Saturday, 22 June 2013

Cara Mengetahui Persaingan Keyword Dengan Analisis Kekuatan Keyword

Cara mengetahui persaingan keyword
Cara mengetahui persaingan keyword memang sangat mudah. Ini adalah artikel kelanjutan dari cara riset keyword dengan Google Adwords Keyword Tool.. Artikel tersebut berisi cara untuk meriset keyword dan mendapat keyword, tapi masih belum dapat di target. Kenapa masih belum dapat ditarget?

Karena kita masih belum mengetahui tingkat persaingan keyword tersebut. Jadi saya akan membahas cara mengetahui persaingan keyword di artikel ini.

Mengatahui persaingan keyword berfungsi untuk menentukan keyword yang cocok untuk blog kita, yaitu persaingan yang sedikit dengan pencarian yang tinggi dan dapat kita taklukkan.

OK, jadi kita mulai saja pembahasan mengenai cara mengetahui persaingan keyword ini.

Cara Mengetahui Persaingan Keyword

OK, saya buat contoh kasus dulu, misalnya saya akan mentarget keyword cara mengetahui persaingan keyword. Jadi mari kita cek persaingan untuk keyword ini..
  • Masuk ke google.com, kemudian ketik keyword yang akan ditarget, yaitu cara mengetahui persaingan keyword.
  • Lihat blog yang memiliki rank di halaman satu saja. Tapi di artikel ini saya akan analisa yang rank 1 saja.
Lihat blog yang memiliki rank di halaman satu
  • Silahkan copy URL artikel yang ada di rank 1
  • Masuk ke Majesticseo
  • Silahkan daftar dulu di situs tersebut
  • Setelah daftar, silahkan login ke akun anda.
  • Silahkan masukkan URL artikel blog tadi di bagian Site Explorer, kemudian klik Explore
Lihat hasil dibagian Page Information ( Reffering Domain, External Backlinks ), dan dibagian Link Profile ( Citation Flow, Trust Flow )
  • Lihat hasil dibagian Page Information ( Reffering Domain, External Backlinks ), dan dibagian Link Profile ( Citation Flow, Trust Flow )
  • Pada gambar tersebut, nilai Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow adalah kosong ( - ), ini menandakan bahwa blog tersebut mudah kita lewati posisinya.
  • Jadi untuk mengetahui persaingan keyword, silahkan anda amati Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari semua blog yang ada di halaman satu.
Jika nilai dari Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow sangat besar, berarti blog tersebut mungkin akan sulit kita lewati. Tapi jika nilainya sangat kecil atau bahkan tidak ada ( - ) maka blog tersebut mungkin akan mudah kita lewati.

Cara Mengalahkan Pesaing Anda di Google

Setelah anda menentukan keyword yang cocok untuk ditarget, sekarang adalah menaklukkan keyword tersebut. Yang harus anda lakukan minimal adalah...
  1. Membuat sebuah artikel dengan ON-PAGE SEO yang baik
  2. Lihat Reffering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow dari artikel blog pesaing. Silahkan anda kalahkan dengan melebihi jumlah nilai tersebut. Misalnya External backlinks artikel blog pesaing berjumlah 15, maka anda harus memberikan backlink pada artikel anda lebih dari 15, misalnya 20. Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink yang anda dapat. Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan baca apa yang dimaksud backlink berkualitas
  3. Jika peringkat artikel anda masih dibawah blog pesaing, silahkan lakukan Onpage SEO yang benar pada template anda misalnya Title Tag, Heading Tag, Header Halaman, dan lain-lain.
  4. Dan jika masih kalah, silahkan tambah backlink ke blog anda dari segi kualitas, bukan kuantitas.
Ingat : Riset keyword harus dilakukan secara benar, jika tidak maka bisa saja potensi traffic blog anda tidak seperti yang anda inginkan. 

