampang Susahaha....
Kalau Saya Focus di Content atau article Maka Mas Google dan semua SE Akan melirik web atau Blog Kita , Kalau isinya Ngawur Mana Ada Yang mau kasi lihat malah disembunyiin, bisa saja cuman sebentar , Seperti hallnya dengan apa yang lagi trend .. itu sifatnya sementara !
Semoga Bermanfaat ,,, Ahli SEO hanyalah Buat Yang Bilang , Kalau Saya Alih SEO Bukan Ahli Hehehheheh... Tapi no 1 di Google ..

Belajar Search Engine said...

infonya sangat bermanfaat gan, memang seo itu wajib di pelajari untuk membuat blog kita berada di urutan yang kita inginkan di Search Engine, jika tidak ada di search engine maka blog kita akan seperti lapak di tengah hutan.
mantap sekali infonya...!!
semoga tambah sukses dan update terus ya.

Kawan Blogger said...

Terima kasih atas petunjuknya.

Memang SEO itu gampang2 susah. Belum tentu kita mengikuti apa yang dikatakan pakar SEO berhasil, karena SEO itu bagaikan nafas :)

shiverian.com said...

Mantap tutorialnya kang, kadang pusing juga mikir seo blog, tapi memang seo penting, mau gak mau harus banyak belajar dan mengikuti perkembangan agar blog bisa memberi penghasilan tambahan.

Andro Mags said...

thanks banget mas info dan tipsnya sangat mudah dimengerti.. apalagi saya masih kurang memahami SEO. hanya bisa nulis konten saja sih..

ulhandhy said...

bukanx link keluar dan link yg masuk di blog kita seharusnya seimbang bro?
ada beberapa artikel seo saya baca, malah menyarankan untuk link keluar di minimalkan dan link yang masuk yg di maksimalkan...

Ma'ruf Hidayat said...

@ Ulhandhy

Jika anda melakukan link keluar ke situs yang authority dan relevan, itu semakin baik. Beda lagi jika anda melink ke sembarang situs yang belum tentu situsnya baik menurut google..

Meli Suka Masakak said...

Ternyata nulis di blog itu tidak sekedar nulis aja yah kalo pengen banyak di baca orang? harus ada teknik2 seo-nya juga to... Pantesan blog ku yang aku tulis tentang Resep Masakan sedikit banget yang baca. Tapi seneng juga lah, setidaknya sebagai dokumentasi hobi ajah, hobi masak dan nulis.

Wallpaper dinding said...

Namun SEO ONPAGE ga selamanya dapat di jadikan patokan seseorang dapat menaikan rate sitenya.
Namun semua itu kembali lagi pada konten dari site anda kembali.

Thank you..

Anonymous said...

master, jika seandainya saya membuat web dgn alamat motormurah dot com dan ingin nembak keyword utama "motor murah", pertanyaanya:

1. jika saya membuat artikel di web tersebut 10 artikel, apakah semua judulnya harus mengandung kata "motor murah"? misal "daftar harga MOTOR MURAH", "tips merawat MOTOR MURAH",

2. dan apakah ke 10 artikel tersebut, semuanya terfokus nembak pada keyword "motor murah"?

3. atau apakah, dari ke 10 artikel tersebut hanya SATU artikel saja yang mengandung judul MOTOR MURAH, dan 9 artikel lainnya nembak turunan keyword motor murah, seperti "daftar harga motor yamaha murah", "hal yang perlu diperhatikan dalam membeli motor bekas", "dealer motor bekas murah"?

sekali lagi maaf kalo merepotkan...tapi saya bener2 bingung...jadi saya bertanya, biar ga tersesat semakin jauh, tolong bantu saya ya master :(

Ma'ruf Hidayat said...

@ Anonymous

Sebaiknya anda menarget kata kunci "motor murah" untuk homepage, sedangkan artikel-artikelnya adalah rincian motor yang anda jual, dan jika anda bisa, beberapa artikel sebaiknya target juga di kata kunci "motor murah" agar nilai konversi anda nanti nya lebih besar.

alat kesehatan said...