Saya punya pertanyaan untuk anda..
  1. Pilih Keyword yang memiliki traffic besar dengan kompetisi sulit. Dan blog anda berada di halaman 3 google
  2. Atau keyword yang memiliki traffic yang kecil dengan kompetisi mudah. Dan blog anda berada di posisi 1 di halaman satu google..
Jujur, kalau saya pasti memilih yang nomor 2. Mengapa demikian? karena lebih baik posisi 1 dengan pencarian yang kecil tapi bisa mendatangkan pengunjung. Daripada memilih keyword bertraffic besar tapi blog berada di halaman 3 google.

Jelas ini akan merugikan blog anda, karena jarang sekali atau bahkan tidak ada orang yang mencari artikel sampai di halaman 3.. Jadi kemungkinan besar blog anda hanya akan mendapat 1 orang saja dari keyword tersebut.

OK, mungkin itu saja pembahasan saya mengenai cara mengetahui persaingan keyword, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Dan terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel..
Tolong Share artikel ini di: Komentar →

24 comments:

milan mandiri said...

Artikel ini yang saya cari-cari selama ini.. Terima kasih gan.. Ini sangat membantu.

hanibi said...

membaca artikel anda menambah pengetahuan saya, thanks a lot ...

Si Abang Pedia said...

Artikelnya sangat membantu saya yang baru mulai mempelajari SEO ini bung... terimakasih banyak...

arief said...

saya masih binggung menentukan keyword yang baik, apakah yang trfiknya banyak ataukah yang sedikit yang lebih bagus

belajar blog pemula said...

tipsnya bagus banget tapi apa yakin dengan cara ini jika kita telah mengalahkan blog pesaing akan membuat kita ada dihalaman depan??
dan saya juga masih sedikit kebigungan memilih kata kunci

Cara Daftar Verifikasi dan Pasang Widget Alexa rank di blog said...

gan saya mau nanya lagi cara nambahin trust flow dan citation flow itu gimana dan maksydnya tu apa saya bingung, saingan saya tinggi saya hanya 0

beli foredi said...

terima kasih tuk artikelnya yang tentunya bermanfaat bagi saya.
salam kenal dan salam silaturahim, terus berkarya gan dan semoga sukses selalu

John said...

Sangat bermanfaat artikel ini Gan, boleh tolongin lihat2 ke situs sy gak Gan, lihat SEO untuk web saya bagaimana, ada kurang dimana tolong kasi kritik dan saran ya Gan, terima kasih sebelumnya

keripik setan said...

yang membuat saya bingung itu tentang citation flow dan trust flow...itu maksudnya belum ngerti ni...ngga mudeng, maklum nyubi...btw infonya menarik...trims..ane langsung beraksi ke tkp

Knalpot Racing said...

Mas saya masih sering menemui kompetitor keyword saya mempunyai backlink yang tidak relevan, Misal PR dia berasal dari backlink situs tidak relevan/1 Niche(link:domain kompetitor). Tapi gara2 PR dia diatasku beberapa tingkat di SERP, itu penjelasannya gmn?

Ma'ruf Hidayat said...

@ Knalpot

Yang menentukan ranking di SERP bukan hanya backlink saja, tapi ada puluhan faktor lainnya seperti title tag, heading, dan lain-lain.

aku kesambet said...

maaf mas salam kenal sya masih awam..
untuk menempatkan link hamalan kita pada web yang berPR tinggi itu bgaimana ya caranya ?

Ma'ruf Hidayat said...

@ Aku

Itu istilah untuk mencari backlink, anda bisa melakukan blog comment, sosial bookmark, guest post, wiki, dan masih banyak lagi yang lain..

jual barang unik said...

pembahasannya mudah dimengerti untuk yg awam sekalipun meskipun mungkin agak susah dikit hehe.

oia mau tanya kalo untuk seo offpage itu apakah hanya dari backlink saja ya? gmn menurut master seo terpadu ?

Ma'ruf Hidayat said...