Sepertinya saya sedang mengalami kesulitan akibat terlalu banyak menaruh Link, awalnya page one lalu lambat laun terlempar jauh menjadi page 10 karena terlalu banyak bikin link.... ada saran?

Ma'ruf Hidayat said...

@ Alat K.

Kalo memang masalahnya karena terlalu banyak link keluar, coba kurangi saja. Dan blog yang posisi nya turun itu bisa disebabkan karena banyak hal, seperti..
1. Kena algoritme google
2. Faktor kompetitor,
dan lain-lain. Karena anda mengalami masalah seperti ini, jadi saya akan secepatnya bikin post tentang ini..

firdaus said...

master,ini saya yang bertanya ttg "motor murah" diatas. sebelumnya terimkasi banyak sudah menjawab pertanyaan saya :)

menyambung pertanyaan saya diatas, iya saya ingin mentarget motor murah untuk homepage saya. dan artikel2 lainnya lebih ke rincian merek dan type motor yang saja jual.tetapi apakah bisa beberapa artikel saya mentarget keyword "motor murah" semua? kebetulan saya memakai wordpress self hosting dengan plugin yoast.
di plugin yoast sendiri, tidak dianjurkan untuk mentarget fokus keyword yang sama untuk beberapa artikel..jadi apakah boleh beberapa artikel saya fokus keywordnya sama?

sebelumnya terimkasi banyak sudah mau membantu saya yg masih sangat newbi ini

Ma'ruf Hidayat said...

@ Firdaus

Google juga tidak menganjurkan anda menarget kata kunci yang sama berulang kali karena google mengira bahwa anda bertujuan untuk menguasai halaman pencarian di google dengan blog anda saja.

Kalau Pengunjung memang datang dari google melalui keyword motor murah, jelas pengunjung nanti akan mencari info-info dan mengubek-ubek web anda untuk detail motor murah yang lain di blog anda.

Jadi sebaiknya cukup 1 saja yang menarget motor murah, dan halaman artikel ada rincian motor-motor yang akan anda jual. Karena menurut saya, keyword motor murah termasuk kata kunci yang konversi nya tinggi.

Jadi jika anda sudah memiliki 1 halaman yang rank halaman 1 di google, yang beli pasti banyak.. :D

Dan pastikan juga buat blog anda semudah mungkin untuk pengunjung menelusuri halaman-halaman anda.

Ganti Template said...

Saat ini Google lebih memprioritaskan blog dengan 80% SEO onpage dan selebihnya adalah SEO of page. Teknik yang sobat uraikan sudah mencakup hampir keseluruhan optimasi Onpage. Sukses s'lalu...

alaey said...

URL yang baik itu seharusnya berisikan namadomain/kategori/subkategori/judul-artikel jika untuk blog wordpress. - cara buat nya gimana gan??

Belajar ngeblog said...

Begini mas beberapa teknik onpage seo di atas telah saya terapkan di onpage blog saya, tapi mengapa tetap saja artikel saya belum terindeks di halaman penelusuran dan apakah karena saya menggunakan tag deskripsi otomatis ? mohon penjelasannya mas

Hilal Soraya said...

yang saya masih belum mengerti soal permalink itu bagaimana ya? soalnya di artikel lain jarang dibahas optimasi lewat permalink.

Royal Maxwell said...

Tips untuk meningkatkan tingkat SEO dari sebuah situs web
1) Sertakan informasi berkualitas tinggi yang berguna di situs Anda.
2) Perbarui blog Anda sering menambahkan konten baru yang membuat pengguna kembali ke situs Anda.
3) Memiliki link situs-layak
4) Target kata kunci yang tepat.
5) Mencari tinggi peringkat halaman website dan menempatkan komentar konstruktif di situs mereka.
6) Submit blog Anda ke situs-situs favorit lainnya sebagai banyak situs bookmark sosial yang Anda sukai.
8) Ada banyak vendor online yang tersedia dengan layanan SEO seperti SEV di XnYnZ.com yang meningkatkan peringkat mesin pencari dengan kata kunci dan menyarankan alat topik, meningkatkan lalu lintas ke blog Anda dengan peringkat yang lebih tinggi dengan sekali klik diserahkan kepada Google, Yahoo, dll

alkhurasany said...

wah jadi kita harus jeli ya dakam melakukan seo, saya kira yang berpengaruh terhadap search engine hanya seo ofpage saja ternyata seo onpage juga sangat berpengaruh, terimakasih infonya gan...

priana13 said...