@ Jual Barang Unik

SEO Offpage menurut saya pribadi ada 3, yaitu Mencari Backlink, Promosi Blog, dan Social Buzz.

oke profit said...

mantab gan, trik yang bagus sekali gan. tukar-menukar link amat sangat di utamakan gak gan untuk persaingan di page rank google? thanks

Ma'ruf Hidayat said...

@ Oke

Menurut saya aktifita tukaran link ya justru lebih banyak merugikan blog sendiri daripada manfaatnya.. Silahkan baca artikel saya tentang tukaran link: http://www.seoterpadu.com/2013/05/apakah-tukaran-link-merugikan-seo.html

Harga Jasa Pembuatan Website said...

Cara mengetahui persaingan keyword untuk "harga jasa pembuatan website" dimana lagi ya selain menggunakan Majesticseo?
Ada yang tau g kira-kira bagus mana antara menggunakan Majesticseo atau software "Traffic Travis"? Pak admin bs bantu pencerahan mungkin? Thanks!

Laribashop said...

Buat website saya yang masih seumur jagung free majestic seo cukup ok untuk mengintip backlink. Tapi untuk free ada limit per day

sabun amoorea ajaib said...

owh begitu toh,, kalo misalkan pencarian keyboardnya (eh maksudnya keyword hehe) ada banyak apakah itu termasuk sulit ?
pada contoh diatas kan yg menampilkan keyword persaingan keyword ada sekitar 190rb dalam sekian detik. tapi yang muncul di rank satu adalah website kelas berat.

sedangkan dikasus keyword lain, misalkan kw : menjadi pakar seo
ada 1juta tapi yg muncul di rank 1 itu website dengan nilai skor seo rendah, nah jadi mana yang termasuk keyword persaingan ketat dan yg mudah untuk contoh kasus diatas ??

terimakasih jawabannya.
kalo perlu sih buka jasa seo aja gan biar ga perlu repot2 belajar seo, saya pengen daftar nih hehe tapi kasih harga murah ya.

alzara said...

salam kenal, masih bingung dengan penjelasannya :) barusan nyoba ngecek 2 link posisi teratas untuk keyword solusi bisnis ternyata nilainya besar yg no 2. bisa dijelasin perbandingan yg baik antara effering Domain, External Backlinks, Citation Flow, dan Trust Flow. terima kasih

RCwatc said...

udah baca sampai 2 kali.. kok kayaknya susah dan butuh kerja keras ya.. tapi tetep dicoba deh.. udah punya web toko online sebulan lebih sepi banget dari visitot hiks ..hiks..

nulis url web sy di sini termasuk usaha bikin backlink gak ya.. :)
www.berniagajam.com

semoga berhasil
thanks informasinya

jam tangan keren untuk pria said...

mas kalo misalkan keyword yang dibidik itu hasil di google ada jutaan tapi web yang muncul di halaman pertama itu ketika di cek kualitasnya rendah, apakah itu termasuk keyword yg rendah ?

padahal di google hasil resultnya diatas 3jt misalkan, nah itu gmn?

kriteria low, middel dan high itu dilihat dari apanya ya? thanks

fx mantap said...

luar biasa mas broo salut" isinya berbobot dah bisa ane coba tq ya sukses!!!

Post a Comment

# Saya akan coba merespon komentar baru secepatnya.
# Harap berkomentar dengan bahasa baku tanpa singkatan.
# Komentar promosi, spam, dan komentar satu kalimat yang tidak bermutu akan saya hapus langsung.
# Jangan menggunakan nama pengomentar dengan nama yang berbau porno, judi, dan yang negatif lainnya.
# Setiap komentar akan dimoderasi secara manual sebelum muncul.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Info Admin: Danang Novianto

Panggil saya Danto, seorang blogger dan internet marketer pemula yang dianugrahi wajah manis, berambut klimis, dan suka mringis

Copyright © 2013-2014. Belajar SEO Blog & Bisnis Online Dari Ahli dan Pakar SEO Indonesia - All Rights Reserved Editor by Belajar SEO Blogspot Powered by Blogger