Sip Gan, SEO onpage memang sangat penting. Kadang pemula seperti saya sangat malas jika harus membuat artikel yang sesuai kriteria SEO yang para mastah seo ajarkan. Terimakasih.

Soal UTS Pkn Kelas 4 SD said...

Banyak juga ya pak cara-cara optimasi seo on page, sebagian sudah saya praktekkan. Harus tetap semangat obrak abrik blog :)

Gosip Internet said...

Gan trus kenapa ya kok blog saya turu terus alexa ranknya (membengkak) padahal sudah segala macam SEO saya gunakan...

produk andalan said...

Dengan adanya share seperti ini bisa menambah pengetahuan saya di dalam seo onpage. maklum gan ne masih newbie. terimakasih atas tutorialnya

Adam Aiyasi said...

Mungkin hanya dik ma'ruf saja yang bisa menjelaskan cara optimasi onpage terutama untuk membangun internal link yang baik dan benar, terutama dalam hal atribut no-dofollow.

Menurut dik ma'ruf gimana nih pandangan seputar optimasi internal link di posting dalam pemasangan atribut no/dofollow. Saya masih bingung untuk hal ini.

Sebagai misal saya membuat posting tentang "daftar lagu terbaru juni 2014". Berdasarkan judulnya, tak salah kan jika saya hanya menulis daftar lagunya saja, tanpa ada link downloadnya. Lalu saya buat juga posting di laman statis blogger yang judulnya kurang lebihnya sama/mirip, misal "Download Lagu Terbaru Juni 2014". Di laman statis ini saya menyediakan link downloadnya dalam file/format mp3. Karena laman statis ini berjudul mirip/identik, saya memilih post di laman statis ini untuk noindeks, nofollow, noarchive, nosnippet dan lain2, pokoknya yang no di sebelah kanan laman posting statis saya centang.

Nah di laman posting (bukan laman statis) yang berjudul daftar lagu terbaru juni 2014 tersebut ada link internal (naviigasi) di posting itu yang menuju ke laman statis tersebut. Misalnya ( "bagi sobat yang ingin download silakan klik tautan ini >>> "Download lagu terbaru juni 2014". Menurut dik ma'ruf, apakah sebagiknya link internal yang saya buat untuk menggiring pengunjung ke laman statis itu nofollow atau dofollow?. Soalnya saya pernah baca di webmastercentral, menurut matt cutts, link internal antar halaman itu jangan nofollow. Nah saya bingungnya, seandainya link internal itu saya pasang atribut rel=dofollow, otomotis kan akan dirayapi google. Padahal laman yang dituju saja noindeks, nofollow, noarchive dan no yang lain. Akan tetapi kalau saya pasang atribut nofollow di posting itu, apa ini tidak melanggar atau kurang baik di mata google seperti yang dikatakan matt cuts di atas, karena antar laman meskipun berbeda fungsinya. So, menurut dik ma'ruf gimana, nofollow atau dofollow (default) untuk internal link seperti itu?.

Itu pertanyaan saya yang pertama. Nah untuk yang kedua, apa yang seharusnya dilakukan seorang blogger (terutama untuk platform blogspot), ketika di webmaster tool terdeteksi tindakan manual webspam (cocok sebagian) untuk inbound link yang dianggap unnatural. Saya bingung ketika ditanya teman saya perihal ini. karena, dia sudah membuat perbaikan untuk hal ini dengan disavow link tool, membuat link keluarnya nofollow semua kecuali ke wikipedia, meminta peninjauan ulang (reconsideration review). Apakah sebaiknya yang dilakukan berikutnya?tetap update posting atau berhenti dulu menunggu surat atau pesan berikutnya dari google?. Dan juga untuk berburu backlink, apakah tetap berlanjut atau stop dulu nunggu pemberitahuan google berikutnya....

Itulah dua pertanyaan saya..mohon dengan segala hormat pada dik ma'ruf untuk memberikan solusi dan pandangannnya terkait 2 persoalan di atas. Terimakasih

Ma'ruf Hidayat said...

Menurut saya, internal link yg nofollow sih gak ada masalah, jadi kalau halaman yg dituju tidak ada gunanya untuk SERP sebaiknya nofollow saja daripada link juice nya halaman daftar lagu mengalir dan berkurang gak ada gunanya ke halaman download lagu.

Kalau yang kedua, sebenarnya saya dari dulu cuma pernah ngalamin 5 pesan hukuman dari google, 2 hukuman diatas saya belum pernah ngalamin.. Tapi pengalaman saya di 5 sanksi google tersebut saya tetap melakukan hal yang biasanya saya lakukan sih... :D

Adam Aiyasi said...

Tapi saya pernah baca di webmastercentral, seandainya sebuah laman internal link dijadikan nofollow, apalagi itu sangat penting bagi pengunjung, maka ini termasuk hal yang tidak dibenarkan (agak mengecoh pengunjung dan hanya mengutamakan SERP). Maksudnya, posting itu menjadi tidak berarti atau bermanfaa bagi pengunjung, karena pengunjung tentu tidak akan melihat daftar lagunya saja, dan yang dicari pasti download lagunya. Intinya, pengunjung sebenarnya kecewa terhadap posting yang terindeks karena tidak mendapat hasil apa-apa di posting itu, dan bukan yang mereka harapkan ketika search di mesin pencari. Dan sejatinya yang diharapkan itu adalah laman statisnya karena ada link downloadnya. Istilahnya, posting yang ada di laman post itu hanya sebagai "landasan saja". Nah menurut dik master ma'ruf hidayat bagaimana ini?

Ma'ruf Hidayat said...

Maksudnya gimana sih kurang jelas? heheh... Kenapa pengunjung tidk mendapat hasil apa2 dari posting? kan tinggal ngeklik link ke halaman download. Beres.. wkwk

Adam Aiyasi said...

maksutnya, posting yang terindeks "daftar lagu terbaru juni 2014" itu bagi pengunjung kan tidak ada untungnya. Kan cuma daftar lagu saja. sementara yang dicari pengunjung, pastikan download lagunya. dan otomatis, mereka akan menuju ke laman statisnya (tujuan yang dicari). Dan itu berarti posting daftar lagu terbaru juni 2014 itu berarti hanya sebagai landasan saja karena terindeks di google. apa ini gak masalah...

Mungkin menurut google akan lain jika di posting (bukan laman statis) itu sekaligus ada link downloadnya.jadi gak perlu menuju ke laman statis. tapi takutnya jika terindeks takut akan terjadi duplikat konten...gimana nih

Ma'ruf Hidayat said...

Kalo saya sih yg di static page dihapus dulu sampe udh hilang dari google, terus link-linknya di pindah ke halaman yg daftar lagu.. D

Adam Aiyasi said...

static page nya saya kan noindeks n nofollow dik master...dan link internal antara laman posting menuju ke laman static itu nofollow..nah saya bingung kalo di pindah ke laman posting (daftar lagu), soalnya ada ribuan...:D padahal katanya jumlah maksimal link keluar di sebuah halaman maksimal 100 link...jadi bingung yah dik master...

rahasia pemrograman web said...

Gan, saya sudah mencoba tips seo on page blog, konten saya juga bukan copas. umur blog sudah 2 bulanan, tapi kenapa ya gan, ko blog saya masih sepi pengunjung?

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger